RPP Tema 6 Kelas V
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SD Negeri 14 Kumbayau
Kelas / Semester :
V (Lima) / 2 (Genap)
Tema / Subtema :
6. Organ Tubuh Manusia dan Hewan / 1. Tubuh Manusia
Pembelajaran : 1 (Satu)
Alokasi waktu : 6 x 35 Menit
A.
Kompetensi
Inti
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar
Bahasa Indonesia
1.2 Menerima
keberadaan Tuhan YME atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda
di alam sekitar.
2.1
Memiliki perilaku jujur dan disiplin, tentang proses daur air, rangkaian
listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan dan tumbuhan), dan
fungsinya serta sistem pernafasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2
Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik,
sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan dan tumbuhan) dan fungsinya, serta
sistem pernafasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2
Menyampaikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik,
sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta
sistem pernafasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan
memilih dan memilah kosakata baku.
Matematika
1.1 Menerima, menghargai dan menjalankan jaran
agama yang dianutnya.
2.4 Memiliki sikap menghargai kegunaan
matematika dalam kehidupan.
3.6 Menentukan
hubungan antar satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi)
4.13 merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model
matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata
sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala dan hubungan antar
kuantitas, serta memriksa kebenaran jawabnya.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
1.2.1 Membiasakan berperilaku bersyukur dalam
kehidupan sehari-hari atas penciptaan manusia.
1.2.2 Membiasakan
berperilaku bersyukur dalam kehidupan sehari-hari atas penciptaan bahasa yang
beragam serta benda-benda di alam sekitar
2.1.1 Membiasakan
berperilaku jujur tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh dan fungsinya serta sistem pernafasan melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia.
2.1.2 Membiasakan
berperilaku disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh dan fungsinya serta sistem pernafasan melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia
3.2.1
Membaca teks mengenai anggota tubuh manusia dan hewan,
beserta fungsinya.
3.2.2 Mengidentifikasi anggota tubuh manusia dan
hewan, beserta fungsinya berdasarkan teks yang dibaca.
4.2.1 Menulis
ulang mengenai anggota tubuh manusia dan hewan, beserta fungsinya, berdasarkan
teks yang dibaca.
Matematika
1.1.1 Menunjukkan perilaku bersyukur berdasarkan
ajaran agama yang dianut
1.1.2 Menunjukkan perilaku khusyuk dalam beribadah
1.1.3 Menunjukkan perilaku saling menghargai antar
pemeluk agama
2.4.1 Menunjukkan sikap berfikir dalam mengerjakan
tugas
2.4.2 Menunjukkan sikap berfikir kritis dalam
mengerjakan tugas
2.4.3 Menunjukkan sikap menghargai kegunaan
matematika dalam kehidupan sehari-hari
3.6.1 Memahami kesetaraan antar satuan kuantitas (rim, lusin,
kodi)
4.13.1Menuliskan model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan konsep antar satuan kuantitas.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyebutkan
nama-nama anggota tubuh manusia dengan teliti.
2. Dengan menggali informasi dari teks “Nama Anggota Tubuh
Manusia”, siswa mampu menyebutkan anggota tubuh manusia dengan rasa ingin tahu.
3. Dengan mengisi tabel nama-nama anggota tubuh manusia,
siswa mampu menuliskan fugsi setiap anggota tubuh manusia dengan cermat.
4. Dengan menyelesaikan soal cerita yang melibatkan operasi
hitung satuan kuantitas, siswa mampu menyelesaikan masalah sederhana dengan
mandiri
E.
Materi Pembelajaran
1. Anggota tubuh manusia
2. Fungsi anggota tubuh
3. Satuan kuantitas (lusin, kodi, rim)
F.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Pembelajaran
dibuka dengan guru memberi salam, menyapa dan mengajak semua peserta didik
berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
2.
Guru
mengajak dan membimbing siswa melaksanakan kegiatan tadarus
3.
Guru
melakukan komunikasi tentang kehadiran peserta didik dan mengisi daftar
kelas.
4.
Mengkondisikan
peserta didik sebelum memulai kegiatan pembelajaran dengan memeriksa
kerapian, posisi dan tempat duduk yang disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
5.
Guru
menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan mengajak peserta didik
menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”.
6.
Guru
melakukan tanya jawab tentang pengalaman belajar peserta didik yang
berhubungan dengan anggota tubuh.
7.
Guru
menyampaikan kompetensi dasar, tujuan
yang akan dicapai dan manfaat mempelajari anggota tubuh manusia serta satuan
kuantitas rim, lusin dan kodi.
8.
Guru
menyampaikan secara garis besar materi yang akan dipelajari, yaitu menyebutkan
nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh dan satuan kuantitas (rim, lusin,
kodi).
9.
Guru menyampaikan
kegiatan yang akan dilakukan, diantaranya diskusi dengan teman sebangku, dan
menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan satuan kuantitas.
10.
Guru
menyampaikan kepada peserta didik bahwa selama pembelajaran berlangsung akan
dinilai sikap, pengetahuan dan keterampilan.
|
20 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Siswa diminta membaca teks “Bagian tubuh manusia”.
2.
Siswa
mencermati dan mencari informasi penting yang terdapat dalam bacaan secara
cermat dan teliti.
3.
Siswa
menggali informasi tentang anggota tubuh manusia dan fungsinya.
4.
Siswa
membaca instruksi di buku siswa secara mandiri.
5.
Siswa
mengisi tabel anggota tubuh manusia dan fungsinya di buku siswa.
6.
Siswa
diminta membaca cerita kontekstual tentang konsep satuan kuantitas.
7.
Siswa
mengamati gambar konversi antar satuan kuantitas dengan cermat dan teliti.
8.
Siswa
menggali informasi dan membangun pengetahuan tentang cara mengkonversi satuan
kuantitas.
9.
Siswa
diminta mengerjakan soal di buku siswa secara mandiri
10. Siswa menyelesaikan tugas yang melibatkan satuan kuantitas.
11. Siswa menuliskan jawaban pada kolom yang telah
disediakan pada buku siswa.
|
165 Menit
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Guru meminta
peserta didik merapikan pekerjaannya, dan menanyakan apakah peserta didik
puas dengan pekerjaannya.
2.
Peserta
didik dibimbing untuk menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah
dilakukan, yaitu tentang:
a.
Nama anggota
tubuh
b.
Fungsi
anggota tubuh
c.
Satuan
kuantitas rim, lusin dan kodi.
3.
Dengan
arahan guru, peserta didik melakukan refleksi dari kegiatan yang sudah
dilakukan.
4.
Mengajak
semua peserta didik berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
5.
Guru
mengamati sikap peserta didik ketika berdo’a (sikap duduk, cara membaca, cara
melafalkan doa, dan khusuk dalam berdoa)
6.
Apabila ada
peserta didik yang kerang benar dan kurang sempurna dalam berdoa, maka
setelah selesai kegitan berdoa, langsung diberi nasehat agar besok kalau
berdoa lebih disempurnakan.
|
25 Menit
|
G.
Teknik Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a. Sikap :
Observasi
b. Pengetahuan :
Tes tulis
c. Keterampilan :
Daftar periksa
2.
Instrumen Penilaian
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Rasa
ingin tahu
|
Cermat
dan Teliti
|
Mandiri
|
|||||||||
BT
1
|
MT
2
|
MB
3
|
SM
4
|
BT
1
|
MT
2
|
MB
3
|
SM
4
|
BT
1
|
MT
2
|
MB
3
|
SM
4
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
4
|
|||||||||||||
5
|
Keterangan :
BT : Belum terlihat
MT : Mulai terlihat
MB : Mulai membudaya
SM : Sangat membudaya
Rubrik penilaian sikap
Aspek
|
Sangat Membudaya
|
Mulai Mebudaya
|
Mulai Terlihat
|
Belum terlihat
|
Rasa ingin tahu
|
Selalu berusaha mengetahui
pelajaran dengan cara membaca buku dan bertanya
|
Sering berusaha mengetahui
pelajaran dengan cara membaca buku dan bertanya
|
Kadang-kadang berusaha
mengetahui dengan cara membaca buku dan bertanya
|
Tidak pernah berusaha
mengetahui pelajaran dengan cara membaca buku dan bertanya
|
Cermat dan teliti
|
Cermat dan teliti dalam
melaksanakan tugas dan mampu menyelesaikan dalam bahasa lisan dan tulis
|
Cermat dan teliti dalam
melaksanakan tugas, tetapi masih kurang dalam menyampaikan dalam bahasa lisan
dan tulis
|
Kurang cermat dan teliti dalam
melaksanakan tugas, tetapi masih kurang dalam menyampaikan dalam bahasa lisan
dan tulis
|
Tidak cermat dan teliti dalam
melaksanakan tugas
|
Mandiri
|
Siswa bersungguh-sungguh dalam
mencari informasi dan mengamati, serta mandiri
|
Siswa cukup bersungguh-sungguh
dalam mencari informasi dan mengamati, serta mandiri
|
Siswa kurang bersungguh-sungguh
dalam mencari informasi dan mengamati, serta mandiri
|
Siswa tidak bersungguh-sungguh
dalam mencari informasi dan mengamati, serta tidak mandiri
|
2.
Penilaian
Pengetahuan
Instrumen
Penilaian : Tes tertulis
Skor maximal : 100
Penilaian :
x 100

Konversi Nilai (skala 0-100)
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81-100
|
A
|
SB (Sangat Baik)
|
66-80
|
B
|
B (Baik)
|
51-65
|
C
|
C (Cukup)
|
0-50
|
D
|
K (Kurang)
|
Soal :
1.
Anggota tubuh
bagian kepala terdiri atas . . . .
2.
Fungsi rambut di
kepala adalah untuk . . . .
3.
Jantung pada
manusia berfungsi untuk . . . .
4.
4 gros = . . . .
buah
5.
3 rim = . . . .
lembar
6.
1,5 gros = . . . .
lusin
7.
170 helai = . . . .
kodi
8.
48 lusin = . . . . gros
9.
1.250 lembar = . .
. . rim
10. Sebuah koperasi membeli 9 rim kertas untuk di jual
kembali. Berapa lembar kertas yang dibeli koperasi tersebut ?
Kunci Jawaban
:
1.
Anggota tubuh
bagian kepala terdiri atas rambut, dahi, alis, mata, teling, hidung, pipi,
mulut dan dagu.
2.
Fungsi rambut pada
kepala adalah untuk melindungi kepala dari sinar matahari secara langsung.
3.
Jantung berfungsi
untuk memompakan darah ke seluruh tubuh.
4.
4 gros = 4 x 144
buah = 576 buah
5.
3 rim = 3 x 500
lembar = 1500 lembar
6.
1,5 gros = (1,5 x 144) : 12 = 18 lusin
7.
170 helai = 170 :
20 = 8,5 kodi
8.
48 lusin = (48 x
12) : 144 = 4 gros
9.
1250 lembar = 2,5
rim
10.
9 rim = 9 x 500
lembar = 4500 lembar
3.
Penilaian
Keterampilan
a.
Mengamati gambar
Kompetensi
yang dinilai:
-
Pengetahuan
siswa tentang materi gambar
yang diamati (bagian tubuh manusia)
-
Keterampilan
siswa dalam mengamati
-
Kecermatan
dan ketelitian siswa dalam mengamati
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||||||||
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Rubrik
Mengamati gambar

Penilaian menyelesaikan soal matematika
Kompetensi yang dinilai :
·
Pengetahuan
siswa tentang konsep kuantitas
·
Keterampilan
siswa dalam mengaplikasikan pengetahuanya untuk memecahkan masalah.
·
Kecermatan
dan ketelitian siswa dalam menggunakan informasi dari cerita untuk memecahkan
masalah.
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||||||||
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Rubrik
Penilaian menyelesaikan soal matematika

H.
Pendekatan
yang digunakan
Pendekatan Saintifik
1.
Mengamati
2.
Menanya
3.
Mengumpulkan
Informasi (Menalar)
4.
Mengasosiasi/
Mengolah Informasi
5.
Mengkomunikasikan
I.
Media/alat
dan sumber pembelajaran
1. Media/alat
pembelajaran
a. Teks
bacaan tentang nama bagian tubuh
manusia
b. Simbol
dalam Pancasila
c. Gambar anggota tubuh
2. Sumber
pembelajaran
Maryanto, dkk. 2014. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.
Jakarta: Kemendikbud
Irene, dkk.
2014. Buku Penilaian Autentik.
Jakarta : Erlangga
Kumbayau , Januari
2015
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Dra. A F N I
NIP :19671201
200012 2 002
|
Guru Kelas
NUR SURYANI,
S.Pd
NIP: 19890323 201402 2 001
|
Komentar
Posting Komentar