RPP BiNa kls VI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas
: VI
/ II
I. Standar Kompetensi
7. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca
teks drama
II. Kompetensi Dasar
7.2 Mengidentifikasi
berbagai unsur ( tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita dan amanat ) dari teks
anak
III. Indikator
Pertemuan
I
a.
Mengidentifikasi unsur-unsur dari teks
drama ( kreatif )
b.
Menjelaskan unsur-unsur tokoh, sifat,
latar, tema, jalan cerita dan amanat dari teks drama secara tertulis ( rasa
ingin tahu )
Pertemuan II
a.
Menghafalkan teks drama ( kreatif )
b.
Bermain peran berdasarkan teks drama
dengan penghayatan dan ekspresi yang sesuai dengan karakter tokoh ( kreatif )
IV.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I
a.
Siswa mampu mengidentifikasi 6 buah
unsur dari teks drama, setelah membaca naskah teks (kreatif)
b.
Siswa mampu menjelaskan unsur tokoh dari
teks drama dengan benar setalah melakukan diskusi kelompok (mandiri)
c.
Siswa mampu menjelaskan unsur sifat dari
teks drama dengan benar setelah melakukan diskusi kelompok (menghargai
prestasi)
d.
Siswa mampu menjelaskan latar belakang
teks drama dengan benar setelah diskusi kelompok (komunikatif)
e.
Siswa mampu menjelaskan unsur tema dari
teks drama dengan benar setalah kerja kelompok (jujur)
f.
Siswa mampu menjelaskan jalan cerita
dari teks drama tersebut setelah diskusi kelompok (kreatif)
g.
Siswa mampu menjelaskan unsur amanat
dari teks drama dengan benar setelah diskusi kelompok (demokratis)
Pertemuan II
a.
Siswa mampu menghafalkan teks drama dengan
benar setalah membaca buku (kreatif)
b.
Siswa mampu bermain peran setela membaca
teks dengan penghayatan dan ekspresi yang sesuai dengan karakter dan tokoh
jalan cerita (kerja keras)
V.
Materi pembelajaran
Teks drama
VI.
Alat dan media pembelajaran
a. Teks
drama beserta propertinya
b. Buku
erlangga
c. Bina
bahasa indonesia
VII.
Metode pembelajaran
a. Tanya
jawab
b. Latihan
c. Penugasan
d. Demonstrasi
(main peran)
VIII.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
I
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
WAKTU/
NILAI
|
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
- Berdo’a
-
Membaca ayat pendek
-
Guru mengabsen siswa
-
Menyanyikan salah satu lagu kebangsaan
- Apersepsi
a.
Tentang sebuah drama dengan
mengajukan pertanyaan sebagai berikut:
-
Pernahkah kamu membaca teks drama?
-
Pernahkah kamu menyaksikan orang main drama?
Motivasi Guru : dengan belajar drama,
akan menambah wawasan akan kesusastraan Indonesia
2. Kegiatan Inti ( 45 menit )
Eksplorasi
a.
Peserta didik membaca teks drama
yang diberikan guru
b.
Siswa menjelaskan unsur tokoh,
sifat latar, tema, jalan cerita dan amanat dari teks drama yang diberikan
guru melalui kegiatan Tanya jawab dan latihan.
Elaborasi
a.
Siswa berdiskusi dalam kelompok
untuk menjelaskan unsur-unsur dari teks drama
b.
Siswa membacakan hasil diskusi
masing-masing kelompok di depan kelas
c.
Siswa lain menanggapi hasil
diskusi yang dibackan temannya
Konfirmasi
-
Peserta didik dan guru menyimpulkan materi pembelajaran
-
Peserta didik menghafalkan teks drama
- Peserta didik bermain peran, berdasarkan teks
drama dengan penghayatan dan ekspresi
yang sesuai dengan karakter tokoh dalam teks
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.
Peserta didik dan guru
menyimpulkan materi pembelajaran
b.
Peserta didik di beri tugas untuk
mengidentifikasi drama lain.
-
Membuat 5 kalimat kritikan dan 5 kalimat pujian
|
Relegius
Relegius
tanya jawab
Peduli sosial
Kreatif
Kreatif
Demokratis
kreatif
cinta damai
Peduli social
kreatif
kreatif
peduli social
kreatif, mandiri
|
Pertemuan
II
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
WAKTU/
NILAI
|
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
- Berdo’a
-
Membaca ayat pendek
-
Guru mengabsen siswa
Apersepsi ( 10 menit
)
1.
Guru mengajukan pertanyaan a:b
a.
Masih ingatkah kamu dengan pelajaran kemaren?
b.
apakah sudah hafal teks drama kemaren ?
c.
Pendidik memotivasi siswa dengan menyampaikan bahwa bermain peran dapat
mengasah imajinasi kita terhadap sebuah permasalahan
2. Kegiatan Inti ( 45 menit )
Eksplorasi
a.
Peserta didik membaca teks drama
sambil menghafal
Elaborasi
a.
Pendidik menjelaskan kriteria
penilaian bermain peran
b.
Peserta didik secara berkelompok
memerankan teks drama didepan kelas
c.
Peserta didik yang lain
menanggapi penampilan temannya
Konfirmasi
a.
Pendidik memeberikan tanggapan terhadap penampilan masing-masing
peserta didik
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.
Peserta didik dan guru menyimpulkan
materi pembelajaran
|
Relegius
Relegius
tanya jawab
Kreatif
Tanya jawab
kreatif
cinta damai
|
IX.
Penilaian
a.
Penilaian selama proses belajar mengajar
berlangsung secara individual dan kelompok berupa tugas dan pengamatan :
1.
Membaca dengan serius
2.
Berdiskusi dengan antusias dengan
kelompok
3.
Mengemukakan pendapat
4.
Menghargai pendapat teman
b.
Penilaian hasil belajar berupa aspek
kognitif dalam bentuk soal uraian
1.
Tulis 6 unsur dari teks drama ?
2.
Tuliskan sifat dari tokoh ?
3.
Dimana latar cerita ini terjadi ?
4.
Apa yang disebut dengan tema ?
5.
Rangkaian peristiwa yang terjadi dalam
cerita disebut juga dengan apa ?
6.
Apa contoh amanat ?
Pertemuan
ke II
Penilaian
produk
NO
|
ASPEK
|
INDIKATOR
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Intonasi
|
Apakah tinggi
rendahnya nada keras, lemahnya suara, cepat lambatnya. Percakapan harus
sesuai dengan isi dan suasana yang digambarkan dalam percakapan?
|
|
|
2
|
Lafal
|
Apakah setiap kata
harus di ucapkan dengan jelas dan tepat ?
|
|
|
3
|
Kelancaran
|
Apakah percakapan
antar pelaku harus dilakukan secara lancar ?
|
|
|
4
|
Gerak, ekspresi,
mimik penampilan
|
Apakah gerak,
ekspresi, mimik dan penampilan mendukung pesan dari percakapan yang di
bacakan ?
|
|
|
5
|
Emosi
|
Apakah emosi yang di
ekspresikan sesuai dengan suasana yang di gambarkan dalam percakapan ?
|
|
|
Kumbayau, 5 Januari 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Dra. A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002 NIP.
19890323 201402 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas
: VI / II
Alokasi Waktu : 5
x 35 menit
I. Standar Kompetensi
8.
Mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah pidato
dan surat resmi
II.
Kompetensi Dasar
8.1 Menyusun
naskah pidato / sambutan perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah dan
lain-lain dengan bahasa yang baik dan benar, serta memperhatikan penggunaan
ejaan.
III. Indikator
a.
Membuat kerangka pidato ( kreatif )
b.
Mengembangkan kerangka pidato ke dalam
beberapa kalimat ( kerja keras )
c.
Menyusun naskah pidato ( kreatif )
d.
Membacakan teks pidato dengan lafal
intonasi, dinamika secara dalam ekspresi yang tepat (kreatif)
IV.
Tujuan pembelajaran
a.
Siswa mampu menyusun naskah kata
sambutan perpisahan, ulang tahun dan perayaan sekolah (kreatif )
b.
Siswa mampu membacakan teks sambutan
perpisahan, ulang tahun dan perayaan sekolah dengan intonasi, dinamika yang
tepat (kreatif )
V.
Materi Pembelajaran
- Menyusun naskah sambutan / pidato
VI.
Alat dan Media Pembelajaran
a.
Naskah pidato perpisahan
b.
Buku erlangga
c.
Bina bahasa Indonesia Standar isi 2006
VII.
Metode pembelajaran
a.
Ceramah
b.
Latihan
c.
Penugasan
d.
Demonstrasi
VIII. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
I
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
WAKTU/
NILAI
|
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a.
Berdo’a
b.
Membaca ayat pendek
c.
Guru mengabsen siswa
d.
Menyanyikan salah satu lagu kebangsaan
e.
siswa membacakan teks sambutan dimuka kelas
2. Kegiatan Inti ( 45 menit )
Eksplorasi
a.
Peserta didik mengumpulkan
pokok-poko pikiran yang akan disampaikan dalam pidato melalui kegiatan
latihan
b.
Peserta didik menuliskan
poko-pokok pikiran isi naskah sambutan/pidato melalui kegiatan latihan atau
penugasan.
Elaborasi
a.
Peserta didik menyusun naskah
sambutan atau pidato melalui kegiatan latihan atau penugasan
Konfirmasi
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.
Peserta didik dan guru
menyimpulkan materi pembelajaran
b.
Peserta didik di beri tugas untuk
menyusun naskah pidato dengan naskah yang berbeda
|
Relegius
Relegius
tanya jawab
Peduli sosial
kreatif
kreatif
kreatif
mandiri
komunikatif
mandiri
|
IX. Penilaian
Penilaian selama
proses belajar mengajar berlangsung secara individual dan kelompok berupa tugas
dan pengamatan :
a.
Menulis pokok-pokok pikiran yang akan
disampaikan dalam pidato
b.
Membacakan naskah sambutan/pidato
c.
Mengemukakan pendapat
d.
Menghargai pendapat teman
Pertemuan
ke II
Penilaian
produk
NO
|
ASPEK
|
INDIKATOR
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Intonasi
|
Apakah tinggi
rendahnya nada keras, lemahnya suara, cepat lambatnya Percakapan harus sesuai
dengan naskah
|
|
|
2
|
Lafal
|
Apakah kata-kata yagn
ditulis dalam naskah harus sesuai dengan ejaan
|
|
|
3
|
Gerak, ekspresi,
mimik penampilan
|
Apakah gerak,
ekspresi, mimik dan penampilan mendukung pesan isi naskah yang dibacakan
|
|
|
4
|
Emosi
|
Apakah emosi yang di
ekspresikan sesuai dengan suasana yang di gambarkan dalam teks naskah pidato
|
|
|
Kumbayau, 12 Januari 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Dra. A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002 NIP.
19890323 201402 2 001
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas
: VI / II
Alokasi Waktu : 5 x 35 menit
I. Standar Kompetensi
8. Mengungkapkan
pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah pidato dan surat
resmi
II. Kompetensi Dasar
8.2 Menulis
surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju
III. Indikator
a.
Membedakan ciri-ciri surat resmi dengan
surat pribadi ( jujur )
b.
Membedakan bahasa surat resmi dengan
surat pribadi (disiplin)
c.
Menuliskan surat resmi sesuai dengan konteks
( kreatif )
IV.
Tujuan pembelajaran
a.
Siswa dapat membedakan ciri-ciri surat
resmi dengan surat pribadi ( jujur )
b.
Siswa dapat mempergunakan bahasa yang
tepat untuk surat resmi ( disiplin )
V.
Materi pembelajaran
- Surat resmi
VI.
Alat dan media pembelajaran
a.
Format surat resmi
b.
Contoh surat resmi, surat kuasa,
keputusan, undangan dan surat tugas
Sumber
a.
Buku erlangga
b.
Bina bahasa Indonesia Standar isi 2006
VII.
Metode pembelajaran
a.
Latihan
b.
Diskusi
c.
Penugasan
VIII.
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
WAKTU/
NILAI
|
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a.
Berdo’a
b.
Membaca ayat pendek
c.
Guru mengabsen siswa
d.
Memotivasi siswa belajar membuat
surat
e.
Guru dan siswa bersama
menyanyikan lagu “ tukang pos “
2. Kegiatan Inti ( 45 menit )
Eksplorasi
a.
Peserta didik menuliskan 4 hal yang harus tercantum pada
surat resmi, seperti :
-
Tempat dan tanggal
-
Penulisan surat
-
Alamat yang jelas
-
Isi surat
-
Nama penulis surat
Elaborasi
a.
Peserta didik memberi format
surat resmi berupa pengumuman.
Konfirmasi
-
Peserta didik membuat surat resmi
berupa surat pengumuman melalui kegiatan latihan
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.
Siswa dan guru mengadakan
refleksi tentang penulisan surat resmi dan surat pribadi.
b.
Siswa diberi tugas membuat surat
resmi.
|
|
IX. Penilaian
Essay!
1.
Jelaskan perbedaan surat resmi dengan
surat pribadi
2.
Tulis 4 komponen yang ada untuk membuat
surat resmi
3.
Sebutkan 4 contoh surat resmi
4.
Masalah apa saja yang bisa di buat dalam
surat resmi.
Kunci Jawaban :
1. surat resmi
a. Memiliki
format terkait
b. Penggunaan
kalimat ( pengantar, penutup, ucapan terima kasih, permintaan maaf, pemohon )
c. Menggunakan
bahasa resmi
d. Terdapat
nomor surat
Jawaban surat pribadi :
sifatnya pribadi
2. 4 komponen membuat
surat resmi
a. nama dan tempat dan tanggal penulisan surat
b. alamat yang jelas
c. isi surat
d. nama penulis surat
3. 4 contoh surat resmi
:
a. surat edaran, keputusan, tugas, nota dinas pengumuman
4. Masalah damai
Kumbayau, 19 Januari 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Dra. A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002 NIP.
19890323 201402 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas
: VI / II
Alokasi Waktu : 5
X 35 Menit
I. Standar Kompetensi
Mengungkapkan pikiran dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah
pidato dan surat resmi
II. Kompetensi Dasar
Menulis surat resmi
dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju
III. Indikator
a.
Membedakan ciri-ciri surat resmi dengan
surat pribadi ( jujur )
b.
Membedakan bahasa surat resmi dengan
surat pribadi (disiplin)
c.
Menuliskan surat resmi sesuai dengan
konteks ( kreatif )
IV.
Tujuan pembelajaran
a.
Siswa dapat membedakan ciri-ciri surat
resmi dengan surat pribadi ( jujur )
b. Siswa
dapat mempergunakan bahasa yang tepat untuk surat resmi ( disiplin )
V.
Materi pembelajaran
- Surat resmi
VI.
Alat dan media pembelajaran
a.
Format surat resmi
b.
Contoh surat resmi, surat kuasa,
keputusan, undangan dan surat tugas
Sumber
a.
Buku erlangga
b.
Bina bahasa Indonesia Standar isi 2006
VII.
Metode pembelajaran
a.
Latihan
b.
Diskusi
c.
Penugasan
VIII.
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
WAKTU/
NILAI
|
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a.
Berdo’a
b.
Membaca ayat pendek
c.
Guru mengabsen siswa
d.
Memotivasi siswa belajar membuat
surat
e.
Guru dan siswa bersama
menyanyikan lagu “ tukang pos “
2. Kegiatan Inti ( 45 menit )
Eksplorasi
b.
Peserta didik menuliskan 4 hal yang harus tercantum pada
surat resmi, seperti :
-
Tempat dan tanggal
-
Penulisan surat
-
Alamat yang jelas
-
Isi surat
-
Nama penulis surat
Elaborasi
a.
Peserta didik memberi format
surat resmi berupa pengumuman.
Konfirmasi
-
Peserta didik membuat surat resmi
berupa surat pengumuman melalui kegiatan latihan
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.
Siswa dan guru mengadakan
refleksi tentang penulisan surat resmi dan surat pribadi.
b.
Siswa diberi tugas membuat surat
resmi.
|
|
IX. Penilaian
Essay!
1.
Jelaskan perbedaan surat resmi dengan
surat pribadi
2.
Tulis 4 komponen yang ada untuk membuat surat
resmi
3.
Sebutkan 4 contoh surat resmi
4.
Masalah apa saja yang bisa di buat dalam
surat resmi.
Kunci
Jawaban :
1. surat resmi
1.
Memiliki format terkait
2.
Penggunaan kalimat ( pengantar, penutup,
ucapan terima kasih, permintaan maaf, pemohon )
3.
Menggunakan bahasa resmi
4.
Terdapat nomor surat
Jawaban surat pribadi :
sifatnya pribadi
2. 4 komponen membuat
surat resmi
a. nama dan tempat dan tanggal penulisan surat
b. alamat yang jelas
c. isi surat
d. nama penulis surat
3. 4 contoh surat resmi
:
a. surat edaran, keputusan, tugas, nota dinas pengumuman
4. Masalah damai
Kumbayau, 26 Januari 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Dra. A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002 NIP.
19890323 201402 2 001
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas
: VI /
II
Alokasi Waktu : 5
x 35 menit
I. Standar Kompetensi
Memahami wacana lisan tentang berita atau drama
pendek
II. Kompetensi Dasar
Menyimpulkan isi berita
yang didengar dari televisi
atau radio
III. Indikator
a.
Menuliskan pokok-pokok isi berita
kedalam beberapa kalimat
b.
Menjawab pertanyaan yang diajukan
mengenai isi berita
c.
Menanggapi isi berita yang didengar
d.
Menyimpulkan isi berita yang didengar
IV.
Tujuan pembelajaran
a.
Peserta didik mampu menuliskan
pokok-pokok isi berita kedalam beberapa dari radio yang didengar dengan benar.
b.
Peserta didik menjawab pertanyaan yang
diajukan mengenai isi berita yang didengar dari radio dengan tepat
c.
Menanggapi isi berita yang didenar dari
radio dengan benar
d.
Menyimpulkan isi berita yang didengar
dari radio dengan benar
V.
Materi pembelajaran
- Fakta : Pemerintah provinsi DKI Jakarta
menggarap jalur transportasi air ( wacana terlampir)
VI.
Alat dan media pembelajaran
a.
KTSP, buku sumber, radio
Sumber :
a.
Buku bahasa Indonesia BSE kelas 6 hal 88
VII.
Metode pembelajaran
a.
Inkuiri
b.
Tanya jawab
c.
Penugasan
VIII.
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
WAKTU/
NILAI
|
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a.
Peserta didik Berdo’a
b.
Guru mengabsen siswa
c.
Appersepsi:
1.
Berita apakah yang pernah kamu
dengar dari radio/TV
2.
Apa contoh berita yang kamu
dengar
d.
Guru memotivasi siswa dengan
mencontohkan sebuah berita
e.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran hari ini
2. Kegiatan Inti ( 45 menit )
Eksplorasi
a.
Peserta didik mendengar berita dari radio yang diputar
didepan kelas
b.
Peserta didik meneyebutkan inti
berita yang didengarnya
Elaborasi
a.
Peserta didik menuliskan
pokok-poko berita
b.
Peserta didik menjawab pertanyaan
tentang isi berita
c.
Peserta didik menanggapi isi
berita
d.
Peserta didik menyimpulkan isi
berita
Konfirmasi
a.
Peserta didik merefleksiksn hasil
kerjanya
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.
Siswa dan guru mengadakan
refleksi tentang penulisan surat resmi dan surat pribadi.
b.
penugasan
|
|
IX.
Penilaian
Prosedur
1.
penilaian selama proses belajar mengajar
berlangsung secara individual berupa tugas dan pengamatan
a.
mendengarkan dengan serius
b.
menulis dengan serius
c.
menjawab pertanyaan dengan benar
d.
menanggapi isi berita dengan benar
2.
penilaian hasil belajar berupa aspek
kognitif dalam bentuk soal-soal uraian setelah pembelajaran selesai
3.
soal :
a.
apa judul berita yang kamu dengar
b.
dimana jalur transportasi air di buka di
DKI
c.
apa guna jalur transportasi air di buka
di DKI
d.
jalur apa yang digunakan untuk rute awal
e.
tuliskanlah kesimpulan isi berita yang
kamu dengar
kunci jawaban
a.
judul berita yang di dengar adalah
pemprov DKI Jakarta menggarap jalur transporasi air
b.
jalur transportasi air di DKI akan di
buka di kawasan Kali Ciliwung dan banjir Kanal Barat
c.
jalur transportasi air di buka di DKI
Jakarta adalah untuk menghindari kemacetan harus lalu lintas darat yang kerap
terjadi di Jakarta
d.
jalur yang digunakan pada rute awal
adalah jalur Kebon Kacang hingga Pasar Manggarai
e.
kesimpulan berita yang didengar adalah
Pemrov DKI Jakarta akan membuka jalur transportasi air dikawasan Kali Ciliwung
dan banjir Kanal Barat. Jalur transportasi air merupakan salah stu upaya untuk
menghindari kemacetan arus lalu lintas darat. Untuk rute awal, jalur yang dilalui
adalah kebun kacang hingga pasr manggarai. Direncanakan seluruh perangkat
penunjang transportasi air selesai dibangun pada bulan Juli 2007
FORMAT
PENILAIAN MEMBACAKAN BERITA
Nama siswa :
Kelas :
IV
Kegiatan :
Hari/Tgl :
NO
|
ASPEK/INDIKATOR
|
NILAI
|
KETERANGAN
|
1.
2.
3.
|
Ketepatan isi ( nilai
maksimal 45 )
Struktur ( nilai
maksimal 40 )
Koherensi (nilai
maksimal 15 )
|
|
|
MATERI
POKOK
PEMPROV
DKI JAKARTA MENGGARAP JALUR TRANSPORTASI AIR
Metro Tv news.com ; Jakarta : pemerintah Provinsi DKI
Jakarta akan membuka jalur transporasi air yang berada dikawasan Kali ciliwung
dan banjir kanal barat.saat ini tengah dipersiapkan beberapa perangkat
pendukungnya seperti Halte.
Untuk rute awal, yang akan digunakan adalah jalur Kebon
Kacang hingga Pasar Manggarai dengan tiga Halte atau dermaga penumpang. Halte
atau dermaga penumpang itu saat ini tengah dibangun.
Untuk langkah awal, pemerintah provinsi DKI Jakarta akan
memfokuskan pembersihan sampah yang akan dilalui jalur transportasi ini.
Menurut rencana, seluruh perangkat yang akan digunakan untuk jalur transportasi
ini akan selesai pada bulan juli 2007. Menurut warga, dengan dibangunnya jalur
transportasi air ini setidaknya dapat menjadi alternatif angkutan.
Sumber :
metro TV news.com (diakses 16 maret 2007)
Kumbayau, 2 Februari 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Dra. A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002 NIP.
19890323 201402 2 001
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas
: VI / II
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan ( 2
x 35 menit )
I. Standar Kompetensi
Memahami wacana lisan tentang berita atau
drama pendek
II. Kompetensi Dasar
Menceritakan isi drama
pendek yang disampaikan secara lisan
III. Indikator
a.
Menuliskan pokok-pokok isi drama yang
didengar
b.
Menjawab pertanyaan tentang drama
c.
Menceritakan isi drama pendek yang di
dengar
IV.
Tujuan pembelajaran
a.
Peserta didik mampu menuliskan
pokok-pokok isi drama yang ingin didengar
b.
Peserta didik mampu menjawab pertanyaan
tentang drama yang didengar
c.
Peserta didik mampu menceritkan isi
drama pendek yang didengar
V.
Materi pembelajaran
Mendengarkan drama
Konsep
PERTUNJUKAN TARI
Rima baru saja mementaskan tari jaipong
pada acara malam amal di gedung kesenian kota, selesai acara teman-temannya
yang ikut menonton langsung mengahampiri Rima dibelakang panggung
Ami : “Rima, tadi kamu pentas bagus
sekali !”
Rudi : “ Iya Rima, gerakanmu begitu lincah
!”
Nita : “selamat ya Rima, semua orang
terlihat kagum melihat kamu menari tadi !”
Rima
: “Wah , terima kasih, sekarang
aku sudah lega sebelum pentas aku tadi sempat demam panggung.”
Ami : “Rima, minumlah dulu, kamu
kelihatan masih lelah.” (sambil menyodorkan air minum)
Nita : “ternyata kamu pandai menari
Jaipong, ya ! aku paling senang melihat gerakan tangan dan bahumu tadi. Ajari
aku dong Rima !”
Rima : “bukannya kamu pandai menarikan
tari Bali, Nita ?”
Rudi :
“Iya, Nita memang pandai menari traian Bali. Aku pernah melihat fotonya saat
menari.”
Ami : kalau begitu saat perpisahan kelas
Enam, Rima dan Nita harus menghibur penonton dengan tarian.”
Rima : “ Boleh saja, asalkan kamu juga
mementaskan sebuah pembacaan puisi.”
Rudi : “wah, penonton pasti akan sangat
terhibur !”
Nita : “ Sudah, sudah ! Acara perpisahan
kita bicarakan nanti saja sekarang sudah malam, ayo kita pulang !”
Semua bergegas pulang. Rima mengambil perlengkapannya
kemudian menyusul teman temannya.
VI.
Alat dan media pembelajaran
a.
Naskah drama
b.
Bahasa Indonesia kelas VI halaman 78
VII.
Metode pembelajaran
a.
demonstrasi
b.
Tanya jawab
c.
Penugasan
d.
Sosio drama
VIII.
Referensi
a.
Darisman, Muh. 2006. Mari Belajar Bahasa
Indonesia kelas VI. Jakarta Yudistira
IX.
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
WAKTU/
NILAI
|
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a. Peserta didik Berdo’a
b.
Guru mengabsen siswa
c.
Appersepsi:
1.
Pendidik menanyakan kepada siswa,
apakah kamu menonton pertunjukan drama ?
2.
Masih ingatkah kamu pengertian
drama
d.
Guru memotivasi siswa dengan
menjelaskan bahwa drama dapat menambah wawasan kita terhadapat kesusasteraan
dan kebudayaan Indonesia
2. Kegiatan Inti ( 45 menit )
Eksplorasi
a.
Peserta didik mendengar dan menyaksikan drama yang
diperankan oleh teman- temannya
b.
Peserta didik menuliskan pokok
isi drama yang didengar
c.
Peserta didik menuliskan
tokoh-tokoh drama yang didengar
Elaborasi
a.
Peserta didik menjawab pertanyaan
tentang drama yang didengar
b.
Peserta didik mendiskusikan
pertunjukan drama yang dipentaskan
c.
Beberapa peserta didik
mempraktekkan / mementaskan drama didepan kelas
d.
Beberapa peserta didik lain
menanggapi drama yang dipentaskan temannya.
Konfirmasi
a.
Peserta didik meninjau kembali
hasil kerja peserta didik
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.
Peserta didik dan pendidik
menyimpulkan materi pembelajaran
b.
Penugasan (mencari naskah )
|
|
X.
Penilaian
Prosedur
1.
penilaian selama proses belajar mengajar
berlangsung secara individual berupa tugas dan pengamatan
a.
mendengarkan dengan serius
b.
berdiskusi dengan antusias dengan teman
sebangku
c.
mengemukakan pendapat dalam diskusi
kelas
d.
menghargai pendapat teman
2.
Penilaian hasil belajar berupa aspek
kognitif dalam bentuk soal-soal uraian setelah pembelajaran selesai
3.
soal :
1.
siapakah pandai menari jaipong ?
2.
siapakah yang dapat menari tarian Bali ?
3.
siapakah yang menyodorkan air minum pada
rima ?
4.
siapakah yang kagum melihat gerakan
tangan dan bahu rima ?
5.
siapakah yang diminta rama membacakan
puisi dalam acara perpisahan?
kunci jawaban
1.
Rima
2.
Nita
3.
Ami
4.
Nita
5.
Ami
FORMAT PENILAIAN MEMBACAKAN DRAMA
Nama siswa :
Kelas : IV
Kegiatan :
Hari/Tgl :
NO
|
ASPEK
|
INDIKATOR
|
YA
|
TIDAK
|
1.
|
Intonasi
|
Apakah
tinggi rendahnya nada, kelas lunaknya, suara, dan cepat lambatnya percakapan
sesuai dengan isi dan suasana yang digambarkan dalam percakapan?
|
|
|
2
|
Lafal
|
Apakah
setiap kata diucapkan dengan jelas dan tepat ?
|
|
|
3
|
Kelancaran
|
Apakah
setiap kata diucapkan dengan jelas dan tepat?
|
|
|
4
|
Gerak, ekspresi,
mimic, penampilan
|
Apakah,
ekspresi, mimic, dan penampilan mendukung pesan atau isi percakapan yang
dibacakan?
|
|
|
5
|
Emosi
|
Apakah
emosi yang diekspresikan sesuai dengan suasana yang digambarkan dalam
percakapan?
|
|
|
Kumbayau, 9 Februari 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Dra. A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002 NIP.
19890323 201402 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Topic
:
Berbicara
Kelas
:
VI / II
Alokasi Waktu : 5 x
35 menit
I.
Standar Kompetensi
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi deng
berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi.
II.
Kompetensi Dasar
Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (
acara perpisahan, perayaan ulang tahun,dll) dengan afal, intonasi, sikap yang
tepat.
III. Indikator
Pertemuan
I
a.
Mengidentifikasi momen atau peristiwa
yang melatar belakangi pidato
Pertemuan
II
a.
Menulis kerangka pidato
b.
Mengembangkan kerangka pidato kedalam
beberapa kalimat
Pertemuan
III
a.
Menyusun naskah pidato
Pertemuan
IV
a.
Membaca pidato deng an lafal dan
intonasi yang tepat
IV.
Tujuan pembelajaran
Pertemuan I
a.
Peserta didik menyebutkan 3 momen atau
peristiwa yang melatar belakangi pidato
b.
Peserta didik menyebutkan 2 macam pidato
berdasarkan isinya
c.
Menentukan tema pidato
d.
Mendaftarr pokok-pokok isi yang akan
disampaikan dalam pidato
e.
Menentukan tujuan pidato
Pertemuan
II
a.
Peserta didik mampu menuliskan kerangka
pidato
b.
Peserta didik mampu mengembangkan
kerangka pendahuluan
c.
Peserta didik mengembangkan kerangka isi
d.
Peserta didik mampu mengembangkan
kerangka penutupan
Pertemuan
III
a.
Peserta didik mampu meyusun kerangka
menjadi naskah pidato
b.
Perserta didik mampu merevisi naskah
pidato yang telah disusun
c.
Peserta didik mampu menuliskan pidato yang telah direvisi
Pertemua
IV
a.
Peserta didik mampu menyampaikan pidato
dengan sikap dan gaya yang wajar
b.
Peserta didik mampu mengucapkan
kata-kata dengan lafal dan intonasi yang tepat
c.
Peserta didik mampu mengatur suara
sehingga terdengar indah dan berirama
d.
Peserta didik mampu memahami kondisi
serta situasi pendengar
V.
Materi pembelajaran
Pertemuan
I
1.
3 macam atau peristiwa yang melatar
belakangi pidato
a.
Perpisahan anak VI
b.
Ulang tahun
c.
Peresmian perpustaka sekolah
2.
2 macam pidato
a.
Pidato resmi
b.
Pidato tidak resmi
3.
Tema pidato “ Berterima kasih kepada
bapak-bapak/ ibu-ibu guru”
4.
Pokok-pokok isi yang akan disampaikan
dalam pidato :
a.
Pendahuluan, berisi : salam pembuka,
ucapan syukur kepada Tuhan, ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang terkait
dan tujuan pidato
b.
Isi, isi pidato berisi uraian materi
pidato, isi pidato harus sesuai dengan tema.
c.
Penutup, berisi kesimpulan, saran,
krtik, harapan-harapan, ucapan terima kasih, permohonan maaf, dan salam
penutup.
5.
Tujuan pidato
Menyampaikan
rasa terima kasih
Pertemuan
II
1.
Kerangka pidato
a.
Pembukaan :
- salam pembuka
- ucapan syukur
kepadanya
- ucapan terima
kasih kepada bapak/ ibu guru
b.
Isi
-
kami ( siswa siswi ) kelas VI merasa lega telah menempuh ujian dengan hasil
yang tidak mengecewakan
-
terima kasih kepadabap/ ibu guru atas bimbingan selama ini
-
mohon doa dan restu agar diterima di sekolah favorit
-
pesan kepada adik-adik kelas
-
permohonan maaf kepada bapak/ ibu guru atas kekhilafan selama belajar di SD
-
akan terus mengenang jasa bapak/ ibu guru
c.
Penutup
- Penutup maat
atas kesalahan dalam berpidato
- Salam penutup
Pertemuan III
a.
Menyusun naskah pidato
b.
Merevisi dan menuliskan kaemali naskah
pidato yang telah direvisi
Sambutan
Murid Kepada Guru Pada Acara Perpisahan
Assalamualaikum warahmatullahi
wabarakatuh
Bapak-bapak dan ibu-ibu guru yang kami
muliakan, izinkanlah saya berdiri sejenak di hadapan bapak-bapak dan ibu-ibu
guru yang kami muliakan untuk mewakili rekan-rekan yang telah menamatkan
pelajaran di Sekolah Dasar Negeri Sukamaju yang kami cintai ini. Pertama-tama,
marilah kita menghaturkan puji syukur ke hadirat Allah SWT. Karena kita semua
mendapat berkah dan karunia-Nya sehingga dapat hadir dan berkumpul di aula
sekolah ini tanpa halangan yang berarti.
Bapak-bapak dan ibu-ibu guru yang sangat
kami cintai lagi kami muliakan, terlebih dahulu, perkenankanlah atas nama
rekan-rekan sekelas menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya
kepada bapak-bapak dan ibu-ibu guru yang telah berhasil mendidik dan mengajar
kami dengan maksimal, sehingga kami menamatkan pelajaran di sekolah ini.
Selama 6 kami menuntut ilmu di sekolah
yang tercinta ini, maka selam itu pulalah kami telah menjalin ikatan batin yang
sangat kuat lagi dalam dengan bapak-bapak/ ibu guru disini. Bagi kami, bapak-bapak
dan ibu-ibu guru sebenarnya adalah orang tua kandung kami sendiri yang sangat
besar jasanya bagi kami, akan senantiasa kami ingat dan catat dalam hati yang
paling dalam karena besarnya bagi kami semua, sehingga apa-apa yang telah bapk
dan ibu ajarkan kepada kami, akan senatiasa kami ingat dan catat dalam hati sanubari kami semua. Segala pesan,
petunjuk, petuah dan bimbingan yang selama ini kami dapatkan, insyah Allah akan
kami laksanakan dengan sebaik-baiknya.
Bapak-bapak dan ibu-ibu guru yang sangat
kami cintai lagi kami muliakan, tidak lam lagi, kami murid-murid kelas VI akan
meninggalkan sekolah ini, yang berarti bapak-bapak dan ibu-ibu guru yang
cintai. Sesungguhnya perpisahan ini sangat berat kami rasakan, namun mengingat
masa depan kami sambut dengan jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi, maka
perpisahan ini kami terima dengan hati yang ikhlas dan penuh sikap tawakal
kepada Allah SWT.
Bapak-bapak dan ibu-ibu guru, di
hari-hari mendatang kami tentu kami tidak dapat lagi berdekatan seperti selama
enam tahun belakangan ini. Namun demikian jauhnya jarak bukan berarti juga
jauhnya ikatan batin kami dengan bapak-bapak/ ibu-ibu guru. Dihati kami,
bapak-bapak/ibu-ibu guru masih sangat dekat seperti layaknya kami semua masih
di sekolah ini.
Bapak-bapak dan ibu-ibu guru yang sangat
kami cintai kami muliakan, jasa dan pengabdian bapak-bapak dan ibu-ibu guru
selama ini dalam mendidik, mengajar, membimbing dan mengasuh kami selama
bersekolah di SD Negeri Sukamaju ini, sungguh sangat besar, kami tidak dapat
membalas kebaikan dan jasa bapak-bapak dan ibu-ibu guru dengan apapun, selain
dengan doa dan permohonan kami, agar kiranya Allah SWT, berkenan memberkahi
serta meridhai bapak-bapak dan ibu-ibu guru dengan diberi-NYa keselamatan,
kesehatan, dan kesejahteraan serta taufik dan hidayah-Nya. Amin Ya Allah Ya
Rafifyal’Alamin.
Demikian sambutan yang dapat kami
sampaikan, tak lupa kami mohon maaf atas kesalahan dan kekhilafan kami selama
ini. Kami mohon doa restu pada bapak-bapak dan ibu-ibu demi kelancaran dan
kesuksesan kami di jenjang pendidikan selanjutnya.
Wassalamu’alaikum
warahmatullahi wabaratuh.
Pertemuan IV
-
Membaca naskah pidato yang telah
direvisi
VI.
Alat dan media pembelajaran
a.
Bahasa Indonesia kelas VI ( BSE )
VII.
Metode pembelajaran
a.
Demonstrasi
b.
Tanya jawab
c.
Penugasan
VIII.
. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
I
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
WAKTU/
NILAI
|
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a.
Peserta didik Berdo’a (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)
b.
Dua orang peserta didik membaca Al-qur’an (jika masuk jam pertama guru dan
siswa )
c.
Guru memperhatikan kehadiran siswa ( membangun rasa kepedulian antara
pendidik dan peserta didik )
d.
Appersepsi:
1. Guru mengajukan pertanyaan
-
Masih ingatkah kamu pembelajaran pertemuan kemaren ?
-
Sebutkan 3 peristiwa latar belakang pidato ?
- Guru memotivasi peserta didik dengan
mengajukan pertanyaan: pembelajaran tentang pidato akan menambah keterampilan
peserta didik dalam membaca pidato
2. Kegiatan Inti ( 50 menit )
Eksplorasi
a.
Peserta didik menyebutkan 2 macam
pidato
b.
Peserta didik menjelaskan tujuan
pidato
c.
Tanya jawab tentang tema pidato
Elaborasi
a.
Peserta didik mengerjakan uji
kompetensi PR bahasa Indonesia hal 109
b.
Peserta didik membacakan tema
pidato
Konfirmasi
a.
Peserta didik merefleksi hasil
kerja
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.
Peserta didik dan pendidik
menyimpulkan materi pembelajaran
c.
Penugasan (berlatih di rumah
menulis tema dan pokok-pokok pidato)
|
15 menit
50 menit
10 menit
|
Pertemuan
II
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
WAKTU/
NILAI
|
1. Kegiatan Awal (3x 35 menit )
a.
Peserta didik Berdo’a (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)
b.
Dua orang peserta didik membaca Al-qur’an (jika masuk jam pertama guru dan
siswa )
c.
Guru memperhatikan kehadiran siswa ( membangun rasa kepedulian antara
pendidik dan peserta didik )
d.
Appersepsi:
1. Guru mengajukan pertanyaan
-
Masih ingatkah kamu pembelajaran pertemuan kemaren ?
-
Apakah tema pidato kemaren?
- Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
2. Kegiatan Inti ( 45 menit )
Eksplorasi
a.
Peserta didik menyusun kerangka
menjadi naskah pidato
b.
Peserta didik merevisi naskah
pidato yang telah disusun
c.
Peserta didik memberikan menulis
pidato yang telah direvisi
d.
Guru memberikan refleksi terhadap tugas yang dikerjakan
peserta didik
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.
Peserta didik dan pendidik
menyimpulkan materi pembelajaran
|
2x35 menit
|
Pertemuan III
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
WAKTU/
NILAI
|
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a.
Peserta didik Berdo’a (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)
b.
Dua orang peserta didik membaca Al-qur’an (jika masuk jam pertama guru dan
siswa )
c.
Guru memperhatikan kehadiran siswa ( membangun rasa kepedulian antara
pendidik dan peserta didik )
d.
Appersepsi:
1. Guru mengajukan pertanyaan
-
Masih ingatkah kamu pembelajaran pertemuan kemaren ?
- Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran
2. Kegiatan Inti ( 50 menit )
Eksplorasi
a.
Peserta didik menyampaikan pidato
dengan sikap dan gaya yang benar
b.
Peserta didik mengucapkan
kata-kata dengan lafal dan intonasi yang tepat
c.
Peserta didik mengatur suara
sehingga terdengar indah dan berirama
d.
Guru memberikan refleksi terhadap tugas yang dikerjakan
peserta didik
3. Kegiatan Penutup ( 10 menit )
- Peserta didik dan
pendidik menyimpulkan materi pembelajaran
|
9
menit
50 menit
|
IX.
Penilaian
Prosedur
1.
Penilaian selama proses belajar mengajar
berlangsung secara individual berupa tugas dan pengamatan
-
Menulis dengan serius
-
Menulis kerangka dengan benar
-
Menyusun pidato dengan baik
-
Membaca pidato dengan baik
2.
Penilaian hasil belajar berupa aspek
psikomotor bentuk berpidato
Kumbayau, 16 Februari 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Dra. A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002 NIP.
19890323 201402 2 001
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas
/ Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 5 x
35 menit
I.
Standar Kompetensi
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi deng
berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi.
II.
Kompetensi Dasar
Melaporkan isi buku yang dibaca (
judul, pengarang, jumlah halaman dan isi ) dengan kalimat yang runtut
III. Indikator
Pertemuan I
a.
Membahas isi buku
b.
Mencatat pokok-pokok dari isi buku
Pertemuan II
a.
Melaporkan isi buku dengan bahasa yang
runtut dan komunikatif
IV.
Tujuan pembelajaran
Pertemuan I
a.
Peserta didik mampu berbicara sebuah buku yang ada di perpustakaan
dengan baik
b. Peserta didik mampu menuliskan data-data buku
melalui buku dengan tepat dan
benar
Pertemuan
II
a.
Peserta didik mampu menuliskan
pokok-pokok dari isi buku dengan EYD yang benar dan tepat
b.
Peserta didik mampu melaporkan isi buku
yang sudah di bacanya dengan bahasa yang runtut dan komunikatif
V.
Materi pembelajaran
a.
Peserta didik membaca sebuah buku yang ada
di perpustakaan.
b.
Menuliskan data-data buku yang meliputi
:
-
Judul :
-
Nama pengarang :
-
Penerbit :
-
Tahun terbit :
-
Jumlah halaman :
c.
Menuliskan pokok-pokok yang terdapat
dalam isi buku dengan EYD yang benar dan tepat
d.
Melaporkan isi buku telah dituliskan
dengan bahasa yang runtut dan komutatif
VI.
Alat dan Media Pembelajaran
-
Buku perpustakaan
VII.
Metode
-
Penugasan, Tanya jawab, melaporkan isi
buku
VIII.
Kegiatan Pembelajaran
-
Membaca buku di perpustakaan
-
Menuliskan data-data buku
-
Menuliskan isi pokok-pokok buku
-
Melaporkan isi buku
IX. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan
I
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
WAKTU/
NILAI
|
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a.
Peserta didik Berdo’a (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)
b.
Dua orang peserta didik membaca Al-qur’an (jika masuk jam pertama guru dan
siswa )
c.
Guru memperhatikan kehadiran siswa ( membangun rasa kepedulian antara
pendidik dan peserta didik )
d.
Appersepsi:
1. Guru mengajukan pertanyaan
- Apakah kamu pernah membaca buku di
perpustakaan ?
- Buku apakah kamu yang kamu sukai ?
- Guru memotivasi peserta didik dengan
mengajukan pertanyaan: bahwa dengan membaca buku akan menambah wawasan dan
pengetahuan kita.
2. Kegiatan Inti ( 30 menit )
Eksplorasi
a.
Peserta didik membaca buku yang
ada di perpustakaan
b.
Peserta didik menyebutkan
data-data sebuah buku
Elaborasi
a.
Peserta didik menuliskan
data-data buku yang telah dibaca
Konfirmasi
a.
Guru merefleksikan hasil kerja
peserta didik
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.
Peserta didik dan pendidik
menyimpulkan materi pembelajaran
|
15 menit
30 menit
15
menit
|
Pertemuan
II
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
WAKTU/
NILAI
|
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a.
Peserta didik Berdo’a (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)
b.
Dua orang peserta didik membaca Al-qur’an (jika masuk jam pertama guru dan
siswa )
c.
Guru memperhatikan kehadiran siswa ( membangun rasa kepedulian antara
pendidik dan peserta didik )
d.
Appersepsi:
1. Guru mengajukan pertanyaan
- Masih ingatkah kamu pembelajaran kemaren
?
2. Kegiatan Inti ( 30 menit )
Eksplorasi
a.
Peserta didik menuliskan isi
pokok-pokok dari buku yang dibaca sesuai dengan EYD
Elaborasi
a.
Peserta didik melaporkan isi buku
yang sudah di tulisnya dengan bahasa yang runtut dan komutatif
Konfirmasi
a.
Peserta didik yang menanggapi
hasil laporan temannya
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.
Peserta didik dan pendidik
menyimpulkan materi pembelajaran
|
15 menit
50 menit
15
menit
|
X.
Penilaian
Format Penilaian Pembelajaran
Laporan Membaca Buku
NO
|
ASPEK / INDIKATOR
|
NILAI / SKOR
|
KETERANGAN
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
|
Kualitas isi
|
|
|
|
|
|
Bobot skor 1-5
1 = Sangat kurang
2 = Kurang
3 = Cukup
4 = Baik
5 = Sangat baik
|
2.
|
Penyajian isi
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Ejaan dan tanda baca
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Kerapian
|
|
|
|
|
|
Kumbayau, 23 Februari 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Dra. A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002 NIP.
19890323 201402 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas /
Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 5 x
35 menit
I.
Standar Kompetensi
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi deng
berpidato, melaporkan isi buku, dan baca puisi.
II.
Kompetensi Dasar
Membacakan puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat
III. Indikator
Pertemuan I
a.
Menulis puisi dengan benar
b.
Membacakan puisi dengan intonasi,
ekspresi gerak, mimic dan penghayatan yang wajar
Pertemuan II
a.
Mengubah puisi ke dalam bentuk proses
cerita sederhana
IV.
Tujuan pembelajaran
a. Peserta didik mampu
menulis puisi dengan benar
b. Peserta didik mampu membacakan
puisi dengan intonasi ekspresi gerak, mimic, dan penghanyatan yang wajar dan
benar
c. Mengubah puisi kedalam bentuk
prosa cerita sederhana tepat
V.
Materi pembelajaran
Pertemuan I
-
Menulis puisi, contoh puisi : “ Petani “
Caping sahabatmu
yang setia
Selalu
melindunginya
Dari sengatan
sang surya
Cangkul sahabatmu
Selalu membatumu
Menghadapi kerasnya tanah
Bibit padi yang
telah menanti
Segera ditanami
petani
Terima kasih ku
ucapkan
Pertemuan
II
Puisi adalah membuat
puisi menjadi sebuah cerita sederhana.
Contoh : puisi dengan
judul “ Petani “
Caping digunakan sebagai penutup kepala menjadi sahabat setia.
Dia selalu melindungi petani dari sengatan matahari selain caping petani juga
memiliki cangkul yang menjadi sahabatnya yang selalu membantu dalam menghadapi
kerasnya tanah.
Sesudah mencakul disawah, bibit padi yang telah menanti yang
segera untuk ditanami petani dan kuucapan terima kasih.
VI.
Alat dan Media Pembelajaran
-
Buku paket berbahasa Indonesia, terbitan
erlangga VI B
-
Intisari Bahasa Indonesia SD
VII.
Metode
-
Penugasan, Tanya jawab, demontrasi,
Latihan
VIII.
Kegiatan Pembelajaran
-
Membaca puisi dan memprasekan puisi
Pertemuan
I
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
WAKTU/
NILAI
|
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a.
Peserta didik Berdo’a (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)
b.
Dua orang peserta didik membaca Al-qur’an (jika masuk jam pertama guru dan
siswa )
c.
Guru memperhatikan kehadiran siswa ( membangun rasa kepedulian antara
pendidik dan peserta didik )
d.
Appersepsi:
1. Guru mengajukan pertanyaan
- pernahkah kamu membaca sebuah puisi ?
-
Guru memotivasi peserta didik dengan mengajukan pertanyaan: bahwa dengan
belajar membuat puisi akan menambah
pengetahun terhadap kesusastraan Indonesia
2. Kegiatan Inti ( 30 menit )
Eksplorasi
a.
Guru mencontohkan cara membuat
puisi
b.
Peserta didik membuat puisi
dengan kata-kata yang benar
c.
Guru mencotohkan dan menjelaskan
cara membaca puisi
d.
Tanya jawab
Elaborasi
a.
Peserta didik menuliskan puisi
b.
Peserta didik membaca puisi
karyanya ke depan kelas
Konfirmasi
a.
Guru merefleksikan hasil kerja
peserta didik
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.
Peserta didik dan pendidik
menyimpulkan materi pembelajaran
b.
Penugasan ( berlatih di rumah
menulis puisi )
|
15 menit
30 menit
15
menit
|
Pertemuan
II
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
WAKTU/
NILAI
|
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a.
Peserta didik Berdo’a (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)
b.
Dua orang peserta didik membaca Al-qur’an (jika masuk jam pertama guru dan
siswa )
c.
Guru memperhatikan kehadiran siswa ( membangun rasa kepedulian antara
pendidik dan peserta didik )
d.
Appersepsi:
1. Guru mengajukan pertanyaan
- Masih ingatkah kamu pembelajaran kemaren
?
- Sebutkan ciri-ciri puisi
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2. Kegiatan Inti ( 30 menit )
Eksplorasi
a.
Peserta didik mengubah puisi
dalam bentuk cerita
b.
Guru memberikan refleksi terhadap
latihan yang dikerjakan
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.
Peserta didik dan pendidik
menyimpulkan materi pembelajaran
|
15 menit
50 menit
15
menit
|
IX. Penilaian
Prosedur
1.
Penilaian selama belajar mengajar
berlangsung secara individual :
-
Menulis dengan serius
-
Membaca puisi dengan ekspresi dan
intonasi yang tepat
-
Mengubah puisi kedalam bentuk cerita
2.
Penilaian hasil kerja belaar mengajar
berupa aspek kognitif menulis cerita.
Format Penilaian Pembelajaran
Laporan Membaca Buku
NO
|
HAL-HAL
YANG DIAMATI
|
SKOR
|
|
1.
|
Keterkaitan isi puisi
dengan irama musik lagu
5 irama / musik/ lagu
selaras dengan isi puisi
3 irama / musik/lagu
kurang selaras dengan isi puisi
1 irama/musik/lagu
selaras dengan isi
|
|
|
2.
|
Intonasi
5 irama, tekanan, dan
jeda bervariasi sesuai dengan isi puisi
3 irama, tekanan,
jeda
|
|
|
3.
|
Pehafalan
5 ucapannya jelas
3 ucapan jelas tetapi
terjadi kesalahan
1 ucapan tidak jelas
|
|
|
4.
|
Ucapannya jelas
5 ekspresif
3 ekspresif tapi
tidak sesuai dengan puas
|
|
Kumbayau, 2 Maret 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Dra. A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002 NIP.
19890323 201402 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas /
Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 5 x
35 menit
I.
Standar Kompetensi
Memahami teks dengan
membaca intensif dan membaca teks drama
II.
Kompetensi Dasar
Membacakan puisi karya sendiri
dengan ekspresi yang tepat
III. Indikator
Pertemuan I
a.
Membaca teks secara intensif
b.
Menjawab pertanyaan bacaan
c.
Menemukan makna tersirat dalam teks yang
dibaca
d.
Menjelaskan makna tersirat dalam teks
yang dibaca
Pertemuan II
a.
Mendiskusikan PR tentang hasil laporan
isi buku yang dibaca melalui kegiatan berbicara dalam diskusi kelas
b.
Menanggapai hasil laporan masing-masing
kelompok
c.
Membuat kesimpulan hasil diskusi
IV.
Tujuan pembelajaran
Pertemuan I
a. Peserta didik mampu
membaca teks secara intensif
b. Peserta didik mampu menjawab
pertanyaan setelah mambaca teks dengan tepat
c. Menemukan makna tersirat suatu
teks bacaan dengan baik
d. Menjelaskan makna tersirat suatu
teks melalui bacaan dengan baik
V.
Materi pembelajaran
Pertemuan I
-
Teks bacaan ( dalam buku bahasa
Indonesia kelas VI )
-
Menjawab pertanyaan teks yang tersedia
dalam buku
-
Menemukan makna tersirat dalam teks yang
dibaca
-
Menjelaskan makna tersirat dalam teks
yang dibaca
Pertemuan
II
a.
Mendiskusikan PR tentang hasil laporan
isi buku yang dibaca melalui kegiatan berbicara dalam diskusi kelas
b.
Menanggapi hasil laporan maisng-masing
kelompok
c.
Membuat hasil kesimpulan
VI.
Alat dan Media Pembelajaran
-
Buku berbahasa Indonesia
-
Buku cerita
-
Chart bacaan
VII.
Metode
-
Penugasan, Tanya jawab, dan diskusi
VIII.
Kegiatan Pembelajaran
-
Membaca teks
-
Menjawab pertanyaan
-
Menemukan makna tersirat dalam teks
-
Menjelaskan arti makna tersirat dalam
teks
-
Diskusi kelompok
-
Menanggapi hasil diskusi
-
Menyimpulkan
IX.
Penilaian
a.
Prosedur
1.
Penilaian selama proses belajar mengajar
secara individu dan kelompok berupa tugas dan pengamatan
-
Menulis dengan serius
-
Berdiskusi dengan antusias dengan teman
sebangku
-
Mengemukakan pendapat dalam diskusi
kelas
-
Menghargai pendapat teman
2.
Penilaian hasil belajar berupa aspek
kognitif dalam bentuk soal-soal uraian setelah pokok bahasan selesai.
Pertemuan
I
Uji kompetensi
1.
Bacalah teks dalam buku bahasa Indonesia
2.
Jawablah pertanyaan soal-soal yang
terdapat dalam buku bacaan !
3.
Temukan makna tersirat dalam bacaan
tersebut!
4.
Tuliskan arti makna tesirat dalam bacaan
tersebut.
Pertemuan
II
1.
Carilah salah satu certia daerah
sumatera Barat
2.
Bentuk kelompok untukdiskusi
3.
Dua di antara kelompok yang ada
melaporkan hasil kerja kelompoknya
4.
Kelompok lain menanggapi hasil kerja
kelompoknya
5.
Membuat kesimpulan
Menggunakan format Penilaian
Kunci isi bacaan masing-masing
Format Penilaian Pembelajaran
menyimak dialog
NO
|
HAL-HAL YANG
DIAMATI
|
NILAI / SKOR
|
KETERANGAN
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
|
Aspek kebahasan
a.
Pemahaman isi
b.
Kelogisan penafsiran
c.
Vokalisasi
d.
Struktur kalimat
|
|
|
|
|
|
Bobot skor 1- 5
1 = sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
|
2.
|
a. Menghargai
b. Konsentrasi /
keunggulan
c. kritis
penaralan
|
|
|
|
|
|
|
Format
penilaian pembelajaran menyimak dialog
Nama siswa :
Kelas :
Kegiatan : Mengomentari
NO
|
ASPEK /
INDIKATOR
|
NILAI / SKOR
|
KETERANGAN
|
||||
1.
|
Aspek kebahasaan
a.
Lafal
b.
Pemillihan kata dan ungkapan
c.
Struktur kalimat
d.
Nada/irama
|
|
|
|
|
|
Bobot skor 1- 5
1= sangat kurang
2 = kurang
3 = cukup
4 = baik
5 = sangat baik
|
2.
|
Aspek dalam kebahasaan
a.
kelancaran
b.
keberanian
c.
penalaran
d.
keterbukaan
e.
penugasan topik
|
|
|
|
|
|
|
Mari,
belajar menemukan makna bacaan
Pada pembelajaran ini, kamu akan belajar menemukan makna
suatu teks. Setelah pembelajaran ini, kamu dapat menemukan perincian fakta dan
bacaan dan menentukan dan makan tersirat dalam bacaan berdasarkan perincian
fakta.
Menemukan dan memahami makan bacaan dapat dilakukan
dengan membaca intensif. Membaca intensif dilakukan dengan cara membaca
keseluruhan bacaan secara sungguh-sungguh. Dari kegiatan membaca intensif kamu
akan menemukan makna tersirat suatu bacaan.
Sebelum menemukan makan tersirat pada bacaan, terlebih
dahulu kamu harus menguraikan makan tersuratnya. Carilah perincian fakta dari
peristiwa yang diceritakan dalam bacaan. Perincian tersebut adalah nama peristiwa, dan bagaimana
peristiwa tersebut terjadi. Dari perincian fakta yang ditemukan, kamu dapat
menemukan makna tersiratnya, yaitu mengapa peristiwa tersebut ada.
Bacalah teks berikut,
tandailah perincian fakta yang kau temukan dari bacaan.
Tradisi
Panen Madu di Pedalaman Sumatera
“ Auoooo......! Hai
teman- teman, kini Tibro sedang ada di pedalaman hutan di sumatera”.
Sttt...meski memanjat-manjat pohon Tibro bukan jadi Tarzan lho. Tibro sedang
ikut sebuah tradisi masyarakat pedalaman, yaitu upacara memetik madu lebah di
pohon sialang. Ingin tahukan cerita lengkapnya ?”.
Pohon Sialang Pohon Rezeki.
Masyarakat di pedalaman hutan Sumatera, tepatnya di
perbatasan antara Jambi dan Palembang, memelihara pohon sialang. Ini bukan
pohon sembarang pohon. Bagi mereka, pohon sialang bisa disebut sebagai pohon
rezeki. Maklum, di ujung-ujung dahan pohon ini bergantung sarang-sarang lebah
madu. Nah, madu-madu inilah yang menjadi sumber penghasilan mereka untuk
menjalani kehidupan.
Pohon sialang memang salah satu pohon asli yang tumbuh di
hutan. Ukurannya sangat tinggi. Rata-rata bisa mencapai 50 meter dari permukaan
tanah. Batangnya bisa berdiameter 2 m. Besar sekali, ya! Pohon ini biasanya
tidak berdaun. Di sinilah bergantungan sarang tawon atau lebah. Sttt...setiap
dahan pohon biasanya ditempati 20 sarang dan pada setiapa pohon dapat ditemukan
100 hingga 200 sarang lebah.
Peran Madu
Panen madu dilakukan sesuai dengan hukum adat yang
berlaku. Biasanya, dilakukan di malam hari saat bulan tidak bersinar. Hal itu karena apabila ada cahaya dan lebah
yang masih begadang beterbangan, proses pengambilan madu akan terganggu. Setiap
pemetikan madu di satu pohon biasanya dilakukan oleh lima orang. Satu orang
yang disebut juragan tua. Sementara, dua orang lainnya memanjatkan doa dan
berjaga-jaga di sekitar pohon.
Obor
Kulit Pohon
Para juragan ini memanjat pohon melalui tangga yang
terbuat dari kayu bulat yang disambung-sambung. Sambil memanjat, juragan muda
membawa obor dari kulit pohon kepayang.
Kulit pohon ini sangat mudah memijar, tetapi tidak
menimbulkan apai. Setelah memijar, kulit pohon ini akan rontok berjatuhan. Di
saat inilah, lebah-lebah akan mengejar rontokan pijar obor yang jatuh seperti
kembang api. Tentu saja, para juragan pemanjat pohon ini akan leluasa memetik
madu yang ditinggal oleh para penjaganya.
Berdendang
Mantra
Saat memanjat pohon ini, juragan muda juga menumbai.
Menumbai adalah mendendangkan pantun-pantun mantra. Tujuan dari menumbai adalah
agar para lebah tertidur dan tidak mengganggu pemetik madu etika berada di
puncak pohon atau dekat dengan sarnag yang akan dipetik. Isi mantranya ternyata
rayuan gombal pada lebah yang sudah tidur. Kika ternyata masih ada beberapa
ekor yang menyengat, juragan muda tetap tenang dan tidak marah. Berkali-kali
pula ia mendendangkan mantra hingga
selesai pemetikan. Saat turun dari pohon pun, juragan muda tetap
mendendangkan lagu. Isinya pamitan dan hiburan kepada lebah agar tidak gundah
atau sehih karena madunya diambil. Jadi, seluruh proses memetik madu diiringi
dengan dendangan mantra yang merdu. Asyik,kan...?
Pembagian
Hasil
Sesuai hukum
adat pula, hasil dari panen madu ini bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat.
Hasil madu dibagi sesuai ketentuan yang berlaku. Pekerja pengambil madu akan
mendapatkan 20 % dari panen yang dihasilkan. Kepala suku juga mendapat jatah 20
% dan seluruh anggota suku mendapatkan 60%. Hasil madu ini dijual kepada para
pedagang antar pulau. Tentu saja setiap setelah panen madu. Kehidupan mereka
menjadi lebih makmur, biasanya mereka juga mengadakan beberapa upacara
syukuran.
X.
Evaluasi
Dilaksanakan dalam proses belar mengajar
XI.
Kegiatan Pembelajaran
Pembelajaran
Pertemuan I
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
WAKTU/
NILAI
|
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a.
Peserta didik Berdo’a (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)
b.
Dua orang peserta didik membaca Al-qur’an (jika masuk jam pertama guru dan
siswa )
c.
Guru memperhatikan kehadiran siswa ( membangun rasa kepedulian antara
pendidik dan peserta didik )
d.
Appersepsi:
1. Guru mengajukan pertanyaan
- pernahkah kamu membaca sebuah cerita ?
2. Kegiatan Inti ( 50 menit )
Eksplorasi
a.
Peserta didik membaca buku
b.
Peserta didik menjawab pertanyaan
dari teks dalam bacaan
c.
Peserta didik mencari makna
tersirat dalam bacaan
d.
Peserta didik menjelaskan arti
makna tersirat dalam bacaan
Elaborasi
a.
Peserta didik membandingkan
dengan teman dari makna tersirat yang ada dalam bacaan
b.
Peserta didik menanggapi
masing-masing hasil temuan
c.
Mengambil kesimpulan
d.
Memberi tugas kelompok di rumah
Konfirmasi
a.
Guru merefleksikan hasil kerja
peserta didik
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.
Peserta didik dan pendidik menyimpulkan
materi pembelajaran
b.
Penugasan ( berlatih di rumah
dengan membaca cerita daerah dan menemukan makna tersirat)
|
10 menit
50 menit
15
menit
|
Pertemuan
II
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
WAKTU/
NILAI
|
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a.
Peserta didik Berdo’a (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)
b.
Dua orang peserta didik membaca Al-qur’an (jika masuk jam pertama guru dan
siswa )
c.
Guru memperhatikan kehadiran siswa ( membangun rasa kepedulian antara
pendidik dan peserta didik )
d.
Appersepsi:
1. Guru mengajukan pertanyaan
- Masih ingatkah kamu membaca sebuah
cerita?
2. Kegiatan Inti ( 30 menit )
Eksplorasi
a.
Peserta didik membaca buku
b.
Peserta didik menjawab pertanyaan
dari teks dalam bacaan
c.
Peserta didik mencari makna
tersirat dalam bacaan
d.
Peserta didik menjelaskan arti
makna tersirat dalam bacaan
Elaborasi
a.
Peserta didik membandingkan
dengan teman dari makna tersirat yang ada dalam bacaan
b.
Peserta didik menanggapi
masing-masing hasil temuan
c.
Mengambil kesimpulan
d.
Memberi tugas kelompok di rumah
Konfirmasi
a.
pendidik merefleksi hasi kerja
peserta didik
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.
Peserta didik dan pendidik
menyimpulkan materi pembelajaran
b.
Penugasan ( berlatih dirumah
dengan membaca cerita daerah dan menemukan makna tersirat )
|
15 menit
50 menit
15
menit
|
Pertemuan
II
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
WAKTU/
NILAI
|
1. Kegiatan Awal ( 10 menit )
a.
Peserta didik Berdo’a (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)
b.
Dua orang peserta didik membaca Al-qur’an (jika masuk jam pertama guru dan
siswa )
c.
Guru memperhatikan kehadiran siswa ( membangun rasa kepedulian antara
pendidik dan peserta didik )
d.
Appersepsi:
1. Guru mengajukan pertanyaan
- Masih ingatkah kamu pelajaran pada
pertemuan kemaren ?
- Adakah makna tersirat yang kamu jumpai pada
tugas yang bapak/ ibu berikan?
Guru menyampaikan tujuan membaca
intensif. Dengan membaca intensif mengasah kepekaan perasaan siswa terhadap
isi bacaan atau cerita.
2. Kegiatan Inti ( 50 menit )
Eksplorasi
a.
Peserta didik membentuk kelompok
b.
Dua kelompok melaporkan hasil
kerja kelompoknya yang ditugasi pada kegiatan sebelumnya
Elaborasi
a.
Peserta didik menanggapi
melaporkan dari kelompok yang menyampaikan hasil temuannya.
b.
Peserta didik kelompok lain
membandingkan hasil kerjanya dengan kelompok yang di tampilkan.
c.
Menuliskan kesimpulan
Konfirmasi
a.
Pendidik merefleksi hasi kerja
peserta didik
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
b.
Peserta didik dan pendidik
menyimpulkan materi pembelajaran
c.
Penugasan ( menyuruh siswa banyak
membaca di rumah)
|
15 menit
50 menit
15
menit
|
Kumbayau, 9 Maret 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Dra. A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002 NIP.
19890323 201402 2 001
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas /
Semester : VI / II
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit
I.
Standar Kompetensi
Mengungkapkan pikiran
dan informasi secara tertulis dalam bentuk naskah dan surat resmi
II.
Kompetensi Dasar
Menyusun
naskah pidato / sambutan ( perpisahan ulang tahun perayaan sekolah dll) dengan
bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan.
III. Indikator
Pertemuan
I
a.
Menulis kerangka pidato
b.
Mengembangkan kerangka pidato dalam
beberapa kalimat
Pertemuan
II
a.
Menulis naskah pidato
b.
Mempraktekan berpidato dengan lafal
intonasi dinamika suara dan ekspresi yang tepat
IV.
Tujuan pembelajaran
Pertemuan
I
a.
Peserta didik mampu menyebutkan urutan
kerangka pidato setelah mendengarkan penjelasan guru
b.
Menuliskan kerangka pidato sesuai dengan
urutannya setelah mendengarkan penjelasan guru dengan benar
c.
Mengembangkan kerangka pidato kedalam
beberapa kalimat setelah latihan dengan benar
V.
Materi pembelajaran
Naskah Pidato
VI.
Alat dan Media Pembelajaran
-
Buku saya senang berbahasa Indonesia, terbitan
erlangga
-
BSE ( Buku sekolah elektronik ) kelas VI
-
Contoh naskah pidato
VII.
Metode
-
Ceramah, Penugasan, Tanya jawab,
latihan, demontrasi
VIII. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
II
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
WAKTU/
NILAI
|
1. Kegiatan Awal ( 15 menit )
a.
Peserta didik Berdo’a (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)
b.
Dua orang peserta didik membaca Al-qur’an (jika masuk jam pertama guru dan
siswa )
c.
Guru memperhatikan kehadiran siswa ( membangun rasa kepedulian antara
pendidik dan peserta didik )
d.
Appersepsi:
1. Guru mengajukan pertanyaan
- Masih ingatkah kamu pelajaran pada
pertemuan kemaren ?
-
Sebutkan urutan kerangka karangan yang benar.
Guru memberikan motivasi kepada
peserta didik dalam membacakan pidato harus dengan jelas dan mudah dimengerti
oleh orang yang mendengarkan.
2. Kegiatan Inti ( 50 menit )
Eksplorasi
a.
Peserta didik menyusun naskah
pidato
b.
Peserta didik menentukan langkah
membaca pidato yang benar
c.
Peserta didik mengamati contoh
naskah pidato yang benar.
Elaborasi
a.
Peserta didik membacakan naskah
pidato
b.
Peserta didik memberikan
tanggapan tentang pidato yang dibacakan temannya
Konfirmasi
a.
Pendidik merefleksi hasi kerja
peserta didik
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.
Peserta didik dan pendidik
menyimpulkan materi pembelajaran
b.
Penugasan (berlatih membaca
pidato)
|
15 menit
45 menit
15
menit
|
VIII.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Mendengarkan penjelasan tentang urutan
kerangka pidato
2.
Mengembangkan kerangka pidato
3.
Menuliskan kerangka pidato
4.
Menyusun naskah membaca pidato
5.
Membacakan naskah pidato
IX. Penilaian
Prosedur
-
Penilaian selama proses belajar mengajar
berlangsung secara individual dan kelompok berupa tugas dan pengamatan
-
Penilaian hasil belajar berupa aspek
kognitif dalam bentuk soal uraian
Pertemuan
I
Jawablah pertanyaan
dibawah ini dengan tepat !
1.
Sebelum kita membuat naskah pidato,
hendaknya terlebih dahulu harus membuat.......
2.
Urutan kerangka pidato ada 3,
tuliskanlah !
3.
Tuliskan salah satu contoh kalimat
pembuka dalam pidato
4.
Tuliskan salah satu contoh kalimat
penutup dalam pidato !
5.
Tuliskanlah langkah-langkah membacakan
pidato dengan benar.
Pertemuan
II
Format Penilaian Pidato
Nama :
Judul Pidato :
NO
|
ASPEK
|
BOBOT
|
1
|
Penampilan
|
10
|
2
|
Cara berpidato /
teknik
|
30
|
3
|
Penguasaan materi
|
30
|
4
|
Artikulasi
|
10
|
5
|
Kemampuan / skill
|
20
|
Kunci Jawaban :
1.
Kerangka karangan
2.
Pembukaan, isi, penutup
3.
Assalamualaikum
Bapak
kepala sekolah yang saya hormati
Bapak
ibu guru yang saya hormati
4.
Demikianlah pidato saya, jika ada
kekurangan, saya mohon maaf.
5.
Memahami isi pidato
Membaca
dengan intonasi yang jelas dan suara yang lantang
Mambaca
dengan jelas sehingga dapat membuat pendengar mengerti
Kumbayau, 16 Maret 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Dra. A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002 NIP.
19890323 201402 2 001
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas /
Semester :
VI / II
Alokasi Waktu : 5 x
35 menit
I.
Standar Kompetensi
Memahami wacana lisan
tentang berita atau drama pendek
II.
Kompetensi Dasar
Menyimpulkan isi berita yang didengar dari telivisi
atau radio
III. Indikator
a.
Menuliskan pokok-pokok isi berita
kedalam beberapa kalimat
b.
Menjawab pertanyaan yang diajukan
mengenai isi berita
c.
Menanggapi isi berita yang didengar
d.
Menyimpulkan isi berita yang didengar
IV.
Tujuan pembelajaran
a.
Peserta didik mampu menuliskan
pokok-pokok isi berita kedalam beberapa kalimat dari radio yang di dengar
dengan benar
b.
Peserta didik mampu menjawab pertanyaan
yang diajukan mengenai isi berita yang didengar dari radio dengan tepat
c.
Menanggapi isi berita yang didengar dari
radio dengan benar
d.
Menyimpulkan isi berita yang didengar
dari radio dengan benar
V.
Materi pembelajaran
Fakta : Pemerintah provinsi DKI jakarta
menggarap jalur transportasi air ( wacana terlampir )
VI.
Alat dan Media Pembelajaran
-
KTSP, buku sumber, Radio
VII.
Metode
-
Inkuiri, Penugasan, Tanya jawab, Problem Solving
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
WAKTU/
NILAI
|
1. Kegiatan Awal ( 15 menit )
a.
Peserta didik Berdo’a (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)
b.
Dua orang peserta didik membaca Al-qur’an (jika masuk jam pertama guru dan
siswa )
c.
Guru memperhatikan kehadiran siswa ( membangun rasa kepedulian antara
pendidik dan peserta didik )
d.
Appersepsi:
1. Guru mengajukan pertanyaan
- Berita apakah yang pernah kamu dengar dari
Radio / TV?
- Apakah
contoh berita yang kamu dengar ?
- Guru memberikan motivasi kepada peserta
didik dengan mencontohkan sebuah berita
- Guru Menyampaikan tujuan
pembelajaran hari ini.
2. Kegiatan Inti ( 50 menit )
Eksplorasi
a.
Peserta didik mendengarkan berita
dari radio yang diputar di depan kelas
b.
Peserta didik menyebutkan inti
berita yang didengarnya
Elaborasi
a.
Peserta didik Menuliskan
pokok-pokok berita
b.
Peserta didik menjawab pertanyaan
tentang isi berita
c.
Peserta didik menanggapi isi
berita
d.
Peserta didik menyimpulkan isi
berita
Konfirmasi
a.
Pendidik merefleksi hasi kerja
peserta didik
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.
Peserta didik dan pendidik
menyimpulkan materi pembelajaran
|
15 menit
45 menit
15
menit
|
VIII.
Sumber Belajar
-
Buku Bahasa Indonesia BSE kelas VI hal
88
XII.
Penilaian
Prosedur
-
Penilaian selama proses belajar mengajar
berlangsung secara individual dan kelompok berupa tugas dan pengamatan:
a.
Mendengarkan dengan serius
b.
Menulis dengan serius
c.
Menjawab pertanyaan dengar benar
d.
Menanggapi isi berita dengan benar
-
Penilaian hasil belajar berupa aspek
kognitif dalam bentuk soal uraian
Jawablah pertanyaan
dibawah ini dengan tepat !
1.
Apakah judul berita yang kamu dengar ?
2.
Dimana jalur transportasi air di
DKI akan dibuka?
3.
Apa guna jalur trasportasi air dibuka d
DKI ?
4.
Jalur apa yang digunakan untuk rute awal
?
5.
Tuliskanlah kesimpulan isi berita yang
kamu dengar
Kunci Jawaban :
1.
Judul berita yang didengar adalah
Pemprov DKI Jakara menggarap jalur transportasi air
2.
Jalur transportasi air di DKI akan
dibuka dikawasan kali ciliwung dan banjir kanal barat
3.
Jalur transportasi air dibuka di DKI
jakarta adalah untuk menghindari kemacetan arus lalu lintas darat yang kerap
terjadi di jakarta
4.
Jalur yang digunakan pada rute awal
adalah jalur kebon kacang hingga pasar manggarai
5.
Kesimpulan berita yang didengar adalah
Pemprov DKI Jakarta akan membuka jalur transportasi air di kawasan kali
ciliwung dan banjir kanal barat . jalur transportasi air merupakan salah satu
upaya untuk menghindari kemacetan arus lalu lintas darat. Untuk rute awal,
jalur yang dilalui adalah Kebun Kacang hingga Pasar Manggarai, di rencanakan
seluruh perangkat penunjang transportasi air selesai dibangun pada bulan Juli
2007.
Kumbayau, 23 Maret 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Dra. A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002 NIP.
19890323 201402 2 001
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas /
Semester :
VI / II
Alokasi Waktu : 5 x
35 menit
I.
Standar Kompetensi
Memahami teks dengan
membaca intensif dan membaca sekilas
II.
Kompetensi Dasar
Menyimpulkan
isi berita yang didengar dari telivisi atau radio
III. Indikator
a.
Menuliskan pokok-pokok isi berita
kedalam beberapa kalimat
b.
Menjawab pertanyaan yang diajukan mengenai
isi berita
c.
Menanggapi isi berita yang didengar
d.
Menyimpulkan isi berita yang didengar
IV.
Tujuan pembelajaran
a.
Peserta didik mampu menuliskan
pokok-pokok isi berita kedalam beberapa kalimat dari radio yang di dengar
dengan benar
b.
Peserta didik mampu menjawab pertanyaan
yang diajukan mengenai isi berita yang didengar dari radio dengan tepat
c.
Menanggapi isi berita yang didengar dari
radio dengan benar
d.
Menyimpulkan isi berita yang didengar
dari radio dengan benar
V.
Materi pembelajaran
Fakta : Pemerintah provinsi DKI jakarta menggarap jalur transportasi air
( wacana terlampir )
VI.
Alat dan Media Pembelajaran
-
KTSP, buku sumber, Radio
VII.
Metode
-
Inkuiri, Penugasan, Tanya jawab
VIII. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
WAKTU/
NILAI
|
1. Kegiatan Awal ( 15 menit )
a.
Peserta didik Berdo’a (menunjukkan pembelajaran adalah ibadah)
b.
Dua orang peserta didik membaca Al-qur’an (jika masuk jam pertama guru dan
siswa )
c.
Guru memperhatikan kehadiran siswa ( membangun rasa kepedulian antara pendidik
dan peserta didik )
d.
Appersepsi:
1. Guru mengajukan pertanyaan
- Berita apakah yang pernah kamu dengar
dari Radio / TV?
-
Apakah contoh berita yang kamu dengar ?
- Guru
memberikan motivasi kepada peserta didik dengan mencontohkan sebuah berita
- Guru Menyampaikan tujuan pembelajaran
hari ini.
2. Kegiatan Inti ( 50 menit )
Eksplorasi
a. Peserta
didik mendengarkan berita dari radio yang diputar di depan kelas
b.
Peserta didik menyebutkan inti
berita yang didengarnya
Elaborasi
1.
Peserta didik Menuliskan
pokok-pokok berita
2.
Peserta didik menjawab pertanyaan
tentang isi berita
3.
Peserta didik menanggapi isi
berita
4.
Peserta didik menyimpulkan isi
berita
Konfirmasi
a.
Pendidik merefleksi hasi kerja
peserta didik
3. Kegiatan Penutup ( 15 menit )
a.
Peserta didik dan pendidik
menyimpulkan materi pembelajaran
|
15 menit
45 menit
15
menit
|
IX. Penilaian
Prosedur
-
Penilaian selama proses belajar mengajar
berlangsung secara individual dan kelompok berupa tugas dan pengamatan:
a.
Mendengarkan dengan serius
b.
Menulis dengan serius
c.
Menjawab pertanyaan dengar benar
d.
Menanggapi isi berita dengan benar
-
Penilaian hasil belajar berupa aspek
kognitif dalam bentuk soal uraian
Jawablah pertanyaan
dibawah ini dengan tepat !
1.
Apakah judul berita yang kamu dengar ?
2.
Dimana jalur transportasi air di
DKI akan dibuka?
3.
Apa guna jalur trasportasi air dibuka d
DKI ?
4.
Jalur apa yang digunakan untuk rute awal
?
5.
Tuliskanlah kesimpulan isi berita yang
kamu dengar
Kunci Jawaban :
1.
Judul berita yang didengar adalah
Pemprov DKI Jakara menggarap jalur transportasi air
2.
Jalur transportasi air di DKI akan
dibuka dikawasan kali ciliwung dan banjir kanal barat
3.
Jalur transportasi air dibuka di DKI
jakarta adalah untuk menghindari kemacetan arus lalu lintas darat yang kerap
terjadi di jakarta
4.
Jalur yang digunakan pada rute awal
adalah jalur kebon kacang hingga pasar manggarai
5.
Kesimpulan berita yang didengar adalah
Pemprov DKI Jakarta akan membuka jalur transportasi air di kawasan kali
ciliwung dan banjir kanal barat . jalur transportasi air merupakan salah satu
upaya untuk menghindari kemacetan arus lalu lintas darat. Untuk rute awal,
jalur yang dilalui adalah Kebun Kacang hingga Pasar Manggarai, di rencanakan
seluruh perangkat penunjang transportasi air selesai dibangun pada bulan juli
2007.
Kumbayau, 6 April 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Dra. A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002 NIP.
19890323 201402 2 001
Komentar
Posting Komentar