RPP MTK Kelas VI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
VI/II
Waktu :
3 x 35 Menit
I.
Standar Kompetensi
Menggunakan sistem koordinasi dalam pemecahan masalah
II. Kompetensi Dasar
6.1 Membuat denah letak benda
III. Indikator
1.
Menggambar
letak benda atau rumah di sekitar
2.
Menentukan
letak benda atau tempat dari denah yang diberikan
IV. Tujuan Pembelajaran
-
Siswa
mampu membuat denah, letak benda dengan mempedomani kompas
V. Materi Pokok
Sistem koordinasi
VI. Metode
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Tugas
VII.Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
|
Kegiatan Awal
(10 menit)
|
1. Mengatur tempat duduk
2. Berdo’a
3. Mengambil absen
4. Membangkitkan semangat anak dengan
bernyanyi bersama
|
|
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi
a. Guru mengenalkan cara menentukan
letak arah utara, selatan, timur dan
barat dengan menggunakan kompas
Elaborasi
a.
Siswa membuat letak waktu tempat di arah barat dan selatan
b.
Siswa membuat letak suatu benda di arah utara dan timur dengan
berdiskusi
Konfirmasi
a.
Siswa merefleksi hasil belajar
kelompok
|
Cerdas
Kreatif
kreatif
Rasa ingin tahu
|
Kegiatan
Penutup
|
b.
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi pembelajaran
a. Penugasan (PR)
|
|
VIII. Penilaian
Prosedur
1.
Penilaian
selama proses belajar mengajar berlangsung secara individual dan kelompok berupa
tugas dan pengamatan
-
Menentukan
letak selatan, utara, barat dan timur
-
Membuat
letak suatu tempat di arah barat dan selatan
-
Membuat
letak suatu benda di arah utara dan timur
2.
Penilaian
hasil belajar berupa aspek kognitif dalam bentuk soal uraian setelah kompetensi
belajar selesai

Membuat daerah letak benda
1.
Rumah
Ani terletak di jalan Sudirman B T
a.
Di
sebelah barat ada ramayana
b.
Di
sebelah timur ada aur kuning S
c.
Di
sebelah selatan pos roma
d.
Di
sebelah utara ada Puskesmas
2.
Buatlah
denah rumahmu beserta lingkungan yang punya yang RT, RW dan kolam renang.
Kumbayau, 5 Januari 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Dra.
A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002 NIP.
19890323 201402 2 001
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
VI/II
Waktu :
5 x 35 Menit
I.
Standar Kompetensi
Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah
II. Kompetensi Dasar
6.2 Mengenal koordinat
posisi sebuah benda
III. Indikator
-
Menentukan
letak titik pada sistem koordinat
-
Membuat
gambar bangun datar pada keliling koordinat
IV. Tujuan Pembelajaran
-
Siswa
terampil meletakkan sebuah titik pada sistem koordinat melalui diskusi
-
Siswa
terampil membuat sebuah bidang datar dengan mempergunakan sistem koordinat
melalui penugasan
V. Materi Pokok
Sistem koordinat (terlampir)
VI. Alat dan Media Pembelajaran
-
KTSP
-
Bagan
penampang
VII. Metode
1.
Diskusi
2.
Tugas
VIII. Langkah Pembelajaran
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
|
Kegiatan Awal
(10 menit)
|
1. Mengatur posisi anak
2. Mengabsen sisa
3. Berdo’a
4. Membangkitkan semangat / minat anak
untuk memulai pelajaran
5. Appersepsi
|
|
Kegiatan Inti
(50 menit)
|
Eksplorasi
a. Siswa mengamati bagan-bagan sumbu
koordinat
b. Siswa menentukan letak titik pada
sistem koordinat
c. Siswa membuat gambar bangun datar
pada bidang koordinat
Elaborasi
a. Siswa ditugasi membuat bagan sumbu
koordinat
b. Siswa berdiskusi menentukan letak
pada sistem koordinat
c. Siswa ditugasi membuat gambar
bangun datar pada bidang koordinat
Konfirmasi
a. Siswa merefleksi hasil kerja mereka
|
Cerdas
Kreatif, disiplin
Kreatif
Disiplin
Kreatif
Kreatif
Kreatif
|
Kegiatan
Penutup
(10 menit)
|
a. Siswa dan guru menyimpulkan materi pembelajaran
b. Pemberian tugas (pr)
|
|
IX. Penilaian
Prosedur
1.
Penilaian
selama proses belajar mengajar berlangsung secara individual dan kelompok
berupa tugas dan pengamatan
-
Mengamati
bagan
-
Menentukan
letak titik pada sistem koordinat
-
Membuat
gambar bangun datar pada bidang koordinat
2.
Penilaian
hasil belajar berupa aspek kognitif dalam bentuk soal-soal setelah pokok
bahasan selesai
Soal-soal.
Tentukan letak titik
![]() |
![]() |
||||||||||||
![]() |
|||||||||||||
![]() |
|||||||||||||
![]() |
|||||||||||||
![]() |
|||||||||||||
![]() |
|||||||||||||
Kumbayau,
12 Januari 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Dra.
A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002
NIP.
19890323 201402 2 001
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
VI/II
Waktu :
5 x 35 Menit
I.
Standar Kompetensi
Menggunakan sistem koordinat dalam pemecahan masalah
II. Kompetensi Dasar
6.3 Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat kartesius
III. Indikator
-
Menentukan
letak titik atau tempat yang telah digambarkan pada koordinat sistem kartesius
dengan menggunakan sumbu X, Y
-
Menentukan
letak sumbu titik yang diketahui koordinat cartesiusnya
-
Menentukan
bangun datar yang terbentuk dari titik koordinat
IV. Tujuan Pembelajaran
-
Siswa
mampu menentukan letak titik atau tempat yang telah digambarkan pada koordinat
sistem kartesius dengan menggunakan sumbu X, Y setelah berdiskusi
-
Siswa
mampu menentukan letak sumbu titik yang diketahui koordinat cartesiusnya
setelah penugasan
-
Siswa
mampu menentukan bangun datar yang terbentuk dari titik koordinat setelah
penugasan
V. Materi Pokok
Sistem koordinat
VI. Metode
-
Tugas
-
Diskusi
VII. Alat dan Media Pembelajaran
-
Bagan
/ sumbu cartesius
-
Alat
tulis
VIII. Kegiatan Pembelajaran
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
|
Kegiatan Awal
|
-
Mengatur posisi duduk
-
Mengabsen siswa
-
Berdo’a
-
Membangkitkan minat belajar anak dengan tepuk irama
-
Appersepsi mengenai mempergunakan sumbu X dan Y
|
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
-
Guru memajangkan bagan sumbu kartesius
Elaborasi
-
Siswa menentukan letak suatu letak
-
Siswa menghubungkan titik yang sudah ditentukan tersebut
-
Siswa menyebutkan nama bangun yang terbentuk
Konfirmasi
-
Siswa memberikan refleksi terhadap yang sudah dipelajari
|
Disiplin
Disiplin
Disiplin
|
Kegiatan
Penutup
|
-
Guru dan siswa menyimpulkan materi pembelajaran
|
|
IX. Penilaian
Prosedur
1.
Penilaian
selama proses belajar mengajar berlangsung secara individu dan kelompok berupa
tugas dan pengamatan:
-
Menentukan
letak titik suatu tempat pada koordinat kartesius
-
Menentukan
letak sumbu titik yang diketahui koordinat kartesius
-
Menentukan
bangun datar yang terbentuk
2.
Penilaian
hasil belajar berupa aspek kognitif dalam bentuk soal uraian setelah pokok bahasan selesai.
Soal-soal
Apakah
nama bangun yang terjadi?
![]() |
![]() |
||||||
![]() |
|||||||
![]() |
|||||||
Mengetahui
Kumbayau,
19 Januari 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Dra.
A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002
NIP.
19890323 201402 2 001
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
VI/II
Waktu :
10 x 35 menit
I.
Standar Kompetensi
Menjelaskan masalah yang berkaitan dengan data
II. Kompetensi Dasar
7.1 Menyajikan data ke dalam bentuk tabel dan diagram gambar,
batang dan lingkaran
III. Indikator
-
Mengidentifikasi
data
-
Menulis
data ke dalam bentuk tabel
-
Menulis
data ke dalam bentuk diagram gambar
-
Menulis
data ke dalam bentuk diagram batang
-
Menulis
data ke dalam bentuk diagram lingkaran
-
Menulis
data ke dalam bentuk diagram garis
IV. Tujuan Pembelajaran
-
Siswa
mampu mengidentifikasi data setelah membaca data
-
Siswa
mampu menulis data ke dalam bentuk tabel setelah berdiskusi kelompok
-
Siswa
mampu menulis data ke dalam bentuk diagram batang demonstrasi
-
Siswa
mampu menulis data ke dalam bentuk diagram lingkaran dan diagram garis setelah
penugasan
V. Materi Pokok
Menyajikan data
VI. Metode
-
Diskusi
kelompok
-
Demonstrasi
-
Tugas
VII. Alat dan Media Pembelajaran
-
KTSP
-
Buku
Matematika
-
Diagram
batang dan diagram garis
-
Kapur
tulis warna
VIII. Langkah Pembelajaran
Pertemuan I (3 x 35 menit)
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
|
Kegiatan Awal
|
-
Appersepsi : Mengingatkan kembali tentang data
|
|
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi
-
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
-
Melalui demonstrasi guru menunjuk cara menulis dan membaca data ke
dalam bentuk tabel
Elaborasi
-
Siswa berdiskusi kelompok untuk menulis dan membaca data dalam bentuk
tabel
-
Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain
menanggapinya
Konfirmasi
-
Siswa merefleksi hasil belajar kelompok
|
Disiplin
Kreatif
Kreatif
Kerja keras
|
Kegiatan
Penutup
|
-
Dengan bimbingan guru, siswa menulis rangkuman
-
Penugasan (PR)
|
|
Pertemuan II (4 x 35
menit)
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
|
Kegiatan Awal
|
-
Appersepsi : Membahas tentang rumah
|
|
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi
-
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
-
Dengan demonstrasi guru menunjukkan cara menulis dan membaca diagram
batang dan diagram gambar
Elaborasi
-
Siswa berdiskusi kelompok untuk menulis dan membaca data dalam bentuk diagram
batang dan diagram gambar
-
Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain
menanggapinya
Konfirmasi
-
Siswa merefleksi hasil belajar kelompok
|
Disiplin
Kreatif
Kreatif
Kerja keras
|
Kegiatan
Penutup
|
-
Dengan bimbingan guru, siswa menulis rangkuman
-
Guru memberi tugas rumah
|
|
Pertemuan III (3 x 35
menit)
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
|
Kegiatan Awal
|
-
Appersepsi : Membahas tentang rumah
|
|
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi
-
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
-
Dengan demonstrasi guru menunjukkan cara menulis dan membaca data dalam
bentuk diagram batang dan diagram garis.
Elaborasi
-
Siswa berdiskusi kelompok untuk menulis dan membaca data dalam bentuk diagram
batang dan diagram garis.
-
Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain
menanggapinya
Konfirmasi
-
Siswa merefleksi hasil belajar kelompok
|
Disiplin
Kreatif
Kreatif
Kerja keras
|
Kegiatan
Penutup
|
-
Dengan bimbingan guru, siswa menulis rangkuman
-
Guru memberikan tugas
|
Rasa ingin tahu
|
IX. Penilaian
Prosedur
1.
Penilaian
selama proses belajar mengajar berlangsung secara individual dan kelompok
berupa tugas dan pengamatan:
Pertemuan I
-
Mengidentifikasi
data
-
Menulis
data le dalam bentuk soal
Pertemuan II
-
Menulis
data ke dalam bentuk diagram gambar dan diagram batang
Pertemuan III
-
Menulis
data ke dalam bentuk diagram lingkaran dan garis
2.
Penilaian
hasil belajar berupa aspek kognitif dalam bentuk soal uraian setelah semua
kompetensi belajar selesai
Soal-soal
1.
Kumpulkan
data tentang hasil ulangan Matematika kelas VI
2.
Sajikan
data tersebut ke dalam bentuk
-
Tabel
-
Diagram
gambar
-
Diagram
batang
-
Diagram,
lingkaran
-
Diagram
garis
Kumbayau,
26 Januari 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Dra.
A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002
NIP.
19890323 201402 2 001
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
VI / II
Waktu :
10 x 35 menit
I.
Standar Kompetensi
7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data
II. Kompetensi Dasar
7.2 Menentukan
rata-rata hitung dan modus sekumpulan data
III. Indikator
-
Menentukan
nilai yang sering muncul dalam sebuah data (modus)
-
Menentukan
nilai rata-rata suatu data
IV. Tujuan Pembelajaran
-
Siswa
mampu mengolah data dan mengelompokkan data setelah berdiskusi kelompok
-
Siswa
mampu menentukan nilai modus sekumpulan data setelah demonstrasi
-
Siswa
mampu menentukan nilai rata-rata sekumpulan data penugasan
V. Materi Pokok
Menyajikan data
VI. Alat dan Media Pembelajaran
-
Diagram
batang
-
Diagram
lingkaran
-
Tabel
-
Kapur
tulis warna
VII. Metode
-
Diskusi
kelompok
-
Demonstrasi
-
Penugasan
VIII. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I (3 x 35
menit)
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
|
Kegiatan Awal
|
-
Appersepsi : Membahas tugas rumah
-
Motivasi
|
Disiplin
|
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi
-
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
-
Guru berdemonstrasi menunjukkan cara mengolah data
Elaborasi
-
Siswa berdiskusi mengolah data
-
Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain
menanggapinya
Konfirmasi
-
Siswa merefleksi hasil belajar kelompok
|
Disiplin
Kreatif
Kreatif
Kerja keras
Rasa ingin tahu
|
Kegiatan
Penutup
|
-
Siswa dengan bimbingan guru menulis rangkuman
-
Siswa dan guru melakukan tanya jawab
-
Pemberian tugas
|
|
Pertemuan II (4 x 35
menit)
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
|
Kegiatan Awal
|
-
Appersepsi : Membahas tentang rumah
-
Motivasi banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan data
|
Disiplin
|
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi
-
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
-
Guru menunjukkan cara menemukan nilai modus sekumpulan data
Elaborasi
-
Siswa berdiskusi menemukan nilai modus sekumpulan data
-
Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain
menanggapi
-
Siswa mengerjakan soal latihan
Konfirmasi
-
Siswa merefleksi hasil belajar kelompok
|
Disiplin
Kreatif
Kreatif
Kerja keras
Cerdas
|
Kegiatan
Penutup
|
-
Guru menyimpulkan pelajaran
-
Siswa diberi tugas rumah
|
|
Pertemuan III (3 x 35
menit)
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
|
Kegiatan Awal
|
-
Appersepsi : Membahas tugas rumah
-
Motivasi kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan data
|
Disiplin
Rasa ingin tahu
|
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi
-
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
-
Guru menunjukkan cara menyelesaikan nilai rata-rata sekumpulan data
Elaborasi
-
Siswa berdiskusi untuk menemukan nilai rata-rata sekumpulan data
-
Masing-masing kelompok melaporkan hasil diskusinya dan kelompok lain
menanggapi
-
Siswa mengerjakan soal latihan
Konfirmasi
-
Siswa merefleksi hasil belajar kelompok
|
Disiplin
Disiplin
Disiplin
Kreatif
Cerdas
|
Kegiatan
Penutup
|
-
Dengan bimbingan guru, siswa menulis rangkuman
-
Guru memberikan tugas rumah
|
Rasa ingin tahu
|
IX. Penilaian
1.
Penilaian
selama proses belajar mengajar berlangsung secara individual dan kelompok
berupa tugas dan pengamatan
-
Mengolah
data dan mengelompokkannya
-
Menentukan
modus berkumpulan data
-
Menentukan
nilai rata-rata sekumpulan data
2.
Penilaian
hasil belajar berupa aspek kognitif dalam bentuk soal uraian setelah kompetensi
dasar selesai
Soal-soal.
Suatu
kompi pramuka terdiri atas 60 anak
15
anak tingginya 125 cm
15
anak tingginya 130 cm
10
anak tingginya 135 cm
20
anak tingginya 140 cm
Pertanyaan:
1.
Carilah
rata-rata tingginya!
2.
Tentukan
modusnya!
Kumbayau,
09 Februari 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Dra.
A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002
NIP.
19890323 201402 2 001
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
VI/II
Waktu :
5 x 35 Menit
I.
Standar Kompetensi
7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data
II. Kompetensi Dasar
7.5 Mengurutkan data termasuk nilai tertinggi dan terendah
III. Indikator
-
Mengurutkan
data
-
Menentukan
nilai tertinggi dan terendah dari sekumpulan data
IV. Tujuan Pembelajaran
-
Siswa
mampu mengumpulkan data setelah berdiskusi kelompok
-
Siswa
mampu menentukan nilai tertinggi dan terendah dari sekumpulan data setelah
berdiskusi
V. Materi Pokok
Menyajikan data
VI. Metode
-
Diskusi
kelompok
-
Demonstrasi
-
Penemuan
-
Tugas
VII. Alat dan Media Pembelajaran
-
Sekumpulan
data
-
Diagram
-
Kapur
tulis warna
VIII. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I (2 x 35
menit)
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
|
Kegiatan Awal
|
-
Appersepsi : Membahas tugas rumah
-
Motivasi mengingat kembali tentang pengolahan data
|
Disiplin
|
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi
-
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
-
Guru menjelaskan bagaimana mengurutkan data
Elaborasi
-
Siswa berdiskusi mengurutkan data
-
Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain
menanggapi
-
Siswa mengerjakan soal latihan
Konfirmasi
-
Siswa merefleksi hasil belajar kelompok
|
Disiplin
Disiplin
Kreatif
Cerdas
|
Kegiatan
Penutup
|
-
Guru menyimpulkan pelajaran
-
Guru memberikan PR
|
|
Pertemuan II (3 x 35
menit)
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
|
Kegiatan Awal
|
-
Appersepsi : Membahas tentang rumah
-
Motivasi mengingat kembali tentang mengurut data
|
Disiplin
|
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi
-
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
-
Guru menunjukkan cara menemukan nilai modus sekumpulan data
Elaborasi
-
Siswa berdiskusi menentukan nilai tertinggi dan terendah sekumpulan
data
-
Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok yang lain
menanggapi
-
Siswa mengerjakan soal latihan
Konfirmasi
-
Siswa merefleksi hasil belajar kelompok
|
Disiplin
Rasa ingin tahu
Disiplin
Kreatif
Cerdas
|
Kegiatan
Penutup
|
-
Guru menyimpulkan pelajaran
-
Siswa diberi tugas rumah
|
|
IX. Penilaian
Prosedur
1.
Penilaian
selama proses belajar mengajar berlangsung secara individu dan kelompok berupa
tugas dan pengamatan:
-
Mengurutkan
data acak
-
Menentukan
nilai tertinggi dan terendah dari sekumpulan data
2.
Penilaian
hasil belajar berupa aspek kognitif dalam bentuk soal uraian setelah kompetensi
dasar selesai.
Soal-soal
Berikut
ini adalah data sumbangan sukarela dari 20 orang siswa
250 1540 200 350 350
400 200 350 150 500
200 200 350 300 300
450 200 350 250 300
Pertanyaan:
1.
Berapa
rupiah iuran terendah?
2.
Berapa
rupiah iuran tertinggi
3.
Urutkan
nilai dari iuran yang terendah!
Kumbayau,
23 Februari 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Dra.
A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002
NIP.
19890323 201402 2 001
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
VI/II
Waktu :
10 x 35 menit
I.
Standar Kompetensi
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data
II. Kompetensi Dasar
7.4 Menafsirkan hasil pengolahan data
III. Indikator
-
Menemukan
nilai terendah dari data
-
Menemukan
nilai tertinggi dari data
-
Mengurutkan
nilai rata-rata
-
Menemukan
modus dari sebuah data
-
Menuliskan
dan membaca diagram
IV. Tujuan Pembelajaran
-
Siswa
mampu menemukan nilai terendah dan
tertinggi dari sebuah data setelah berdiskusi kelompok
-
Siswa
mampu mengurutkan data dan menemukan nilai
rata-rata sekumpulan data setelah diskusi kelompok
-
Siswa
mampu menemukan modus dari sekumpulan
data setelah demonstrasi
-
Siswa
mampu menuliskan dan membaca diagram setelah
demonstrasi
V. Materi Pokok
Menyajikan data
VI. Metode
-
Diskusi
kelompok
-
Demonstrasi
-
Penemuan
-
Tugas
VII. Alat dan Media Pembelajaran
-
Buku
Matematika kelas VI
VIII. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I (3 x 35 menit)
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
|
Kegiatan Awal
|
-
Appersepsi : Mengamati sekumpulan data
|
|
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi
-
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
-
Guru mendemonstrasikan cara menemukan nilai tertinggi dan nilai
terendah serta mengurutkan data
Elaborasi
-
Siswa berdiskusi kelompok menentukan nilai terendah dan tertinggi serta
mengurutkan data
-
Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok lain
menanggapi
-
Siswa mengerjakan soal latihan
Konfirmasi
-
Siswa merefleksi hasil belajar kelompok
|
Disiplin
Rasa ingin tahu
Disiplin
Kreatif
Cerdas
|
Kegiatan
Penutup
|
-
Guru menyimpulkan pelajaran
-
Pemberian tugas pada siswa (PR)
|
|
Pertemuan II (4 x 35
menit)
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
|
Kegiatan Awal
|
-
Appersepsi : Mengamati sekumpulan data
-
Motivasi banyak kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan data
|
|
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi
-
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
-
Guru menunjukkan cara menyelesaikan nilai rata-rata dan modus dari sekumpulan
data
Elaborasi
-
Siswa berdiskusi kelompok untuk menemukan nilai rata-rata dan modus
dalam sebuah data
-
Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok yang lain
menanggapi
-
Siswa mengerjakan soal latihan
Konfirmasi
-
Siswa merefleksi hasil belajar kelompok
|
Disiplin
Disiplin
Kreatif
Kreatif
Cerdas
|
Kegiatan
Penutup
|
-
Menulis rangkuman dibimbing guru
-
Guru memberikan tugas rumah
|
|
Pertemuan III (3 x 35
menit)
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
|
Kegiatan Awal
|
-
Appersepsi : Membahas tugas rumah
-
Motivasi menyebutkan macam-macam diagram dan berkaitan dengan kehidupan
sehari-hari
|
Disiplin
Rasa ingin tahu
|
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi
-
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
-
Guru dan siswa bertanya jawab tentang cara menulis dan membaca diagram
Elaborasi
-
Siswa berdiskusi menulis dan membaca diagram
-
Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi kelompok yang lain
menanggapi
-
Siswa mengerjakan soal latihan
Konfirmasi
-
Siswa merefleksi hasil belajar kelompok
|
Disiplin
Kreatif
Disiplin
Kreatif
|
Kegiatan
Penutup
|
-
Siswa dibimbing guru membuat rangkuman
-
Pemberian PR
|
|
IX. Penilaian
1.
Penilaian
selama proses belajar mengajar berlangsung secara individu dan kelompok berupa
tugas dan pengamatan:
-
Menentukan
nilai terendah dan tertinggi dari data
-
Mengurutkan
nilai rata-rata
-
Menemukan
modus dari sebuah data
-
Menuliskan
dan membaca diagram
2.
Penilaian
hasil belajar berupa aspek kognitif dalam bentuk soal uraian setelah kompetensi
dasar selesai.
Soal-soal
1.
Nilai
ulangan 20 anak sebagai berikut:
6 7
8 5 5
6 7 7
8 9
7 6
5 7 6
7 7 9
8 7
Pertanyaan:
1.
Sajikan
data dalam bentuk tabel
2.
Tentukan
nilai terendah dan tertinggi
3.
Tentukan
nilai rata-ratanya
4.
Urutkan
nilai dari yang terendah
5.
Gambarkan
dalam bentuk diagram batas dan diagram lingkaran
Kumbayau,
2 Maret 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Dra.
A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002
NIP.
19890323 201402 2 001
Komentar
Posting Komentar