RPP BiNa kls VI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                         : Bahasa Indonesia
Kelas                                       : VI / II
Alokasi Waktu                        : 5 x 35 menit

I.  Standar Kompetensi
7. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama
II.  Kompetensi Dasar
7.2  Mengidentifikasi berbagai unsur ( tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita dan amanat ) dari teks anak
III. Indikator
     Pertemuan  I
a.       Mengidentifikasi unsur-unsur dari teks drama ( kreatif )
b.      Menjelaskan unsur-unsur tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita dan amanat dari teks drama secara tertulis ( rasa ingin tahu )
Pertemuan II
a.       Menghafalkan teks drama ( kreatif )
b.      Bermain peran berdasarkan teks drama dengan penghayatan dan ekspresi yang sesuai dengan karakter tokoh ( kreatif )
IV. Tujuan Pembelajaran
       Pertemuan I         
a.       Siswa mampu mengidentifikasi 6 buah unsur dari teks drama, setelah membaca naskah teks (kreatif)
b.      Siswa mampu menjelaskan unsur tokoh dari teks drama dengan benar setalah melakukan diskusi kelompok (mandiri)
c.       Siswa mampu menjelaskan unsur sifat dari teks drama dengan benar setelah melakukan diskusi kelompok (menghargai prestasi)
d.      Siswa mampu menjelaskan latar belakang teks drama dengan benar setelah diskusi kelompok (komunikatif)
e.       Siswa mampu menjelaskan unsur tema dari teks drama dengan benar setalah kerja kelompok (jujur)
f.       Siswa mampu menjelaskan jalan cerita dari teks drama tersebut setelah diskusi kelompok (kreatif)
g.      Siswa mampu menjelaskan unsur amanat dari teks drama dengan benar setelah diskusi kelompok (demokratis)
Pertemuan II
a.       Siswa mampu menghafalkan teks drama dengan benar setalah membaca buku (kreatif)
b.      Siswa mampu bermain peran setela membaca teks dengan penghayatan dan ekspresi yang sesuai dengan karakter dan tokoh jalan cerita (kerja keras)
V. Materi pembelajaran
Teks drama
VI. Alat dan media pembelajaran
a.    Teks drama beserta propertinya
b.    Buku erlangga
c.    Bina bahasa indonesia
VII. Metode pembelajaran
a.    Tanya jawab
b.    Latihan
c.    Penugasan
d.   Demonstrasi (main peran)
VIII. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU/ NILAI
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
-        Berdo’a
-    Membaca ayat pendek
-    Guru mengabsen siswa
-    Menyanyikan salah satu lagu kebangsaan
-       Apersepsi
a.       Tentang sebuah drama dengan mengajukan pertanyaan sebagai berikut:
- Pernahkah kamu membaca teks drama?
- Pernahkah kamu menyaksikan orang main drama?
Motivasi Guru : dengan belajar drama, akan menambah wawasan akan kesusastraan Indonesia

2. Kegiatan Inti ( 45 menit )
Eksplorasi
a.       Peserta didik membaca teks drama yang  diberikan guru
b.      Siswa menjelaskan unsur tokoh, sifat latar, tema, jalan cerita dan amanat dari teks drama yang diberikan guru melalui kegiatan Tanya jawab dan latihan.
Elaborasi
a.       Siswa berdiskusi dalam kelompok untuk menjelaskan unsur-unsur dari teks drama
b.      Siswa membacakan hasil diskusi masing-masing kelompok di depan kelas
c.       Siswa lain menanggapi hasil diskusi yang dibackan temannya
Konfirmasi
- Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pembelajaran
- Peserta didik menghafalkan teks drama
- Peserta didik bermain peran, berdasarkan teks drama dengan penghayatan  dan ekspresi yang sesuai dengan karakter tokoh dalam teks

3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.       Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pembelajaran
b.      Peserta didik di beri tugas untuk mengidentifikasi drama lain.
- Membuat 5 kalimat kritikan dan 5 kalimat pujian

Relegius
Relegius
tanya jawab
Peduli sosial










Kreatif
Kreatif



Demokratis

kreatif
cinta damai


Peduli social
kreatif
kreatif




peduli social
kreatif, mandiri
    
Pertemuan II
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU/ NILAI
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
-       Berdo’a
-   Membaca ayat pendek
-    Guru mengabsen siswa
Apersepsi ( 10 menit )
1.      Guru mengajukan pertanyaan a:b
a. Masih ingatkah kamu dengan pelajaran kemaren?
b. apakah sudah hafal teks drama kemaren ?
c. Pendidik memotivasi siswa dengan menyampaikan bahwa bermain peran dapat mengasah imajinasi kita terhadap sebuah permasalahan
2. Kegiatan Inti ( 45 menit )
Eksplorasi
a.       Peserta didik membaca teks drama sambil menghafal
Elaborasi
a.       Pendidik menjelaskan kriteria penilaian bermain peran
b.      Peserta didik secara berkelompok memerankan teks drama didepan kelas
c.       Peserta didik yang lain menanggapi penampilan temannya
Konfirmasi
a.   Pendidik memeberikan tanggapan terhadap penampilan masing-masing peserta didik
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.       Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pembelajaran


Relegius
Relegius
tanya jawab









Kreatif

Tanya jawab
kreatif

cinta damai



IX.        Penilaian
a.       Penilaian selama proses belajar mengajar berlangsung secara individual dan kelompok berupa tugas dan pengamatan :
1.      Membaca dengan serius
2.      Berdiskusi dengan antusias dengan kelompok
3.      Mengemukakan pendapat
4.      Menghargai pendapat teman
b.      Penilaian hasil belajar berupa aspek kognitif dalam bentuk soal uraian
1.      Tulis 6 unsur dari teks drama ?
2.      Tuliskan sifat dari tokoh ?
3.      Dimana latar cerita ini terjadi ?
4.      Apa yang disebut dengan tema ?
5.      Rangkaian peristiwa yang terjadi dalam cerita disebut juga dengan apa ?
6.      Apa contoh amanat ?

Pertemuan ke II
Penilaian produk

NO
ASPEK
INDIKATOR
YA
TIDAK
1
Intonasi
Apakah tinggi rendahnya nada keras, lemahnya suara, cepat lambatnya. Percakapan harus sesuai dengan isi dan suasana yang digambarkan dalam percakapan?


2
Lafal
Apakah setiap kata harus di ucapkan dengan jelas dan tepat ?


3
Kelancaran
Apakah percakapan antar pelaku harus dilakukan secara lancar ?


4
Gerak, ekspresi, mimik penampilan
Apakah gerak, ekspresi, mimik dan penampilan mendukung pesan dari percakapan yang di bacakan ?


5
Emosi
Apakah emosi yang di ekspresikan sesuai dengan suasana yang di gambarkan dalam percakapan ?



  Kumbayau, 5 Januari 2015
           Mengetahui
        Kepala Sekolah                                                                          Guru Kelas


Dra. A F N I                                                                 NUR SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002                                                            NIP. 19890323 201402 2 001
         



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas                         : VI / II
Alokasi Waktu          : 5 x 35 menit

I.  Standar Kompetensi
     8. Mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah pidato dan surat resmi
II. Kompetensi Dasar
8.1  Menyusun naskah pidato / sambutan perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah dan lain-lain dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan ejaan.
III. Indikator
a.       Membuat kerangka pidato ( kreatif )
b.      Mengembangkan kerangka pidato ke dalam beberapa kalimat ( kerja keras )
c.       Menyusun naskah pidato ( kreatif )
d.      Membacakan teks pidato dengan lafal intonasi, dinamika secara dalam ekspresi yang tepat (kreatif)
IV. Tujuan pembelajaran
a.       Siswa mampu menyusun naskah kata sambutan perpisahan, ulang tahun dan perayaan sekolah (kreatif )
b.      Siswa mampu membacakan teks sambutan perpisahan, ulang tahun dan perayaan sekolah dengan intonasi, dinamika yang tepat (kreatif )
V. Materi Pembelajaran
-  Menyusun naskah sambutan / pidato
VI. Alat dan Media Pembelajaran                                                                                                  
a.       Naskah pidato perpisahan
b.      Buku erlangga
c.       Bina bahasa Indonesia Standar isi 2006
VII. Metode pembelajaran
a.       Ceramah
b.      Latihan
c.       Penugasan
d.      Demonstrasi
VIII. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU/ NILAI
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a.       Berdo’a
b.      Membaca ayat pendek
c.       Guru mengabsen siswa
d.       Menyanyikan salah satu lagu kebangsaan
e.         siswa membacakan teks sambutan dimuka kelas
2. Kegiatan Inti ( 45 menit )
Eksplorasi
a.       Peserta didik mengumpulkan pokok-poko pikiran yang akan disampaikan dalam pidato melalui kegiatan latihan
b.      Peserta didik menuliskan poko-pokok pikiran isi naskah sambutan/pidato melalui kegiatan latihan atau penugasan.
Elaborasi
a.       Peserta didik menyusun naskah sambutan atau pidato melalui kegiatan latihan atau penugasan
Konfirmasi
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.       Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pembelajaran
b.      Peserta didik di beri tugas untuk menyusun naskah pidato dengan naskah yang berbeda

Relegius
Relegius
tanya jawab
Peduli sosial
kreatif


kreatif

kreatif


mandiri



komunikatif
mandiri



IX. Penilaian
Penilaian selama proses belajar mengajar berlangsung secara individual dan kelompok berupa tugas dan pengamatan :
a.       Menulis pokok-pokok pikiran yang akan disampaikan dalam pidato
b.      Membacakan naskah sambutan/pidato
c.       Mengemukakan pendapat
d.      Menghargai pendapat teman

Pertemuan ke II
Penilaian produk

NO
ASPEK
INDIKATOR
YA
TIDAK
1
Intonasi
Apakah tinggi rendahnya nada keras, lemahnya suara, cepat lambatnya Percakapan harus sesuai dengan naskah


2
Lafal
Apakah kata-kata yagn ditulis dalam naskah harus sesuai dengan ejaan


3
Gerak, ekspresi, mimik penampilan
Apakah gerak, ekspresi, mimik dan penampilan mendukung pesan isi naskah yang dibacakan


4
Emosi
Apakah emosi yang di ekspresikan sesuai dengan suasana yang di gambarkan dalam teks naskah pidato



  Kumbayau, 12 Januari 2015
           Mengetahui
        Kepala Sekolah                                                                          Guru Kelas


Dra. A F N I                                                                 NUR SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002                                                            NIP. 19890323 201402 2 001
         















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas                           : VI / II
Alokasi Waktu            :  5 x 35 menit

I.  Standar Kompetensi
8.  Mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah pidato dan surat resmi
II.  Kompetensi Dasar
8.2    Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju
III. Indikator
a.       Membedakan ciri-ciri surat resmi dengan surat pribadi ( jujur )
b.      Membedakan bahasa surat resmi dengan surat pribadi (disiplin)
c.       Menuliskan surat resmi sesuai dengan konteks ( kreatif )
IV. Tujuan pembelajaran
a.       Siswa dapat membedakan ciri-ciri surat resmi dengan surat pribadi ( jujur )
b.      Siswa dapat mempergunakan bahasa yang tepat untuk surat resmi ( disiplin )
V. Materi pembelajaran
- Surat resmi
VI. Alat dan media pembelajaran
a.       Format surat resmi
b.      Contoh surat resmi, surat kuasa, keputusan, undangan dan surat tugas
     Sumber
a.       Buku erlangga
b.      Bina bahasa Indonesia Standar isi 2006
VII. Metode pembelajaran
a.       Latihan
b.      Diskusi
c.       Penugasan
VIII. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU/ NILAI
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a.       Berdo’a
b.      Membaca ayat pendek
c.       Guru mengabsen siswa
d.      Memotivasi siswa belajar membuat surat
e.       Guru dan siswa bersama menyanyikan lagu “ tukang pos “
2. Kegiatan Inti ( 45 menit )
Eksplorasi
a.       Peserta didik  menuliskan 4 hal yang harus tercantum pada surat resmi, seperti :
-          Tempat dan tanggal
-          Penulisan surat
-          Alamat yang jelas
-          Isi surat
-          Nama penulis surat
Elaborasi
a.       Peserta didik memberi format surat resmi berupa pengumuman.
Konfirmasi
-          Peserta didik membuat surat resmi berupa surat pengumuman melalui kegiatan latihan
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.       Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang penulisan surat resmi dan surat pribadi.
b.      Siswa diberi tugas membuat surat resmi.


IX. Penilaian
     Essay!
1.      Jelaskan perbedaan surat resmi dengan surat pribadi
2.      Tulis 4 komponen yang ada untuk membuat surat resmi
3.      Sebutkan 4 contoh surat resmi
4.      Masalah apa saja yang bisa di buat dalam surat resmi.
     Kunci Jawaban :
     1. surat resmi
a.      Memiliki format  terkait
b.      Penggunaan kalimat ( pengantar, penutup, ucapan terima kasih, permintaan maaf, pemohon )
c.       Menggunakan bahasa resmi
d.      Terdapat nomor surat
     Jawaban surat pribadi : sifatnya pribadi
     2. 4 komponen membuat surat resmi
     a. nama dan tempat dan tanggal penulisan surat
     b. alamat yang jelas
     c. isi surat
     d. nama penulis surat
     3. 4 contoh surat resmi :
     a. surat edaran, keputusan, tugas, nota dinas pengumuman
     4. Masalah damai

  Kumbayau, 19 Januari 2015
           Mengetahui
        Kepala Sekolah                                                                          Guru Kelas


Dra. A F N I                                                                 NUR SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002                                                            NIP. 19890323 201402 2 001
         



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran                  : Bahasa Indonesia
Kelas                                : VI / II
Alokasi Waktu                 : 5 X 35 Menit

I.  Standar Kompetensi
    Mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah pidato dan surat resmi
II.  Kompetensi Dasar
     Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju
III. Indikator
a.       Membedakan ciri-ciri surat resmi dengan surat pribadi ( jujur )
b.      Membedakan bahasa surat resmi dengan surat pribadi (disiplin)
c.       Menuliskan surat resmi sesuai dengan konteks ( kreatif )
IV. Tujuan pembelajaran
a.       Siswa dapat membedakan ciri-ciri surat resmi dengan surat pribadi ( jujur )
b.   Siswa dapat mempergunakan bahasa yang tepat untuk surat resmi ( disiplin )
V. Materi pembelajaran
- Surat resmi
VI. Alat dan media pembelajaran
a.       Format surat resmi
b.      Contoh surat resmi, surat kuasa, keputusan, undangan dan surat tugas
     Sumber
a.       Buku erlangga
b.      Bina bahasa Indonesia Standar isi 2006
VII. Metode pembelajaran
a.       Latihan
b.      Diskusi
c.       Penugasan
VIII. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU/ NILAI
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a.       Berdo’a
b.      Membaca ayat pendek
c.       Guru mengabsen siswa
d.      Memotivasi siswa belajar membuat surat
e.       Guru dan siswa bersama menyanyikan lagu “ tukang pos “
2. Kegiatan Inti ( 45 menit )
Eksplorasi
b.      Peserta didik  menuliskan 4 hal yang harus tercantum pada surat resmi, seperti :
-          Tempat dan tanggal
-          Penulisan surat
-          Alamat yang jelas
-          Isi surat
-          Nama penulis surat
Elaborasi
a.       Peserta didik memberi format surat resmi berupa pengumuman.
Konfirmasi
-          Peserta didik membuat surat resmi berupa surat pengumuman melalui kegiatan latihan
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.       Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang penulisan surat resmi dan surat pribadi.
b.      Siswa diberi tugas membuat surat resmi.


IX. Penilaian
Essay!
1.      Jelaskan perbedaan surat resmi dengan surat pribadi
2.      Tulis 4 komponen yang ada untuk membuat surat resmi
3.      Sebutkan 4 contoh surat resmi
4.      Masalah apa saja yang bisa di buat dalam surat resmi.
Kunci Jawaban :
1. surat resmi
1.      Memiliki format  terkait
2.      Penggunaan kalimat ( pengantar, penutup, ucapan terima kasih, permintaan maaf, pemohon )
3.      Menggunakan bahasa resmi
4.      Terdapat nomor surat
Jawaban surat pribadi : sifatnya pribadi
2. 4 komponen membuat surat resmi
     a. nama dan tempat dan tanggal penulisan surat
     b. alamat yang jelas
     c. isi surat
     d. nama penulis surat
3. 4 contoh surat resmi :
     a. surat edaran, keputusan, tugas, nota dinas pengumuman
4. Masalah damai

  Kumbayau, 26 Januari 2015
           Mengetahui
        Kepala Sekolah                                                                          Guru Kelas


Dra. A F N I                                                                 NUR SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002                                                            NIP. 19890323 201402 2 001
         

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia
Kelas                                     : VI / II
Alokasi Waktu                      : 5 x 35 menit

I.  Standar Kompetensi
Memahami wacana lisan tentang berita atau drama pendek
II.  Kompetensi Dasar
     Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi atau radio
III. Indikator
a.       Menuliskan pokok-pokok isi berita kedalam beberapa kalimat
b.      Menjawab pertanyaan yang diajukan mengenai isi berita
c.       Menanggapi isi berita yang didengar
d.      Menyimpulkan isi berita yang didengar
IV. Tujuan pembelajaran
a.       Peserta didik mampu menuliskan pokok-pokok isi berita kedalam beberapa dari radio yang didengar dengan benar.
b.      Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan mengenai isi berita yang didengar dari radio dengan tepat
c.       Menanggapi isi berita yang didenar dari radio dengan benar
d.      Menyimpulkan isi berita yang didengar dari radio dengan benar
V. Materi pembelajaran
-  Fakta : Pemerintah provinsi DKI Jakarta menggarap jalur transportasi air ( wacana terlampir)
VI. Alat dan media pembelajaran
a.       KTSP, buku sumber, radio
      Sumber :
a.       Buku bahasa Indonesia BSE kelas 6 hal 88
VII. Metode pembelajaran
a.       Inkuiri
b.      Tanya jawab
c.       Penugasan
VIII. Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU/ NILAI
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a.       Peserta didik Berdo’a
b.      Guru mengabsen siswa
c.       Appersepsi:
1.      Berita apakah yang pernah kamu dengar dari radio/TV
2.      Apa contoh berita yang kamu dengar
d.      Guru memotivasi siswa dengan mencontohkan sebuah berita
e.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini
2. Kegiatan Inti ( 45 menit )
Eksplorasi
a.       Peserta didik  mendengar berita dari radio yang diputar didepan kelas
b.      Peserta didik meneyebutkan inti berita yang didengarnya
Elaborasi
a.       Peserta didik menuliskan pokok-poko berita
b.      Peserta didik menjawab pertanyaan tentang isi berita
c.       Peserta didik menanggapi isi berita
d.      Peserta didik menyimpulkan isi berita
Konfirmasi
a.       Peserta didik merefleksiksn hasil kerjanya
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.       Siswa dan guru mengadakan refleksi tentang penulisan surat resmi dan surat pribadi.
b.      penugasan


IX. Penilaian
Prosedur
1.      penilaian selama proses belajar mengajar berlangsung secara individual berupa tugas dan pengamatan
a.       mendengarkan dengan serius
b.      menulis dengan serius
c.       menjawab pertanyaan dengan benar
d.      menanggapi isi berita dengan benar
2.      penilaian hasil belajar berupa aspek kognitif dalam bentuk soal-soal uraian setelah pembelajaran selesai
3.      soal :
a.       apa judul berita yang kamu dengar
b.      dimana jalur transportasi air di buka di DKI
c.       apa guna jalur transportasi air di buka di DKI
d.      jalur apa yang digunakan untuk rute awal
e.       tuliskanlah kesimpulan isi berita yang kamu dengar
kunci jawaban
a.       judul berita yang di dengar adalah pemprov DKI Jakarta menggarap jalur transporasi air
b.      jalur transportasi air di DKI akan di buka di kawasan Kali Ciliwung dan banjir Kanal Barat
c.       jalur transportasi air di buka di DKI Jakarta adalah untuk menghindari kemacetan harus lalu lintas darat yang kerap terjadi di Jakarta
d.      jalur yang digunakan pada rute awal adalah jalur Kebon Kacang hingga Pasar Manggarai
e.       kesimpulan berita yang didengar adalah Pemrov DKI Jakarta akan membuka jalur transportasi air dikawasan Kali Ciliwung dan banjir Kanal Barat. Jalur transportasi air merupakan salah stu upaya untuk menghindari kemacetan arus lalu lintas darat. Untuk rute awal, jalur yang dilalui adalah kebun kacang hingga pasr manggarai. Direncanakan seluruh perangkat penunjang transportasi air selesai dibangun pada bulan Juli 2007

FORMAT PENILAIAN MEMBACAKAN BERITA
                        Nama siswa     :
                        Kelas               : IV
                        Kegiatan          :
                        Hari/Tgl           :

NO
ASPEK/INDIKATOR
NILAI
KETERANGAN
1.
2.
3.
Ketepatan isi ( nilai maksimal 45 )
Struktur ( nilai maksimal 40 )
Koherensi (nilai maksimal 15 )



MATERI POKOK
PEMPROV DKI JAKARTA MENGGARAP JALUR TRANSPORTASI AIR
            Metro Tv news.com ; Jakarta : pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membuka jalur transporasi air yang berada dikawasan Kali ciliwung dan banjir kanal barat.saat ini tengah dipersiapkan beberapa perangkat pendukungnya seperti Halte.
            Untuk rute awal, yang akan digunakan adalah jalur Kebon Kacang hingga Pasar Manggarai dengan tiga Halte atau dermaga penumpang. Halte atau dermaga penumpang itu saat ini tengah dibangun.
            Untuk langkah awal, pemerintah provinsi DKI Jakarta akan memfokuskan pembersihan sampah yang akan dilalui jalur transportasi ini. Menurut rencana, seluruh perangkat yang akan digunakan untuk jalur transportasi ini akan selesai pada bulan juli 2007. Menurut warga, dengan dibangunnya jalur transportasi air ini setidaknya dapat menjadi alternatif  angkutan.
                                                            Sumber : metro TV news.com (diakses 16 maret 2007)



  Kumbayau, 2 Februari 2015
           Mengetahui
        Kepala Sekolah                                                                          Guru Kelas


Dra. A F N I                                                                 NUR SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002                                                            NIP. 19890323 201402 2 001
         






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas                           : VI / II
Alokasi Waktu            : 1  x Pertemuan ( 2 x 35 menit )

I.  Standar Kompetensi
  Memahami wacana lisan tentang berita atau drama pendek
II.  Kompetensi Dasar
     Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan
III. Indikator
a.       Menuliskan pokok-pokok isi drama yang didengar
b.      Menjawab pertanyaan tentang drama
c.       Menceritakan isi drama pendek yang di dengar
IV. Tujuan pembelajaran
a.       Peserta didik mampu menuliskan pokok-pokok isi drama yang ingin didengar
b.      Peserta didik mampu menjawab pertanyaan tentang drama yang didengar
c.       Peserta didik mampu menceritkan isi drama pendek yang didengar
V. Materi pembelajaran
Mendengarkan drama
Konsep
PERTUNJUKAN TARI

       Rima baru saja mementaskan tari jaipong pada acara malam amal di gedung kesenian kota, selesai acara teman-temannya yang ikut menonton langsung mengahampiri Rima dibelakang panggung
Ami            : “Rima, tadi kamu pentas bagus sekali !”
Rudi           : “ Iya Rima, gerakanmu begitu lincah !”
Nita            : “selamat ya Rima, semua orang terlihat kagum melihat kamu menari tadi !”
Rima           : “Wah , terima kasih, sekarang aku sudah lega sebelum pentas aku tadi sempat demam panggung.”
Ami            : “Rima, minumlah dulu, kamu kelihatan masih lelah.” (sambil menyodorkan air minum)
Nita            : “ternyata kamu pandai menari Jaipong, ya ! aku paling senang melihat gerakan tangan dan bahumu tadi. Ajari aku dong Rima !”
Rima           : “bukannya kamu pandai menarikan tari Bali, Nita ?”
Rudi          : “Iya, Nita memang pandai menari traian Bali. Aku pernah melihat fotonya saat menari.”
Ami            : kalau begitu saat perpisahan kelas Enam, Rima dan Nita harus menghibur penonton dengan tarian.”
Rima           : “ Boleh saja, asalkan kamu juga mementaskan sebuah pembacaan puisi.”
Rudi           : “wah, penonton pasti akan sangat terhibur !”
Nita            : “ Sudah, sudah ! Acara perpisahan kita bicarakan nanti saja sekarang sudah malam, ayo kita pulang !”
 Semua bergegas pulang. Rima mengambil perlengkapannya kemudian menyusul teman temannya.
VI. Alat dan media pembelajaran
a.       Naskah drama
b.      Bahasa Indonesia kelas VI halaman 78
VII. Metode pembelajaran
a.       demonstrasi
b.      Tanya jawab
c.       Penugasan
d.      Sosio drama
VIII. Referensi
a.       Darisman, Muh. 2006. Mari Belajar Bahasa Indonesia kelas VI. Jakarta Yudistira
IX. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU/ NILAI
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a.   Peserta didik Berdo’a
b.        Guru mengabsen siswa
c.        Appersepsi:
1.       Pendidik menanyakan kepada siswa, apakah kamu menonton pertunjukan drama ?
2.       Masih ingatkah kamu pengertian drama
d.   Guru memotivasi siswa dengan menjelaskan bahwa drama dapat menambah wawasan kita terhadapat kesusasteraan dan kebudayaan Indonesia
2. Kegiatan Inti ( 45 menit )
Eksplorasi
a.       Peserta didik  mendengar dan menyaksikan drama yang diperankan oleh teman- temannya
b.      Peserta didik menuliskan pokok isi drama yang didengar
c.       Peserta didik menuliskan tokoh-tokoh drama yang didengar
Elaborasi
a.       Peserta didik menjawab pertanyaan tentang drama yang didengar
b.      Peserta didik mendiskusikan pertunjukan drama yang dipentaskan
c.       Beberapa peserta didik mempraktekkan / mementaskan drama didepan kelas
d.      Beberapa peserta didik lain menanggapi drama yang dipentaskan temannya.
 Konfirmasi
a.       Peserta didik meninjau kembali hasil kerja peserta didik
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.       Peserta didik dan pendidik menyimpulkan materi pembelajaran
b.      Penugasan (mencari naskah )


X. Penilaian
Prosedur
1.      penilaian selama proses belajar mengajar berlangsung secara individual berupa tugas dan pengamatan
a.       mendengarkan dengan serius
b.      berdiskusi dengan antusias dengan teman sebangku
c.       mengemukakan pendapat dalam diskusi kelas
d.      menghargai pendapat teman
2.      Penilaian hasil belajar berupa aspek kognitif dalam bentuk soal-soal uraian setelah pembelajaran selesai
3.      soal :
1.      siapakah pandai menari jaipong ?
2.      siapakah yang dapat menari tarian Bali ?
3.      siapakah yang menyodorkan air minum pada rima ?
4.      siapakah yang kagum melihat gerakan tangan dan bahu rima ?
5.      siapakah yang diminta rama membacakan puisi dalam acara perpisahan?
kunci jawaban
1.      Rima
2.      Nita
3.      Ami
4.      Nita
5.      Ami
FORMAT PENILAIAN MEMBACAKAN DRAMA
Nama siswa     :
Kelas               : IV
Kegiatan          :
Hari/Tgl           :

NO
ASPEK
INDIKATOR
YA
TIDAK
1.
Intonasi
Apakah tinggi rendahnya nada, kelas lunaknya, suara, dan cepat lambatnya percakapan sesuai dengan isi dan suasana yang digambarkan dalam percakapan?


2
Lafal
Apakah setiap kata diucapkan dengan jelas dan tepat ?


3
Kelancaran
Apakah setiap kata diucapkan dengan jelas dan tepat?


4
Gerak, ekspresi, mimic, penampilan
Apakah, ekspresi, mimic, dan penampilan mendukung pesan atau isi percakapan yang dibacakan?


5
Emosi
Apakah emosi yang diekspresikan sesuai dengan suasana yang digambarkan dalam percakapan?


  Kumbayau, 9 Februari 2015
           Mengetahui
        Kepala Sekolah                                                                          Guru Kelas


Dra. A F N I                                                                 NUR SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002                                                            NIP. 19890323 201402 2 001
         


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran                           : Bahasa Indonesia
Topic                                          : Berbicara
Kelas                                          : VI / II
Alokasi Waktu                           : 5 x  35 menit

I. Standar Kompetensi
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi deng berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi.
II. Kompetensi Dasar
Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan ( acara perpisahan, perayaan ulang tahun,dll) dengan afal, intonasi, sikap yang tepat.
III. Indikator
     Pertemuan I
a.       Mengidentifikasi momen atau peristiwa yang melatar belakangi pidato
Pertemuan II
a.       Menulis kerangka pidato
b.      Mengembangkan kerangka pidato kedalam beberapa kalimat
Pertemuan III
a.       Menyusun naskah pidato
Pertemuan IV
a.       Membaca pidato deng an lafal dan intonasi yang tepat
IV. Tujuan pembelajaran
     Pertemuan I
a.       Peserta didik menyebutkan 3 momen atau peristiwa yang melatar belakangi pidato
b.      Peserta didik menyebutkan 2 macam pidato berdasarkan isinya
c.       Menentukan tema pidato
d.      Mendaftarr pokok-pokok isi yang akan disampaikan dalam pidato
e.       Menentukan tujuan pidato
Pertemuan II
a.       Peserta didik mampu menuliskan kerangka pidato
b.      Peserta didik mampu mengembangkan kerangka pendahuluan
c.       Peserta didik mengembangkan kerangka isi
d.      Peserta didik mampu mengembangkan kerangka penutupan
Pertemuan III
a.       Peserta didik mampu meyusun kerangka menjadi naskah pidato
b.      Perserta didik mampu merevisi naskah pidato yang telah disusun
c.       Peserta didik mampu  menuliskan pidato yang telah direvisi
Pertemua IV
a.       Peserta didik mampu menyampaikan pidato dengan sikap dan gaya yang wajar
b.      Peserta didik mampu mengucapkan kata-kata dengan lafal dan intonasi yang tepat
c.       Peserta didik mampu mengatur suara sehingga terdengar indah dan berirama
d.      Peserta didik mampu memahami kondisi serta situasi pendengar
V. Materi pembelajaran
     Pertemuan I
1.      3 macam atau peristiwa yang melatar belakangi pidato
a.       Perpisahan anak VI
b.      Ulang tahun
c.       Peresmian perpustaka sekolah
2.      2 macam pidato
a.       Pidato resmi
b.      Pidato tidak resmi
3.      Tema pidato “ Berterima kasih kepada bapak-bapak/ ibu-ibu guru”
4.      Pokok-pokok isi yang akan disampaikan dalam pidato :
a.       Pendahuluan, berisi : salam pembuka, ucapan syukur kepada Tuhan, ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang terkait dan tujuan pidato
b.      Isi, isi pidato berisi uraian materi pidato, isi pidato harus sesuai dengan tema.
c.       Penutup, berisi kesimpulan, saran, krtik, harapan-harapan, ucapan terima kasih, permohonan maaf, dan salam penutup.
5.      Tujuan pidato
Menyampaikan rasa terima kasih
Pertemuan II
1.      Kerangka pidato
a.       Pembukaan :
- salam pembuka
- ucapan syukur kepadanya
- ucapan terima kasih kepada bapak/ ibu guru
b.      Isi
- kami ( siswa siswi ) kelas VI merasa lega telah menempuh ujian dengan hasil yang tidak mengecewakan
- terima kasih kepadabap/ ibu guru atas bimbingan selama ini
- mohon doa dan restu agar diterima di sekolah favorit
- pesan kepada adik-adik kelas
- permohonan maaf kepada bapak/ ibu guru atas kekhilafan selama belajar di SD
- akan terus mengenang jasa bapak/ ibu guru
c.       Penutup
- Penutup maat atas kesalahan dalam berpidato
- Salam penutup
     Pertemuan III
a.       Menyusun naskah pidato
b.      Merevisi dan menuliskan kaemali naskah pidato yang telah direvisi

Sambutan Murid Kepada Guru Pada Acara Perpisahan
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
       Bapak-bapak dan ibu-ibu guru yang kami muliakan, izinkanlah saya berdiri sejenak di hadapan bapak-bapak dan ibu-ibu guru yang kami muliakan untuk mewakili rekan-rekan yang telah menamatkan pelajaran di Sekolah Dasar Negeri Sukamaju yang kami cintai ini. Pertama-tama, marilah kita menghaturkan puji syukur ke hadirat Allah SWT. Karena kita semua mendapat berkah dan karunia-Nya sehingga dapat hadir dan berkumpul di aula sekolah ini tanpa halangan yang berarti.
       Bapak-bapak dan ibu-ibu guru yang sangat kami cintai lagi kami muliakan, terlebih dahulu, perkenankanlah atas nama rekan-rekan sekelas menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak-bapak dan ibu-ibu guru yang telah berhasil mendidik dan mengajar kami dengan maksimal, sehingga kami menamatkan pelajaran di sekolah ini.
       Selama 6 kami menuntut ilmu di sekolah yang tercinta ini, maka selam itu pulalah kami telah menjalin ikatan batin yang sangat kuat lagi dalam dengan bapak-bapak/ ibu guru disini. Bagi kami, bapak-bapak dan ibu-ibu guru sebenarnya adalah orang tua kandung kami sendiri yang sangat besar jasanya bagi kami, akan senantiasa kami ingat dan catat dalam hati yang paling dalam karena besarnya bagi kami semua, sehingga apa-apa yang telah bapk dan ibu ajarkan kepada kami, akan senatiasa kami ingat dan catat dalam  hati sanubari kami semua. Segala pesan, petunjuk, petuah dan bimbingan yang selama ini kami dapatkan, insyah Allah akan kami laksanakan dengan sebaik-baiknya.
       Bapak-bapak dan ibu-ibu guru yang sangat kami cintai lagi kami muliakan, tidak lam lagi, kami murid-murid kelas VI akan meninggalkan sekolah ini, yang berarti bapak-bapak dan ibu-ibu guru yang cintai. Sesungguhnya perpisahan ini sangat berat kami rasakan, namun mengingat masa depan kami sambut dengan jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi, maka perpisahan ini kami terima dengan hati yang ikhlas dan penuh sikap tawakal kepada Allah SWT.
       Bapak-bapak dan ibu-ibu guru, di hari-hari mendatang kami tentu kami tidak dapat lagi berdekatan seperti selama enam tahun belakangan ini. Namun demikian jauhnya jarak bukan berarti juga jauhnya ikatan batin kami dengan bapak-bapak/ ibu-ibu guru. Dihati kami, bapak-bapak/ibu-ibu guru masih sangat dekat seperti layaknya kami semua masih di sekolah ini.
       Bapak-bapak dan ibu-ibu guru yang sangat kami cintai kami muliakan, jasa dan pengabdian bapak-bapak dan ibu-ibu guru selama ini dalam mendidik, mengajar, membimbing dan mengasuh kami selama bersekolah di SD Negeri Sukamaju ini, sungguh sangat besar, kami tidak dapat membalas kebaikan dan jasa bapak-bapak dan ibu-ibu guru dengan apapun, selain dengan doa dan permohonan kami, agar kiranya Allah SWT, berkenan memberkahi serta meridhai bapak-bapak dan ibu-ibu guru dengan diberi-NYa keselamatan, kesehatan, dan kesejahteraan serta taufik dan hidayah-Nya. Amin Ya Allah Ya Rafifyal’Alamin.
       Demikian sambutan yang dapat kami sampaikan, tak lupa kami mohon maaf atas kesalahan dan kekhilafan kami selama ini. Kami mohon doa restu pada bapak-bapak dan ibu-ibu demi kelancaran dan kesuksesan kami di jenjang pendidikan selanjutnya.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabaratuh.
Pertemuan IV
-          Membaca naskah pidato yang telah direvisi
VI. Alat dan media pembelajaran
a.       Bahasa Indonesia kelas VI ( BSE )
VII. Metode pembelajaran
a.       Demonstrasi
b.      Tanya jawab
c.       Penugasan
VIII. . Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU/ NILAI
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a. Peserta didik Berdo’a (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)
b. Dua orang peserta didik membaca Al-qur’an (jika masuk jam pertama guru dan siswa )
c. Guru memperhatikan kehadiran siswa ( membangun rasa kepedulian antara pendidik dan peserta didik )
d. Appersepsi:
1. Guru mengajukan pertanyaan
- Masih ingatkah kamu pembelajaran pertemuan kemaren ?
- Sebutkan 3 peristiwa latar belakang pidato ?
- Guru memotivasi peserta didik dengan mengajukan pertanyaan: pembelajaran tentang pidato akan menambah keterampilan peserta didik dalam membaca pidato
2. Kegiatan Inti ( 50 menit )
Eksplorasi
a.       Peserta didik menyebutkan 2 macam pidato
b.      Peserta didik menjelaskan tujuan pidato
c.       Tanya jawab tentang tema pidato

Elaborasi
a.       Peserta didik mengerjakan uji kompetensi PR bahasa Indonesia hal 109
b.      Peserta didik membacakan tema pidato
Konfirmasi
a.       Peserta didik merefleksi hasil kerja
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.       Peserta didik dan pendidik menyimpulkan materi pembelajaran
c.       Penugasan (berlatih di rumah menulis tema dan pokok-pokok pidato)


15 menit











50 menit











10 menit




Pertemuan II
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU/ NILAI
1. Kegiatan Awal (3x 35 menit )
a. Peserta didik Berdo’a (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)
b. Dua orang peserta didik membaca Al-qur’an (jika masuk jam pertama guru dan siswa )
c. Guru memperhatikan kehadiran siswa ( membangun rasa kepedulian antara pendidik dan peserta didik )
d. Appersepsi:
1. Guru mengajukan pertanyaan
- Masih ingatkah kamu pembelajaran pertemuan kemaren ?
- Apakah tema pidato kemaren?
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti ( 45 menit )
Eksplorasi
a.       Peserta didik menyusun kerangka menjadi naskah pidato
b.      Peserta didik merevisi naskah pidato yang telah disusun
c.       Peserta didik memberikan menulis pidato yang telah direvisi
d.      Guru memberikan  refleksi terhadap tugas yang dikerjakan peserta didik
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.       Peserta didik dan pendidik menyimpulkan materi pembelajaran
2x35 menit

Pertemuan III
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU/ NILAI
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a. Peserta didik Berdo’a (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)
b. Dua orang peserta didik membaca Al-qur’an (jika masuk jam pertama guru dan siswa )
c. Guru memperhatikan kehadiran siswa ( membangun rasa kepedulian antara pendidik dan peserta didik )

d. Appersepsi:
1. Guru mengajukan pertanyaan
- Masih ingatkah kamu pembelajaran pertemuan kemaren ?
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti ( 50 menit )
Eksplorasi
a.       Peserta didik menyampaikan pidato dengan sikap dan gaya yang benar
b.      Peserta didik mengucapkan kata-kata dengan lafal dan intonasi yang tepat
c.       Peserta didik mengatur suara sehingga terdengar indah dan berirama
d.      Guru memberikan  refleksi terhadap tugas yang dikerjakan peserta didik
3. Kegiatan Penutup ( 10 menit )
- Peserta didik dan pendidik menyimpulkan materi pembelajaran

9        menit










50 menit

IX. Penilaian
Prosedur
1.      Penilaian selama proses belajar mengajar berlangsung secara individual berupa tugas dan pengamatan
- Menulis dengan serius
- Menulis kerangka dengan benar
- Menyusun pidato dengan baik
- Membaca pidato dengan baik
2.      Penilaian hasil belajar berupa aspek psikomotor bentuk berpidato
  Kumbayau, 16 Februari 2015
           Mengetahui
        Kepala Sekolah                                                                          Guru Kelas


Dra. A F N I                                                                 NUR SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002                                                            NIP. 19890323 201402 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran                  : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester               : VI / II
Alokasi Waktu                 : 5 x  35 menit

I. Standar Kompetensi
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi deng berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi.
II. Kompetensi Dasar
Melaporkan isi buku yang dibaca ( judul, pengarang, jumlah halaman dan isi ) dengan kalimat yang runtut
III. Indikator
       Pertemuan I
a.       Membahas isi buku
b.      Mencatat pokok-pokok dari isi buku
 Pertemuan II
a.       Melaporkan isi buku dengan bahasa yang runtut dan komunikatif
IV. Tujuan pembelajaran
       Pertemuan I
a.  Peserta didik mampu berbicara sebuah buku yang ada di perpustakaan dengan baik
b.  Peserta didik mampu menuliskan data-data buku melalui buku dengan tepat dan
     benar
Pertemuan II
a.       Peserta didik mampu menuliskan pokok-pokok dari isi buku dengan EYD yang benar dan tepat
b.      Peserta didik mampu melaporkan isi buku yang sudah di bacanya dengan bahasa yang runtut dan komunikatif
V. Materi pembelajaran
a.       Peserta didik membaca sebuah buku yang ada di perpustakaan.
b.      Menuliskan data-data buku yang meliputi :
-       Judul                       :
-       Nama pengarang     :
-       Penerbit                  :
-       Tahun terbit                        :
-       Jumlah halaman      :
c.       Menuliskan pokok-pokok yang terdapat dalam isi buku dengan EYD yang benar dan tepat
d.      Melaporkan isi buku telah dituliskan dengan bahasa yang runtut dan komutatif
VI. Alat dan Media Pembelajaran
-          Buku perpustakaan
VII. Metode
-          Penugasan, Tanya jawab, melaporkan isi buku
VIII. Kegiatan Pembelajaran
-          Membaca buku di perpustakaan
-          Menuliskan data-data buku
-          Menuliskan isi pokok-pokok buku
-          Melaporkan isi buku
IX.  Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU/ NILAI
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a. Peserta didik Berdo’a (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)
b. Dua orang peserta didik membaca Al-qur’an (jika masuk jam pertama guru dan siswa )
c. Guru memperhatikan kehadiran siswa ( membangun rasa kepedulian antara pendidik dan peserta didik )
d. Appersepsi:
1. Guru mengajukan pertanyaan
-    Apakah kamu pernah membaca buku di perpustakaan ?
-    Buku apakah kamu yang kamu sukai ?
- Guru memotivasi peserta didik dengan mengajukan pertanyaan: bahwa dengan membaca buku akan menambah wawasan dan pengetahuan kita.
2. Kegiatan Inti ( 30 menit )
Eksplorasi
a.       Peserta didik membaca buku yang ada di perpustakaan
b.      Peserta didik menyebutkan data-data sebuah buku
Elaborasi
a.       Peserta didik menuliskan data-data buku yang telah dibaca
Konfirmasi
a.       Guru merefleksikan hasil kerja peserta didik
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.       Peserta didik dan pendidik menyimpulkan materi pembelajaran
15 menit













30 menit







15  menit




Pertemuan II
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU/ NILAI
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a. Peserta didik Berdo’a (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)
b. Dua orang peserta didik membaca Al-qur’an (jika masuk jam pertama guru dan siswa )
c. Guru memperhatikan kehadiran siswa ( membangun rasa kepedulian antara pendidik dan peserta didik )
d. Appersepsi:
1. Guru mengajukan pertanyaan
-    Masih ingatkah kamu pembelajaran kemaren ?
2. Kegiatan Inti ( 30 menit )
Eksplorasi
a.       Peserta didik menuliskan isi pokok-pokok dari buku yang dibaca sesuai dengan EYD
Elaborasi
a.       Peserta didik melaporkan isi buku yang sudah di tulisnya dengan bahasa yang runtut dan komutatif
Konfirmasi
a.       Peserta didik yang menanggapi hasil laporan temannya

3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.       Peserta didik dan pendidik menyimpulkan materi pembelajaran

15 menit











50 menit






15  menit

X.  Penilaian
Format Penilaian Pembelajaran Laporan Membaca Buku
NO
ASPEK / INDIKATOR
NILAI / SKOR
KETERANGAN
1
2
3
4
5
1.
Kualitas isi





Bobot skor 1-5
1 = Sangat kurang
2 = Kurang
3 = Cukup
4 = Baik
5 = Sangat baik
2.
Penyajian isi





3.
Ejaan dan tanda baca





4.
Kerapian







  Kumbayau, 23 Februari 2015
           Mengetahui
        Kepala Sekolah                                                                          Guru Kelas


Dra. A F N I                                                                 NUR SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002                                                            NIP. 19890323 201402 2 001






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      : VI / II
Alokasi Waktu                        : 5 x  35 menit

I. Standar Kompetensi
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi deng berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi.
II. Kompetensi Dasar
    Membacakan puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat
III. Indikator
     Pertemuan I
a.       Menulis puisi dengan benar
b.      Membacakan puisi dengan intonasi, ekspresi gerak, mimic dan penghayatan yang wajar
Pertemuan II
a.       Mengubah puisi ke dalam bentuk proses cerita sederhana
IV. Tujuan pembelajaran
     a.  Peserta didik mampu menulis puisi dengan benar
b. Peserta didik mampu membacakan puisi dengan intonasi ekspresi gerak, mimic, dan penghanyatan yang wajar dan benar
c. Mengubah puisi kedalam bentuk prosa cerita sederhana tepat
V. Materi pembelajaran
    Pertemuan I
-          Menulis puisi, contoh puisi : “ Petani “
Caping sahabatmu yang setia
Selalu melindunginya
Dari sengatan sang surya
              Cangkul sahabatmu
              Selalu membatumu
              Menghadapi kerasnya tanah
Bibit padi yang telah menanti
Segera ditanami petani
Terima kasih ku ucapkan
Pertemuan II
Puisi adalah membuat puisi menjadi sebuah cerita sederhana.
Contoh : puisi dengan judul “ Petani “
     Caping digunakan sebagai penutup kepala menjadi sahabat setia. Dia selalu melindungi petani dari sengatan matahari selain caping petani juga memiliki cangkul yang menjadi sahabatnya yang selalu membantu dalam menghadapi kerasnya tanah.
     Sesudah mencakul disawah, bibit padi yang telah menanti yang segera untuk ditanami petani dan kuucapan terima kasih.
VI. Alat dan Media Pembelajaran
-          Buku paket berbahasa Indonesia, terbitan erlangga VI B
-          Intisari Bahasa Indonesia SD
VII. Metode
-          Penugasan, Tanya jawab, demontrasi, Latihan
VIII. Kegiatan Pembelajaran
-          Membaca puisi dan memprasekan puisi
Pertemuan I
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU/ NILAI
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a. Peserta didik Berdo’a (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)
b. Dua orang peserta didik membaca Al-qur’an (jika masuk jam pertama guru dan siswa )
c. Guru memperhatikan kehadiran siswa ( membangun rasa kepedulian antara pendidik dan peserta didik )
d. Appersepsi:
1. Guru mengajukan pertanyaan
-    pernahkah kamu membaca sebuah puisi ?
- Guru memotivasi peserta didik dengan mengajukan pertanyaan: bahwa dengan belajar  membuat puisi akan menambah pengetahun terhadap kesusastraan Indonesia
2. Kegiatan Inti ( 30 menit )
Eksplorasi
a.       Guru mencontohkan cara membuat puisi
b.      Peserta didik membuat puisi dengan kata-kata yang benar
c.       Guru mencotohkan dan menjelaskan cara membaca puisi
d.      Tanya jawab
Elaborasi
a.       Peserta didik menuliskan puisi
b.      Peserta didik membaca puisi karyanya ke depan kelas
Konfirmasi
a.       Guru merefleksikan hasil kerja peserta didik
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.       Peserta didik dan pendidik menyimpulkan materi pembelajaran
b.      Penugasan ( berlatih di rumah menulis puisi )

15 menit











30 menit







15  menit

Pertemuan II
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU/ NILAI
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a. Peserta didik Berdo’a (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)
b. Dua orang peserta didik membaca Al-qur’an (jika masuk jam pertama guru dan siswa )
c. Guru memperhatikan kehadiran siswa ( membangun rasa kepedulian antara pendidik dan peserta didik )
d. Appersepsi:
1. Guru mengajukan pertanyaan
-    Masih ingatkah kamu pembelajaran kemaren ?
-    Sebutkan ciri-ciri puisi
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti ( 30 menit )
Eksplorasi
a.       Peserta didik mengubah puisi dalam bentuk cerita
b.      Guru memberikan refleksi terhadap latihan yang dikerjakan
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.       Peserta didik dan pendidik menyimpulkan materi pembelajaran

15 menit










50 menit



15  menit

IX.  Penilaian
      Prosedur
1.      Penilaian selama belajar mengajar berlangsung secara individual :
-   Menulis dengan serius
-   Membaca puisi dengan ekspresi dan intonasi yang tepat
-   Mengubah puisi kedalam bentuk cerita
2.      Penilaian hasil kerja belaar mengajar berupa aspek kognitif menulis cerita.



Format Penilaian Pembelajaran Laporan Membaca Buku
NO
HAL-HAL YANG DIAMATI
SKOR


1.
Keterkaitan isi puisi dengan irama musik lagu
5 irama / musik/ lagu selaras dengan isi puisi
3 irama / musik/lagu kurang selaras dengan isi puisi
1 irama/musik/lagu selaras dengan isi


2.
Intonasi
5 irama, tekanan, dan jeda bervariasi sesuai dengan isi puisi
3 irama, tekanan, jeda


3.
Pehafalan
5 ucapannya jelas
3 ucapan jelas tetapi terjadi kesalahan
1 ucapan tidak jelas


4.
Ucapannya jelas
5 ekspresif
3 ekspresif tapi tidak sesuai dengan puas



  Kumbayau, 2 Maret 2015
           Mengetahui
        Kepala Sekolah                                                                          Guru Kelas


Dra. A F N I                                                                 NUR SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002                                                            NIP. 19890323 201402 2 001



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      : VI / II
Alokasi Waktu                        : 5 x  35 menit

I. Standar Kompetensi
   Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca teks drama
II. Kompetensi Dasar
Membacakan puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat
III. Indikator
     Pertemuan I
a.       Membaca teks secara intensif
b.      Menjawab pertanyaan bacaan
c.       Menemukan makna tersirat dalam teks yang dibaca
d.      Menjelaskan makna tersirat dalam teks yang dibaca
Pertemuan II
a.       Mendiskusikan PR tentang hasil laporan isi buku yang dibaca melalui kegiatan berbicara dalam diskusi kelas
b.      Menanggapai hasil laporan masing-masing kelompok
c.       Membuat kesimpulan hasil diskusi
IV. Tujuan pembelajaran
    Pertemuan I
     a.  Peserta didik mampu membaca teks secara intensif
b. Peserta didik mampu menjawab pertanyaan setelah mambaca teks dengan tepat
c. Menemukan makna tersirat suatu teks bacaan dengan baik
d. Menjelaskan makna tersirat suatu teks melalui bacaan dengan baik
V. Materi pembelajaran
     Pertemuan I
-          Teks bacaan ( dalam buku bahasa Indonesia kelas VI )
-          Menjawab pertanyaan teks yang tersedia dalam buku
-          Menemukan makna tersirat dalam teks yang dibaca
-          Menjelaskan makna tersirat dalam teks yang dibaca
Pertemuan II
a.       Mendiskusikan PR tentang hasil laporan isi buku yang dibaca melalui kegiatan berbicara dalam diskusi kelas
b.      Menanggapi hasil laporan maisng-masing kelompok
c.       Membuat hasil kesimpulan
VI. Alat dan Media Pembelajaran
-          Buku berbahasa Indonesia
-          Buku cerita
-          Chart bacaan
VII. Metode
-          Penugasan, Tanya jawab, dan diskusi
VIII. Kegiatan Pembelajaran
-          Membaca teks
-          Menjawab pertanyaan
-          Menemukan makna tersirat dalam teks
-          Menjelaskan arti makna tersirat dalam teks
-          Diskusi kelompok
-          Menanggapi hasil diskusi
-          Menyimpulkan
IX. Penilaian
a.       Prosedur
1.      Penilaian selama proses belajar mengajar secara individu dan kelompok berupa tugas dan pengamatan
-          Menulis dengan serius
-          Berdiskusi dengan antusias dengan teman sebangku
-          Mengemukakan pendapat dalam diskusi kelas
-          Menghargai pendapat teman
2.      Penilaian hasil belajar berupa aspek kognitif dalam bentuk soal-soal uraian setelah pokok bahasan selesai.
Pertemuan I
Uji kompetensi
1.      Bacalah teks dalam buku bahasa Indonesia
2.      Jawablah pertanyaan soal-soal yang terdapat dalam buku bacaan !
3.      Temukan makna tersirat dalam bacaan tersebut!
4.      Tuliskan arti makna tesirat dalam bacaan tersebut.
Pertemuan II
1.      Carilah salah satu certia daerah sumatera Barat
2.      Bentuk kelompok untukdiskusi
3.      Dua di antara kelompok yang ada melaporkan hasil kerja kelompoknya
4.      Kelompok lain menanggapi hasil kerja kelompoknya
5.      Membuat kesimpulan

Menggunakan format Penilaian
Kunci isi bacaan masing-masing
Format Penilaian Pembelajaran menyimak dialog
NO
HAL-HAL YANG DIAMATI
NILAI / SKOR
KETERANGAN
1
2
3
4
5
1.
Aspek kebahasan
a.      Pemahaman isi
b.     Kelogisan penafsiran
c.      Vokalisasi
d.     Struktur kalimat





Bobot skor 1- 5
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
2.
a. Menghargai
b. Konsentrasi / keunggulan
c. kritis
penaralan






Format penilaian pembelajaran menyimak dialog
Nama siswa     :
Kelas               :
Kegiatan          : Mengomentari

NO
ASPEK / INDIKATOR
NILAI / SKOR
KETERANGAN
1.
Aspek kebahasaan
a.       Lafal
b.      Pemillihan kata dan ungkapan
c.       Struktur kalimat
d.      Nada/irama






Bobot skor 1- 5
1= sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
2.
Aspek dalam kebahasaan
a.       kelancaran
b.      keberanian
c.       penalaran
d.      keterbukaan
e.       penugasan topik







Mari, belajar menemukan makna bacaan
            Pada pembelajaran ini, kamu akan belajar menemukan makna suatu teks. Setelah pembelajaran ini, kamu dapat menemukan perincian fakta dan bacaan dan menentukan dan makan tersirat dalam bacaan berdasarkan perincian fakta.
            Menemukan dan memahami makan bacaan dapat dilakukan dengan membaca intensif. Membaca intensif dilakukan dengan cara membaca keseluruhan bacaan secara sungguh-sungguh. Dari kegiatan membaca intensif kamu akan menemukan makna tersirat suatu bacaan.
            Sebelum menemukan makan tersirat pada bacaan, terlebih dahulu kamu harus menguraikan makan tersuratnya. Carilah perincian fakta dari peristiwa yang diceritakan dalam bacaan. Perincian tersebut  adalah nama peristiwa, dan bagaimana peristiwa tersebut terjadi. Dari perincian fakta yang ditemukan, kamu dapat menemukan makna tersiratnya, yaitu mengapa peristiwa tersebut ada.

Bacalah teks berikut, tandailah perincian fakta yang kau temukan dari bacaan.
Tradisi Panen Madu di Pedalaman Sumatera
     “ Auoooo......! Hai teman- teman, kini Tibro sedang ada di pedalaman hutan di sumatera”. Sttt...meski memanjat-manjat pohon Tibro bukan jadi Tarzan lho. Tibro sedang ikut sebuah tradisi masyarakat pedalaman, yaitu upacara memetik madu lebah di pohon sialang. Ingin tahukan cerita lengkapnya ?”.
Pohon Sialang Pohon Rezeki.
            Masyarakat di pedalaman hutan Sumatera, tepatnya di perbatasan antara Jambi dan Palembang, memelihara pohon sialang. Ini bukan pohon sembarang pohon. Bagi mereka, pohon sialang bisa disebut sebagai pohon rezeki. Maklum, di ujung-ujung dahan pohon ini bergantung sarang-sarang lebah madu. Nah, madu-madu inilah yang menjadi sumber penghasilan mereka untuk menjalani kehidupan.
            Pohon sialang memang salah satu pohon asli yang tumbuh di hutan. Ukurannya sangat tinggi. Rata-rata bisa mencapai 50 meter dari permukaan tanah. Batangnya bisa berdiameter 2 m. Besar sekali, ya! Pohon ini biasanya tidak berdaun. Di sinilah bergantungan sarang tawon atau lebah. Sttt...setiap dahan pohon biasanya ditempati 20 sarang dan pada setiapa pohon dapat ditemukan 100 hingga 200 sarang lebah.
Peran Madu
            Panen madu dilakukan sesuai dengan hukum adat yang berlaku. Biasanya, dilakukan di malam hari saat bulan tidak bersinar.  Hal itu karena apabila ada cahaya dan lebah yang masih begadang beterbangan, proses pengambilan madu akan terganggu. Setiap pemetikan madu di satu pohon biasanya dilakukan oleh lima orang. Satu orang yang disebut juragan tua. Sementara, dua orang lainnya memanjatkan doa dan berjaga-jaga di sekitar pohon.

Obor Kulit Pohon
            Para juragan ini memanjat pohon melalui tangga yang terbuat dari kayu bulat yang disambung-sambung. Sambil memanjat, juragan muda membawa obor dari kulit pohon kepayang.
            Kulit pohon ini sangat mudah memijar, tetapi tidak menimbulkan apai. Setelah memijar, kulit pohon ini akan rontok berjatuhan. Di saat inilah, lebah-lebah akan mengejar rontokan pijar obor yang jatuh seperti kembang api. Tentu saja, para juragan pemanjat pohon ini akan leluasa memetik madu yang ditinggal oleh para penjaganya.

Berdendang Mantra
            Saat memanjat pohon ini, juragan muda juga menumbai. Menumbai adalah mendendangkan pantun-pantun mantra. Tujuan dari menumbai adalah agar para lebah tertidur dan tidak mengganggu pemetik madu etika berada di puncak pohon atau dekat dengan sarnag yang akan dipetik. Isi mantranya ternyata rayuan gombal pada lebah yang sudah tidur. Kika ternyata masih ada beberapa ekor yang menyengat, juragan muda tetap tenang dan tidak marah. Berkali-kali pula ia mendendangkan mantra hingga  selesai pemetikan. Saat turun dari pohon pun, juragan muda tetap mendendangkan lagu. Isinya pamitan dan hiburan kepada lebah agar tidak gundah atau sehih karena madunya diambil. Jadi, seluruh proses memetik madu diiringi dengan dendangan mantra yang merdu. Asyik,kan...?

Pembagian Hasil
            Sesuai hukum adat pula, hasil dari panen madu ini bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat. Hasil madu dibagi sesuai ketentuan yang berlaku. Pekerja pengambil madu akan mendapatkan 20 % dari panen yang dihasilkan. Kepala suku juga mendapat jatah 20 % dan seluruh anggota suku mendapatkan 60%. Hasil madu ini dijual kepada para pedagang antar pulau. Tentu saja setiap setelah panen madu. Kehidupan mereka menjadi lebih makmur, biasanya mereka juga mengadakan beberapa upacara syukuran.
                       
X. Evaluasi
     Dilaksanakan dalam proses belar mengajar
XI. Kegiatan Pembelajaran Pembelajaran
     Pertemuan I

KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU/ NILAI
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a. Peserta didik Berdo’a (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)
b. Dua orang peserta didik membaca Al-qur’an (jika masuk jam pertama guru dan siswa )
c. Guru memperhatikan kehadiran siswa ( membangun rasa kepedulian antara pendidik dan peserta didik )
d. Appersepsi:
1. Guru mengajukan pertanyaan
-    pernahkah kamu membaca sebuah cerita ?
2. Kegiatan Inti ( 50 menit )
Eksplorasi
a.       Peserta didik membaca buku
b.      Peserta didik menjawab pertanyaan dari teks dalam bacaan
c.       Peserta didik mencari makna tersirat dalam bacaan
d.      Peserta didik menjelaskan arti makna tersirat dalam bacaan
Elaborasi
a.       Peserta didik membandingkan dengan teman dari makna tersirat yang ada dalam bacaan
b.      Peserta didik menanggapi masing-masing hasil temuan
c.       Mengambil kesimpulan
d.      Memberi tugas kelompok di rumah
Konfirmasi
a.       Guru merefleksikan hasil kerja peserta didik
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.       Peserta didik dan pendidik menyimpulkan materi pembelajaran
b.      Penugasan ( berlatih di rumah dengan membaca cerita daerah dan menemukan makna tersirat)

10 menit










50 menit












15  menit

Pertemuan II
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU/ NILAI
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a. Peserta didik Berdo’a (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)
b. Dua orang peserta didik membaca Al-qur’an (jika masuk jam pertama guru dan siswa )
c. Guru memperhatikan kehadiran siswa ( membangun rasa kepedulian antara pendidik dan peserta didik )
d. Appersepsi:
1. Guru mengajukan pertanyaan
-    Masih ingatkah kamu membaca sebuah cerita?
2. Kegiatan Inti ( 30 menit )
Eksplorasi
a.       Peserta didik membaca buku
b.      Peserta didik menjawab pertanyaan dari teks dalam bacaan
c.       Peserta didik mencari makna tersirat dalam bacaan
d.      Peserta didik menjelaskan arti makna tersirat dalam bacaan
Elaborasi
a.       Peserta didik membandingkan dengan teman dari makna tersirat yang ada dalam bacaan
b.      Peserta didik menanggapi masing-masing hasil temuan
c.       Mengambil kesimpulan
d.      Memberi tugas kelompok di rumah
Konfirmasi
a.       pendidik merefleksi hasi kerja peserta didik
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.       Peserta didik dan pendidik menyimpulkan materi pembelajaran
b.      Penugasan ( berlatih dirumah dengan membaca cerita daerah dan menemukan makna tersirat )

15 menit











50 menit










15  menit

Pertemuan II
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU/ NILAI
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a. Peserta didik Berdo’a (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)
b. Dua orang peserta didik membaca Al-qur’an (jika masuk jam pertama guru dan siswa )
c. Guru memperhatikan kehadiran siswa ( membangun rasa kepedulian antara pendidik dan peserta didik )
d. Appersepsi:
1. Guru mengajukan pertanyaan
-    Masih ingatkah kamu pelajaran pada pertemuan kemaren ?
- Adakah makna tersirat yang kamu jumpai pada tugas yang bapak/ ibu berikan?
Guru menyampaikan tujuan membaca intensif. Dengan membaca intensif mengasah kepekaan perasaan siswa terhadap isi bacaan atau cerita.
2. Kegiatan Inti ( 50 menit )
Eksplorasi
a.       Peserta didik membentuk kelompok
b.      Dua kelompok melaporkan hasil kerja kelompoknya yang ditugasi pada kegiatan sebelumnya
Elaborasi
a.       Peserta didik menanggapi melaporkan dari kelompok yang menyampaikan hasil temuannya.
b.      Peserta didik kelompok lain membandingkan hasil kerjanya dengan kelompok yang di tampilkan.
c.       Menuliskan kesimpulan
Konfirmasi
a.       Pendidik merefleksi hasi kerja peserta didik
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
b.      Peserta didik dan pendidik menyimpulkan materi pembelajaran
c.       Penugasan ( menyuruh siswa banyak membaca di rumah)

15 menit











50 menit












15  menit

  Kumbayau, 9 Maret 2015
           Mengetahui
        Kepala Sekolah                                                                          Guru Kelas


Dra. A F N I                                                                 NUR SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002                                                            NIP. 19890323 201402 2 001
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      : VI / II
Alokasi Waktu                        : 4 x  35 menit
I. Standar Kompetensi
    Mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah dan surat resmi
II. Kompetensi Dasar
     Menyusun naskah pidato / sambutan ( perpisahan ulang tahun perayaan sekolah dll) dengan bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan.
III. Indikator
     Pertemuan I
a.       Menulis kerangka pidato
b.      Mengembangkan kerangka pidato dalam beberapa kalimat
Pertemuan II
a.       Menulis naskah pidato
b.      Mempraktekan berpidato dengan lafal intonasi dinamika suara dan ekspresi yang tepat
IV. Tujuan pembelajaran
    Pertemuan I
a.       Peserta didik mampu menyebutkan urutan kerangka pidato setelah mendengarkan penjelasan guru
b.      Menuliskan kerangka pidato sesuai dengan urutannya setelah mendengarkan penjelasan guru dengan benar
c.       Mengembangkan kerangka pidato kedalam beberapa kalimat setelah latihan dengan benar
V. Materi pembelajaran
    Naskah Pidato
VI. Alat dan Media Pembelajaran
-          Buku saya senang berbahasa Indonesia, terbitan erlangga
-          BSE ( Buku sekolah elektronik ) kelas VI
-          Contoh naskah pidato
VII. Metode
-          Ceramah, Penugasan, Tanya jawab, latihan, demontrasi
VIII. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan II
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU/ NILAI
1. Kegiatan Awal ( 15 menit )
a. Peserta didik Berdo’a (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)
b. Dua orang peserta didik membaca Al-qur’an (jika masuk jam pertama guru dan siswa )
c. Guru memperhatikan kehadiran siswa ( membangun rasa kepedulian antara pendidik dan peserta didik )
d. Appersepsi:
1. Guru mengajukan pertanyaan
-    Masih ingatkah kamu pelajaran pada pertemuan kemaren ?
-    Sebutkan urutan kerangka karangan yang benar.
Guru memberikan motivasi kepada peserta didik dalam membacakan pidato harus dengan jelas dan mudah dimengerti oleh orang yang mendengarkan.

2. Kegiatan Inti ( 50 menit )
Eksplorasi
a.       Peserta didik menyusun naskah pidato
b.      Peserta didik menentukan langkah membaca pidato yang benar
c.       Peserta didik mengamati contoh naskah pidato yang benar.
Elaborasi
a.       Peserta didik membacakan naskah pidato
b.      Peserta didik memberikan tanggapan tentang pidato yang dibacakan temannya
Konfirmasi
a.       Pendidik merefleksi hasi kerja peserta didik
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.       Peserta didik dan pendidik menyimpulkan materi pembelajaran
b.      Penugasan (berlatih membaca pidato)

15 menit












45 menit










15  menit

VIII. Kegiatan Pembelajaran
1.      Mendengarkan penjelasan tentang urutan kerangka pidato
2.      Mengembangkan kerangka pidato
3.      Menuliskan kerangka pidato
4.      Menyusun naskah membaca pidato
5.      Membacakan naskah pidato

IX. Penilaian
Prosedur
-          Penilaian selama proses belajar mengajar berlangsung secara individual dan kelompok berupa tugas dan pengamatan
-          Penilaian hasil belajar berupa aspek kognitif dalam bentuk soal uraian
Pertemuan I
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat !
1.      Sebelum kita membuat naskah pidato, hendaknya terlebih dahulu harus membuat.......
2.      Urutan kerangka pidato ada 3, tuliskanlah !
3.      Tuliskan salah satu contoh kalimat pembuka dalam pidato
4.      Tuliskan salah satu contoh kalimat penutup dalam pidato !
5.      Tuliskanlah langkah-langkah membacakan pidato dengan benar.
Pertemuan II
Format Penilaian Pidato
Nama               :
Judul Pidato    :
NO
ASPEK
BOBOT
1
Penampilan
10
2
Cara berpidato / teknik
30
3
Penguasaan materi
30
4
Artikulasi
10
5
Kemampuan / skill
20

Kunci Jawaban :
1.      Kerangka karangan
2.      Pembukaan, isi, penutup
3.      Assalamualaikum
Bapak kepala sekolah yang saya hormati
Bapak ibu guru yang saya hormati
4.      Demikianlah pidato saya, jika ada kekurangan, saya mohon maaf.
5.      Memahami isi pidato
Membaca dengan intonasi yang jelas dan suara yang lantang
Mambaca dengan jelas sehingga dapat membuat pendengar mengerti

  Kumbayau, 16 Maret 2015
           Mengetahui
        Kepala Sekolah                                                                          Guru Kelas


Dra. A F N I                                                                 NUR SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002                                                            NIP. 19890323 201402 2 001



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      : VI / II
Alokasi Waktu                        : 5 x  35 menit

I. Standar Kompetensi
Memahami wacana lisan tentang berita atau drama pendek
II. Kompetensi Dasar
Menyimpulkan isi berita yang didengar dari telivisi atau radio
III. Indikator
a.       Menuliskan pokok-pokok isi berita kedalam beberapa kalimat
b.      Menjawab pertanyaan yang diajukan mengenai isi berita
c.       Menanggapi isi berita yang didengar
d.      Menyimpulkan isi berita yang didengar
IV. Tujuan pembelajaran
a.       Peserta didik mampu menuliskan pokok-pokok isi berita kedalam beberapa kalimat dari radio yang di dengar dengan benar
b.      Peserta didik mampu menjawab pertanyaan yang diajukan mengenai isi berita yang didengar dari radio dengan tepat
c.       Menanggapi isi berita yang didengar dari radio dengan benar
d.      Menyimpulkan isi berita yang didengar dari radio dengan benar
V. Materi pembelajaran
      Fakta : Pemerintah provinsi DKI jakarta menggarap jalur transportasi air ( wacana terlampir )
VI. Alat dan Media Pembelajaran
-          KTSP, buku sumber, Radio
VII. Metode
-          Inkuiri, Penugasan, Tanya jawab, Problem Solving
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU/ NILAI
1. Kegiatan Awal ( 15 menit )
a. Peserta didik Berdo’a (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)
b. Dua orang peserta didik membaca Al-qur’an (jika masuk jam pertama guru dan siswa )
c. Guru memperhatikan kehadiran siswa ( membangun rasa kepedulian antara pendidik dan peserta didik )
d. Appersepsi:
1. Guru mengajukan pertanyaan
-  Berita apakah yang pernah kamu dengar dari Radio / TV?
-  Apakah contoh berita yang kamu dengar ?
  -  Guru memberikan motivasi kepada peserta didik dengan mencontohkan sebuah berita
            - Guru Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
2. Kegiatan Inti ( 50 menit )
Eksplorasi
a.       Peserta didik mendengarkan berita dari radio yang diputar di depan kelas
b.      Peserta didik menyebutkan inti berita yang didengarnya
Elaborasi
a.       Peserta didik Menuliskan pokok-pokok berita
b.      Peserta didik menjawab pertanyaan tentang isi berita
c.       Peserta didik menanggapi isi berita
d.      Peserta didik menyimpulkan isi berita
Konfirmasi
a.       Pendidik merefleksi hasi kerja peserta didik
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.       Peserta didik dan pendidik menyimpulkan materi pembelajaran


15 menit













45 menit








15  menit

VIII. Sumber Belajar
-          Buku Bahasa Indonesia BSE kelas VI hal 88
XII. Penilaian
       Prosedur
-          Penilaian selama proses belajar mengajar berlangsung secara individual dan kelompok berupa tugas dan pengamatan:
a.       Mendengarkan dengan serius
b.      Menulis dengan serius
c.       Menjawab pertanyaan dengar benar
d.      Menanggapi isi berita dengan benar
-          Penilaian hasil belajar berupa aspek kognitif dalam bentuk soal uraian
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat !
1.      Apakah judul berita yang kamu dengar ?
2.      Dimana jalur transportasi air di DKI  akan dibuka?
3.      Apa guna jalur trasportasi air dibuka d DKI ?
4.      Jalur apa yang digunakan untuk rute awal ?
5.      Tuliskanlah kesimpulan isi berita yang kamu dengar
Kunci Jawaban :
1.      Judul berita yang didengar adalah Pemprov DKI Jakara menggarap jalur transportasi air
2.      Jalur transportasi air di DKI akan dibuka dikawasan kali ciliwung dan banjir kanal barat
3.      Jalur transportasi air dibuka di DKI jakarta adalah untuk menghindari kemacetan arus lalu lintas darat yang kerap terjadi di jakarta
4.      Jalur yang digunakan pada rute awal adalah jalur kebon kacang hingga pasar manggarai
5.      Kesimpulan berita yang didengar adalah Pemprov DKI Jakarta akan membuka jalur transportasi air di kawasan kali ciliwung dan banjir kanal barat . jalur transportasi air merupakan salah satu upaya untuk menghindari kemacetan arus lalu lintas darat. Untuk rute awal, jalur yang dilalui adalah Kebun Kacang hingga Pasar Manggarai, di rencanakan seluruh perangkat penunjang transportasi air selesai dibangun pada bulan Juli 2007.


  Kumbayau, 23 Maret 2015
           Mengetahui
        Kepala Sekolah                                                                          Guru Kelas


Dra. A F N I                                                                 NUR SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002                                                            NIP. 19890323 201402 2 001


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      : VI / II
Alokasi Waktu                        : 5 x  35 menit

I. Standar Kompetensi
Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas 
II. Kompetensi Dasar
     Menyimpulkan isi berita yang didengar dari telivisi atau radio
III. Indikator
a.       Menuliskan pokok-pokok isi berita kedalam beberapa kalimat
b.      Menjawab pertanyaan yang diajukan mengenai isi berita
c.       Menanggapi isi berita yang didengar
d.      Menyimpulkan isi berita yang didengar
IV. Tujuan pembelajaran
a.       Peserta didik mampu menuliskan pokok-pokok isi berita kedalam beberapa kalimat dari radio yang di dengar dengan benar
b.      Peserta didik mampu menjawab pertanyaan yang diajukan mengenai isi berita yang didengar dari radio dengan tepat
c.       Menanggapi isi berita yang didengar dari radio dengan benar
d.      Menyimpulkan isi berita yang didengar dari radio dengan benar
V. Materi pembelajaran
     Fakta : Pemerintah provinsi DKI jakarta menggarap jalur transportasi air ( wacana  terlampir )
VI. Alat dan Media Pembelajaran
-          KTSP, buku sumber, Radio
VII. Metode
-          Inkuiri, Penugasan, Tanya jawab
VIII. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN PEMBELAJARAN
WAKTU/ NILAI
1. Kegiatan Awal ( 15 menit )
a. Peserta didik Berdo’a (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)
b. Dua orang peserta didik membaca Al-qur’an (jika masuk jam pertama guru dan siswa )
c. Guru memperhatikan kehadiran siswa ( membangun rasa kepedulian antara pendidik dan peserta didik )
d. Appersepsi:
1. Guru mengajukan pertanyaan
-       Berita apakah yang pernah kamu dengar dari Radio / TV?
-       Apakah contoh berita yang kamu dengar ?
-  Guru memberikan motivasi kepada peserta didik dengan   mencontohkan sebuah berita
-       Guru Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
2. Kegiatan Inti ( 50 menit )
Eksplorasi
a.      Peserta didik mendengarkan berita dari radio yang diputar di depan kelas
b.      Peserta didik menyebutkan inti berita yang didengarnya
Elaborasi
1.      Peserta didik Menuliskan pokok-pokok berita
2.      Peserta didik menjawab pertanyaan tentang isi berita
3.      Peserta didik menanggapi isi berita
4.      Peserta didik menyimpulkan isi berita
Konfirmasi
a.       Pendidik merefleksi hasi kerja peserta didik
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.       Peserta didik dan pendidik menyimpulkan materi pembelajaran


15 menit












45 menit









15  menit

IX. Penilaian
Prosedur
-          Penilaian selama proses belajar mengajar berlangsung secara individual dan kelompok berupa tugas dan pengamatan:
a.       Mendengarkan dengan serius
b.      Menulis dengan serius
c.       Menjawab pertanyaan dengar benar
d.      Menanggapi isi berita dengan benar
-          Penilaian hasil belajar berupa aspek kognitif dalam bentuk soal uraian
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat !
1.      Apakah judul berita yang kamu dengar ?
2.      Dimana jalur transportasi air di DKI  akan dibuka?
3.      Apa guna jalur trasportasi air dibuka d DKI ?
4.      Jalur apa yang digunakan untuk rute awal ?
5.      Tuliskanlah kesimpulan isi berita yang kamu dengar

Kunci Jawaban :
1.      Judul berita yang didengar adalah Pemprov DKI Jakara menggarap jalur transportasi air
2.      Jalur transportasi air di DKI akan dibuka dikawasan kali ciliwung dan banjir kanal barat
3.      Jalur transportasi air dibuka di DKI jakarta adalah untuk menghindari kemacetan arus lalu lintas darat yang kerap terjadi di jakarta
4.      Jalur yang digunakan pada rute awal adalah jalur kebon kacang hingga pasar manggarai
5.      Kesimpulan berita yang didengar adalah Pemprov DKI Jakarta akan membuka jalur transportasi air di kawasan kali ciliwung dan banjir kanal barat . jalur transportasi air merupakan salah satu upaya untuk menghindari kemacetan arus lalu lintas darat. Untuk rute awal, jalur yang dilalui adalah Kebun Kacang hingga Pasar Manggarai, di rencanakan seluruh perangkat penunjang transportasi air selesai dibangun pada bulan juli 2007.


  Kumbayau, 6 April 2015
           Mengetahui
        Kepala Sekolah                                                                          Guru Kelas


Dra. A F N I                                                                 NUR SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002                                                            NIP. 19890323 201402 2 001










Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal Bahasa Indonesia kelas VI : Ungkapan dan peribahasa

RPP MTK Kelas VI

RPP IPS kelas VI