RPP Tema 6 Kelas V

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 14 Kumbayau
Kelas / Semester                          : V (Lima) / 2 (Genap)
Tema / Subtema                          : 6. Organ Tubuh Manusia dan Hewan / 1. Tubuh Manusia
Pembelajaran                               : 1 (Satu)
Alokasi waktu                             : 6 x 35 Menit

A.  Kompetensi Inti
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.  Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keberadaan Tuhan YME atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar.
2.1 Memiliki perilaku jujur dan disiplin, tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan dan tumbuhan), dan fungsinya serta sistem pernafasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan dan tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernafasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.2 Menyampaikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernafasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Matematika
1.1   Menerima, menghargai dan menjalankan jaran agama yang dianutnya.
2.4   Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan.
3.6   Menentukan hubungan antar satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi)
4.13 merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala dan hubungan antar kuantitas, serta memriksa kebenaran jawabnya.

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
Bahasa Indonesia
1.2.1   Membiasakan berperilaku bersyukur dalam kehidupan sehari-hari atas penciptaan manusia.
1.2.2   Membiasakan berperilaku bersyukur dalam kehidupan sehari-hari atas penciptaan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar
2.1.1   Membiasakan berperilaku jujur tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh dan fungsinya serta sistem pernafasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
2.1.2  Membiasakan berperilaku disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh dan fungsinya serta sistem pernafasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2.1   Membaca teks mengenai anggota tubuh manusia dan hewan, beserta fungsinya.
3.2.2   Mengidentifikasi anggota tubuh manusia dan hewan, beserta fungsinya berdasarkan teks yang dibaca.
4.2.1 Menulis ulang mengenai anggota tubuh manusia dan hewan, beserta fungsinya, berdasarkan teks yang dibaca.
Matematika
1.1.1   Menunjukkan perilaku bersyukur berdasarkan ajaran agama yang dianut
1.1.2   Menunjukkan perilaku khusyuk dalam beribadah
1.1.3   Menunjukkan perilaku saling menghargai antar pemeluk agama
2.4.1   Menunjukkan sikap berfikir dalam mengerjakan tugas
2.4.2   Menunjukkan sikap berfikir kritis dalam mengerjakan tugas
2.4.3   Menunjukkan sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari
3.6.1   Memahami kesetaraan antar satuan kuantitas (rim, lusin, kodi)
4.13.1Menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep antar satuan kuantitas.

D.  Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyebutkan nama-nama anggota tubuh manusia dengan teliti.
2.      Dengan menggali informasi dari teks “Nama Anggota Tubuh Manusia”, siswa mampu menyebutkan anggota tubuh manusia dengan rasa ingin tahu.
3.      Dengan mengisi tabel nama-nama anggota tubuh manusia, siswa mampu menuliskan fugsi setiap anggota tubuh manusia dengan cermat.
4.      Dengan menyelesaikan soal cerita yang melibatkan operasi hitung satuan kuantitas, siswa mampu menyelesaikan masalah sederhana dengan mandiri
E.  Materi Pembelajaran
1.      Anggota tubuh manusia
2.      Fungsi anggota tubuh
3.      Satuan kuantitas (lusin, kodi, rim)

F.   Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.         Pembelajaran dibuka dengan guru memberi salam, menyapa dan mengajak semua peserta didik berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
2.         Guru mengajak dan membimbing siswa melaksanakan kegiatan tadarus
3.         Guru melakukan komunikasi tentang kehadiran peserta didik dan mengisi daftar kelas.
4.         Mengkondisikan peserta didik sebelum memulai kegiatan pembelajaran dengan memeriksa kerapian, posisi dan tempat duduk yang disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
5.         Guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan mengajak peserta didik menyanyikan lagu “Dua Mata Saya”.
6.         Guru melakukan tanya jawab tentang pengalaman belajar peserta didik yang berhubungan dengan anggota tubuh.
7.         Guru menyampaikan kompetensi dasar,  tujuan yang akan dicapai dan manfaat mempelajari anggota tubuh manusia serta satuan kuantitas rim, lusin dan kodi.
8.         Guru menyampaikan secara garis besar materi yang akan dipelajari, yaitu menyebutkan nama anggota tubuh, fungsi anggota tubuh dan satuan kuantitas (rim, lusin, kodi).
9.         Guru menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan, diantaranya diskusi dengan teman sebangku, dan menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan satuan kuantitas.
10.     Guru menyampaikan kepada peserta didik bahwa selama pembelajaran berlangsung akan dinilai sikap, pengetahuan dan keterampilan.
20 Menit
Kegiatan Inti
1.          Siswa diminta membaca teks “Bagian tubuh manusia”.
2.          Siswa mencermati dan mencari informasi penting yang terdapat dalam bacaan secara cermat dan teliti.
3.          Siswa menggali informasi tentang anggota tubuh manusia dan fungsinya.
4.          Siswa membaca instruksi di buku siswa secara mandiri.
5.          Siswa mengisi tabel anggota tubuh manusia dan fungsinya di buku siswa.
6.          Siswa diminta membaca cerita kontekstual tentang konsep satuan kuantitas.
7.          Siswa mengamati gambar konversi antar satuan kuantitas dengan cermat dan teliti.
8.          Siswa menggali informasi dan membangun pengetahuan tentang cara mengkonversi satuan kuantitas.
9.          Siswa diminta mengerjakan soal di buku siswa secara mandiri
10.      Siswa menyelesaikan tugas yang melibatkan satuan kuantitas.
11.      Siswa menuliskan jawaban pada kolom yang telah disediakan pada buku siswa.
165 Menit
Kegiatan Penutup




1.         Guru meminta peserta didik merapikan pekerjaannya, dan menanyakan apakah peserta didik puas dengan pekerjaannya.
2.         Peserta didik dibimbing untuk menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu  tentang:
a.       Nama anggota tubuh
b.      Fungsi anggota tubuh
c.       Satuan kuantitas rim, lusin dan kodi.
3.         Dengan arahan guru, peserta didik melakukan refleksi dari kegiatan yang sudah dilakukan.
4.         Mengajak semua peserta didik berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
5.         Guru mengamati sikap peserta didik ketika berdo’a (sikap duduk, cara membaca, cara melafalkan doa, dan khusuk dalam berdoa)
6.         Apabila ada peserta didik yang kerang benar dan kurang sempurna dalam berdoa, maka setelah selesai kegitan berdoa, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan.
25 Menit







G. Teknik Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Sikap                    : Observasi
b.      Pengetahuan         : Tes tulis
c.       Keterampilan        : Daftar periksa
2.      Instrumen Penilaian
1.      Penilaian Sikap
No
Nama
Rasa ingin tahu
Cermat dan Teliti
Mandiri
BT
1
MT
2
MB
3
SM
4
BT
1
MT
2
MB
3
SM
4
BT
1
MT
2
MB
3
SM
4
1













2













3













4













5













Keterangan :
BT  : Belum terlihat
MT  : Mulai terlihat
MB : Mulai membudaya
SM  : Sangat membudaya
            Rubrik penilaian sikap
Aspek
Sangat Membudaya
Mulai Mebudaya
Mulai Terlihat
Belum terlihat
Rasa ingin tahu
Selalu berusaha mengetahui pelajaran dengan cara membaca buku dan bertanya
Sering berusaha mengetahui pelajaran dengan cara membaca buku dan bertanya
Kadang-kadang berusaha mengetahui dengan cara membaca buku dan bertanya
Tidak pernah berusaha mengetahui pelajaran dengan cara membaca buku dan bertanya
Cermat dan teliti
Cermat dan teliti dalam melaksanakan tugas dan mampu menyelesaikan dalam bahasa lisan dan tulis
Cermat dan teliti dalam melaksanakan tugas, tetapi masih kurang dalam menyampaikan dalam bahasa lisan dan tulis
Kurang cermat dan teliti dalam melaksanakan tugas, tetapi masih kurang dalam menyampaikan dalam bahasa lisan dan tulis
Tidak cermat dan teliti dalam melaksanakan tugas
Mandiri
Siswa bersungguh-sungguh dalam mencari informasi dan mengamati, serta mandiri
Siswa cukup bersungguh-sungguh dalam mencari informasi dan mengamati, serta mandiri
Siswa kurang bersungguh-sungguh dalam mencari informasi dan mengamati, serta mandiri
Siswa tidak bersungguh-sungguh dalam mencari informasi dan mengamati, serta tidak mandiri

2.      Penilaian Pengetahuan
Instrumen Penilaian                     : Tes tertulis
Skor maximal                               : 100
Penilaian                                       :     x 100

Konversi Nilai (skala 0-100)
Predikat
Klasifikasi
81-100
A
SB (Sangat Baik)
66-80
B
B (Baik)
51-65
C
C (Cukup)
0-50
D
K (Kurang)

Soal :
1.      Anggota tubuh bagian kepala terdiri atas . . . .
2.      Fungsi rambut di kepala adalah untuk . . . .
3.      Jantung pada manusia berfungsi untuk . . . .
4.      4 gros = . . . . buah
5.      3 rim = . . . . lembar
6.      1,5 gros = . . . . lusin
7.      170 helai = . . . . kodi
8.      48 lusin = . . . . gros
9.      1.250 lembar = . . . . rim
10.  Sebuah koperasi membeli 9 rim kertas untuk di jual kembali. Berapa lembar kertas yang dibeli koperasi tersebut ?
Kunci Jawaban :
1.        Anggota tubuh bagian kepala terdiri atas rambut, dahi, alis, mata, teling, hidung, pipi, mulut dan dagu.
2.        Fungsi rambut pada kepala adalah untuk melindungi kepala dari sinar matahari secara langsung.
3.        Jantung berfungsi untuk memompakan darah ke seluruh tubuh.
4.        4 gros = 4 x 144 buah = 576 buah
5.        3 rim = 3 x 500 lembar = 1500 lembar
6.        1,5 gros =  (1,5 x 144) : 12 = 18 lusin
7.        170 helai = 170 : 20 = 8,5 kodi
8.        48 lusin = (48 x 12) : 144 = 4 gros
9.        1250 lembar = 2,5 rim
10.    9 rim = 9 x 500 lembar =  4500 lembar

3.      Penilaian Keterampilan
a.       Mengamati gambar
Kompetensi yang dinilai:
-          Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati (bagian tubuh manusia)
-          Keterampilan siswa dalam mengamati
-          Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1






































































Rubrik Mengamati gambar
                   Penilaian menyelesaikan soal matematika
Kompetensi yang dinilai :
·           Pengetahuan siswa tentang konsep kuantitas
·           Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuanya untuk memecahkan masalah.
·           Kecermatan dan ketelitian siswa dalam menggunakan informasi dari cerita untuk memecahkan masalah.
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1










































                                
                                 Rubrik Penilaian menyelesaikan soal matematika
                                

H.  Pendekatan yang digunakan
Pendekatan Saintifik
1.    Mengamati
2.    Menanya
3.    Mengumpulkan Informasi (Menalar)
4.    Mengasosiasi/ Mengolah Informasi
5.    Mengkomunikasikan
I.     Media/alat dan sumber pembelajaran
1.      Media/alat pembelajaran
a.       Teks bacaan tentang nama bagian tubuh manusia
b.      Simbol dalam Pancasila
c.       Gambar anggota tubuh
2.      Sumber pembelajaran
Maryanto, dkk. 2014. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud
Irene, dkk. 2014. Buku Penilaian Autentik. Jakarta : Erlangga
Kumbayau  ,      Januari 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah


Dra. A F N I
NIP :19671201 200012 2 002

Guru Kelas


NUR SURYANI, S.Pd
NIP: 19890323 201402 2 001
















































Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal Bahasa Indonesia kelas VI : Ungkapan dan peribahasa

RPP MTK Kelas VI

Soal Bahasa Indonesia : Kalimat Saran, 5 W + 1 H