RPP IPS kelas VI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SD Negeri 14 Kumbayau
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : VI/II
Waktu : 6 x 35 Menit (3 x Pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
2. Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya
II. Kompetensi Dasar
2.1 Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di
Indonesia dan negara tetangga
III. Indikator
Pertemuan I
-
Menunjukkan
pada peta letak dan nama negara tetangga Indonesia (Peduli lingkungan)
-
Membandingkan
ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara–negara tetangga (Peduli
lingkungan)
Pertemuan II
-
Menjelaskan
gejala alam hubungannya dengan masalah sosial (komunikatif)
-
Mengelompokkan
gejala alam yang berhubungan dengan ekonomi dan sosial (rasa ingin tahu)
Pertemuan III
-
Membandingkan
gejala alam dan sosial di Indonesia dengan negara-negara tetangga (peduli
lingkungan)
-
Menceritakan
gejala alam di Indonesia dengan negara tetangga (peduli, sosial)
IV. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan
I
Peserta
didik mampu:
-
Menunjukkan
pada peta letak dan nama negara tetangga Indonesia
-
Membandingkan
ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara–negara tetangga
Pertemuan II
Peserta didik mampu:
-
Menjelaskan
gejala alam hubungannya dengan masalah sosial
-
Mengelompokkan
gejala alam yang berhubungan dengan ekonomi dan sosial
Pertemuan III
Peserta, didik mampu:
-
Membandingkan
gejala alam dan sosial di Indonesia dengan negara-negara tetangga
-
Menceritakan
gejala alam di Indonesia dengan negara tetangga
V. Materi Pokok
Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
VI. Metode
1.
Ceramah
2.
Tanya
jawab
3.
Diskusi
4.
Penugasan.
5.
Presentase
6.
Problem solving
VII.Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
|
Kegiatan
Awal
|
1. Peserta didik memimpin do'a
2. Peserta didik membaca juz'amma
3. Pendidik memperhatikan kehadiran
peserta didik
4. Appersepsi
Pendidik mengajukan pertanyaan:
5. Pendidik memotivasi peserta didik
dengan mengajukan pernyataan: dengan belajar tentang peristiwa alam kits akan
mengenal dan mengetahui alam dengan cermat
|
Peduli lingkungan
|
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi
a. Peserta didik Mendengarkan
keterangan pendidik tentang gejala ( peristiwa ) alam yang terjadi di
Indonesia
b. Peserta didik membaca buku sumber
tentang gejala peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia
c. Peserta didik bertanya jawab dengan
pendidik tentang gejala ( peristiwa ) alam yang terjadi di Indonesia
d. Peserta didik membuka, membaca dan
mencari dalam majalah , koran tentang gejala peristiwa ) alam yang terjadi di
Indonesia
Elaborasi
a.
Peserta didik berdiskusi kelompok untuk mengidentifikasi gejala (
peristiwa ) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
b.
Peserta didik berdiskusi kelompok tentang contoh gejala ( peristiwa )
alam yang terjadi di Indonesia
c.
Peserta didik berdiskusi kelompok tentang contoh gejala ( peristiwa )
alam yang terjadi di negara tetangga
d.
Peserta didik membacakan hasil diskusi masing-masing kelompok ke depan
kelas
e.
Peserta didik yang lain menanggapi hasil diskusi yang dibacakan
temannya di depan kelas
Konfirmasi
a.
Peserta didik merefleksi hasil kerja kelompoknya
|
Peduli lingkungan
Peduli lingkungan
Komunikatif
Peduli lingkungan
Peduli lingkungan
Peduli lingkungan
Peduli sosial
Peduli sosial
|
Kegiatan
Penutup
|
a. Peserta didik dan pendidik
menyimpulkan materi pembelajaran
b. Penugasan mencari dalam majalah /
surat kabar, gejala (peristiwa) alam
yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
|
|
Pertemuan II
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
|
Kegiatan
Awal
|
1. Peserta didik memimpin do'a
2. Peserta didik membaca juz'amma
3. Pendidik memperhatikan kehadiran
peserta didik
4. Appersepsi
Pendidik Mengajukan pertanyaan
a. Masih ingatkah kamu dengan
pelajaran kemarin
b. Sebutkan gejala (peristiwa alam
yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga?
5. Pendidik memotivasi peserta didik
dengan mengajukan pernyataan : dengan belajar tentang peristiwa alam kita
akan mengenal dan mengetahui alam denan cermat
|
Peduli lingkungan
Peduli lingkungan
|
Kegiatan Inti
|
Eksplorasi
a. Peserta didik Mendengarkan
keterangan pendidik tentang dampak dari gejala alam yang terjadi di Indonesia
dan negara - negara tetangga
b. Peserta didik membuka, membaca dan
mencari dalam majalah , koran tentang dampak dari gejala alam yang terjadi di
Indonesia dan negara – negara tetangga
Elaborasi
a. Peserta didik berdiskusi kelompok
tentang penyebab dari gejala alam yang terjadi di Indonesia dan negara -
negara tetangga
b. Peserta didik berdiskusi kelompok
tentang akibat dari gejala alam yang terjadi di Indonesia dan negara - negara
tetangga
c. Peserta didik berdiskusi kelompok
tentang penyebab dan akibat dari gejala alam yang terjadi di Indonesia dan
negara-negara tetangga
d. Peserta didik membacakan hasil
diskusi masing-masing kelompok ke depan kelas
e. Peserta didik yang lain menanggapi
hasil diskusi yang dibacakan temannya di depan kelas
Konfirmasi
a. Peserta didik merefleksi hasil
kerja kelompoknya
|
Peduli sosial
Komunikatif
Peduli lingkungan
Peduli lingkungan
Peduli sosial
Komunikatif
Peduli sosial
|
Kegiatan
Penutup
|
a. Peserta didik dan Pendidik
menyimpulkan materi pembelajaran
b. Penugasan ( Mengumpulkan kliping
tentang gejala (peristiwa) alum yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
|
|
Pertemuan III
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
|
Kegiatan
Awal
|
1. Peserta didik memimpin do'a
2. Peserta didik membaca juz'amma
3. Pendidik memperhatikan kehadiran
peserta didik
4. Appersepsi
Pendidik Mengajukan pertanyaan
a. Masih ingatkah kamu dengan
pelajaran kemarin
b. Apakah penyebab dan akibat dari
gejala alam
5. Pendidik memotivasi peserta didik
dengan mengajukan pernyataan : dengan belajar tentang peristiwa alam kits
akan mengenal dan mengetahui alum dengan cermat
|
Peduli lingkungan
|
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi
a. Peserta didik Mendengarkan
keterangan Pendidik tentang dampak dari gejala alam yang terjadi di permukaan
bumi
b. Peserta didik membuka, membaca dan
mencari dalam majalah , koran tentang dampak dari gejala alum yang terjadi di
permukaan bumi
Elaborasi
a. Peserta didik berdiskusi kelompok
tentang penyebab dari gejala alam yang terjadi di permukaan bumi
b. Peserta didik berdiskusi kelompok
tentang akibat dari gejala alam yang terjadi di permukaan bumi
c. Peserta didik berdiskusi kelompok
tentang penyebab dan akibat dari gejala alam yang terjadi di permukaan bumi
d. Peserta didik membacakan hasil
diskusi masing-masing kelompok ke depan kelas
e. Peserta didik yang lain menanggapi
hasil diskusi yang dibacakan temannya di depan kelas
Konfirmasi
a. Peserta didik merefleksi hasil
kerja kelompoknya
|
Peduli lingkungan
Komunikatif
Komunikatif
Komunikatif
Peduli lingkungan
Komunikatif
Peduli sosial
|
Kegiatan
Penutup
|
a. Peserta didik dan pendidik
menyimpulkan materi pembelajaran
b. Penugasan
|
|
VIII. Sumber / Alat dan Bahan
1.
Sumber
a.
Buku
teks IPS kelas 6
b.
Buku
IPS paket
c.
Buku
tulis IPS lain yang relevan
2.
Alat
dan bahan
a.
Majalah
/ koran, gambar / foto
IX. Penilaian
Soal - Soal
1.
Gejala
slam yang muncul akibat hutan yang gundul
2.
Getaran
pada kulit bumi yang disebabkan oleh kekuatan dari dalam bumi disebut…
3.
Lelehan
batuan pada kerak bumi yang sangat panas disebut…
4.
Angin
kencang yang berputar disebut …
5.
Angin
topan sungsane dan angin topan durin terdapat di…
6.
Tsunami
terbesar di Indonesia terjadi pada, akhir tahun…
7.
Letusan
gunung api yang terjadi di Sumatra barat…
8.
Indonesia
mengalami penggantian musim karena, terletak pada…
9.
Daerah
yang terkena letusan gunung api di sebut…
10.Banjir terparah di Indonesia terjadi
pada tahun…
Kunci Jawaban
1. Tanah Longsor
2. Gempa bumi
3. Magma
4. Angin topan
5. Philiphina
6. 2004
7. Gunung talang
8. Garis khatulistiwa
9. Larva vulkanis
10. 2007
Kumbayau, 5 Januari 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas
Dra.
A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002
NIP. 19890323 201402 2 001
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester :
VI / II
Waktu :
3 x 35 Menit (1 x Pertemuan)
I.
Standar Kompetensi
2. Memahami
gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya
II. Kompetensi Dasar
2.2 Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam
III. Indikator
2.2.1
Menjelaskan
langkah-langkah antisipasi sesuai karakter bencana (komunikatif)
2.2.2
Menjelaskan
cara-cara yang harus dilakukan saat terjadi bencana (komunikatif)
2.2.3
Menjelaskan
usaha yang dilakukan setelah bencana (komunikatif, peduli sosial)
IV. Tujuan Pembelajaran
2.2.1
Siswa
dapat menjelaskan langkah-langkah antisipasi sesuai karakter bencana dengan
benar setelah berdiskusi dalam kelompok
2.2.2
Siswa
dapat menjelaskan cara-cara yang harus dilakukan saat terjadi bencana dengan
benar setelah berdiskusi dalam kelompok
2.2.3
Siswa
dapat menjelaskan usaha yang dilakukan setelah bencana terjadi dengan benar
setelah berdiskusi dalam kelompok.
V. Materi Pokok
·
Langkah-langkah
antisipasi yang bisa dilakukan sebelum terjadinya bencana:
1.
Banjir
-
Jangan
membuang sampah sembarangan
-
Jangan
membangun rumah dekat serapan air
2.
Tanah
longsor
-
Tidak
menebang pohon secara liar
-
Membuat
terasering di daerah perbukitan
Cara menghadapi bencana alam:
1.
Gempa
bumi:
-
Jangan
panik
-
Matikan
alat-alat elektronik
-
Jika
berada di jalan raya kurangi kecepatan
2.
Banjir
-
Pergilah
ke tempat yang ketinggian
-
Selamatkan
jiwa secepat mungkin
Usaha yang dilakukan dalam mengatasi bencana alam:
1.
Banjir
-
Jangan
menebang pohon secara sembarangan
-
Jangan
melakukan peladangan perpindah
-
Lakukan
tebang pilih
-
Mengadakan
penghijauan
-
Jangan
membuang sampah sembarangan
2.
Tanah
longsor
-
Jangan
melakukan penebangan hutan secara sembarangan
-
Membuat
terasering / sengkedan di daerah perbukitan
VI. Alat dan Media Pembelajaran
-
Aktif
belajar IPS 6
-
IPS
BSE 6
-
IPS
Erlangga
-
Peta
/ atlas
-
Surat
kabar
VII. Metode
-
Ceramah
-
Tanya
jawab
-
Diskusi
-
Penugasan
VIII. Kegiatan Pembelajaran
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
|
Kegiatan Awal
(10 menit)
|
-
Siswa berdo’a
-
Guru memperhatikan kehadiran siswa
-
Appersepsi: tanya jawab pelajaran yang lalu
|
Religius
Disiplin
|
Kegiatan Inti
(80 menit)
|
Eksplorasi
-
Siswa memperhatikan media yang dipanjangkan guru tentang macam-macam
bencana
-
Siswa menyebutkan nama-nama bencana alam yang terjadi di Indonesia
-
Siswa menyebutkan macam-macam bencana alam lainnya yang terjadi di
negara tetangga
Elaborasi
-
Siswa membentuk kelompok belajar
-
Siswa berdiskusi kelompok tentang langkah-langkah yang harus dilakukan
saat terjadi bencana alam dan usaha yang dilakukan setelah terjadinya bencana
-
Siswa melaporkan hasil diskusi kelompok, kelompok lain menanggapi
Konfirmasi
-
Siswa di bawah bimbingan guru melengkapi hasil diskusi yang belum
disampaikan
|
Cinta tanah air
Cinta tanah air
Cinta tanah air
Rasa ingin tahu, peduli lingkungan,
komunikatif
Komunikatif
Komunikatif
|
Kegiatan
Penutup
(15 menit)
|
-
Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran
-
Siswa mengerjakan tugas kliping tentang bencana alam yang diberikan
guru
|
|
IX. Penilaian
Prosedur
1.
Penilaian
selama proses belajar mengajar berlangsung secara individu dan kelomok berupa
tugas dan pengamatan:
-
Mengamati
media dengan serius
-
Berdiskusi
dengan Antusias dalam kelomok
-
Mengemukakan
pendapat dalam diskusi kelas
-
Menghargai
pendapat teman
2.
Penilaian
hasil belajar berupa aspek kognitif dalam bentuk soal-soal uraian setelah pokok
bahasan selesai
Soal ujian:
1.
Tulislah
2 langkah yang dilakukan untuk mengantisipasi banjir!
2.
Tulislah
2 langkah yang dilakukan untuk mengantisipasi tanah longsor!
3.
Tulislah
2 cara yang dilakukan saat terjadi tsunami!
4.
Tulislah
2 cara yang dilakukan saat terjadinya banjir!
5.
Tulislah
2 usaha yang dilakukan setelah terjadinya banjir!
Kunci jawaban:
1.
-
Tidak menebang pohon secara liar
- Tidak membuang sampah sembarangan
2.
-
Tidak menebang pohon atau hutan secara liar
- Membuat tarasering di daerah perbukitan
3.
-
Berlarilah ke tempat yang lebih tinggi
- Jika kamu berada di pantai, perhatikan situasi pantai
4.
-
Pergilah ke daerah yang ketinggian
- Selamatkanlah harta benda dan nyawa
5.
-
Jangan melakukan peladangan berpindah
- Tidak membuang sampah ke selokan
Kumbayau, 19 Januari 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas
Dra.
A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002
NIP. 19890323 201402 2 001
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester :
VI/II
Waktu :
6 x 35 Menit ( 2 x Pertemuan )
I.
Standar Kompetensi
3. Memahami peranan Indonesia di era global
II. Kompetensi Dasar
3.1 Menjelaskan
peranan Indonesia pada era global dan dampak positif serta negatifnya terhadap
kehidupan bangsa Indonesia
III. Indikator
3.1.1 Menjelaskan pengertian globalisasi ( komunikatif )
3.1.2 Menjelaskan tujuan adri globalisasi ( komunikatif )
3.1.3 Menjelaskan dampak positif globalisasi pada masyarakat Indonesia (
komunikatif )
3.1.4 Menjelaskan dampak negative globalisasi pada masyarakat Indonesia
(komunikatif)
3.1.5 Menentukan cara zmenghadapi globalisasi ( komunikatif)
IV. Tujuan Pembelajaran
3.1.1
Siswa
dapat menjelaskan pengertian globalisasi dengan tepat setelah mendengarkan
penjelasan guru
3.1.2
Siswa
dapat menjelaskan tujuan dari globalisasi dengan tepat setelah mendengarkan
penjelasan guru
3.1.3
Siswa
dapat menjelaskan dampak positif globalisasi pada masyarakat Indonesia dengan
benar setelah berdiskusi dalam kelompok
3.1.4
Siswa
dapat menjelaskan dampak negative globalisasi pada masyarakat Indonesia dengan
benar setelah berdiskusi dalam kelompok
3.1.5
Siswa
dapat menentukan cara menghadapi globalisasi dengan benar setelah berdisksi
dalam kelompok
V. Materi Pokok
a.
Pengertian
Globalisasi adalah proses mendunia segala aspek kehidupan
b.
Tujuan
globalisasi
-
Pemerataan
-
Kemakmuran
-
Kemajuan
c.
dampak
Positif Globalisasi
-
Kemajuan
bidang telekomunikasi, transportasi, produksi
-
Kemajuan
tekhnologi menyebabkan kehidupan social, ekonomi lebih produktif, efektif dan
efesien
-
Kemajuan
teknologi mempengaruhi tingkat pendidikan dan sumber daya manusia
-
Meningkatnya
pemanfaatan sumber daya alam
-
Kemajuan
ilmu pengetahuan dan teknologi menjadikan bangsa Indonesia berdiri sejajar
dengan bangsa lain
d.
Dampak
negative Globalisasi
-
Individualisme
muncul
-
Sikap
materialisme
-
Sikap
mengagungkan teknologi
-
Sikap
sekularisme lebih mementingkan duniawi
-
Sikap
bergaya hidup mewah
e.
Cara
menghadapi arus globalisasi
-
Menanamkan
Aqidah sedini mungkin
-
Harus
pandai memilah budaya asing yang masuk kenegara kita
-
Tidak
meninggalkan nilai-nilai luhur bangsa kita
VI.
Alat dan Media Pembelajaran
-
Aktif
belajar IPS 6
-
IPS
BSE Kelas VI
-
IPS
Erlangga
-
Surat
Kabar
-
Televisi
VII. Metode
Ceramah, Tanya
jawab, Diskusi, Penugasan
VIII. Langkah Pembelajaran
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
|
Kegiatan
Awal
(10 menit)
|
1. Peserta didik memimpin do'a
2. Peserta. didik membaca juz'amma
3. Pendidik memperhatikan kehadiran
peserta didik
4. Appersepsi: Tanya jawab pelajaran
yang lalu
|
Religius
Disiplin
|
Kegiatan
Inti
(80 menit)
|
Eksplorasi
a. Peserta didik Mendengarkan
keterangan singkat dari pendidik tentang globalisasi
b. Peserta didik membaca buku sumber
tentang pengertian globalisasi
c. Peserta didik bertanya jawab dengan
pendidik tentang pengertian globalisasi
d. Peserta didik bertanya jawab dengan
pendidik tenatan tujuan dari globalisasi
Elaborasi
a. Peserta didik berdiskusi kelompok
untuk membicarakan tentang dampak positif dan negative dari globalisasi serta
cara menghadapi arus globalisasi
b. Peserta didik membacakan hasil
diskusinya masing-masing kelompok kedepan kelas
c. Peserta didik yang lain menanggapi
hasil diskusi yang dibacakan temannya didepan kelas
Konfirmasi
Peserta didik merefleksi hasil
kerja kelompoknya
|
Komunikatif
Kreatif
Kreatif
kreatif
Rasa ingin tahu, peduli lingkungan,
komunikatif
Komunikatif
Komunikatif
Peduli sosial
|
Kegiatan
Penutup
(15 menit)
|
a. Peserta didik dan pendidik
menyimpulkan materi pembelajaran
b. Peserta didik ditugaskan untuk
mencari gambar, foto, benda berupa bungkus barang, kotak, sebagai produk
globalisasi sebagai tugas di rumah
|
Komunikatif
|
IX.
Penilaian
Prosedur
1.
Penilaian selama PBM berlangsung secara Individual
dan kelompok berupa tugas dan pengamatan
-
membaca dengan serius
-
Berdiskusi dengan antusias dalam kelompok
-
Mengemukakan pendapat dalam diskusi kelas
-
Menghargai pendapat teman
2.
Penilaian hasil belajar berupa aspek kognitif dalam
bentuk soal-soal isian setelah pokok bahasan selesai
Soal Isian:
1.
tidak ada lagi pembatas bagi manusia untuk lebih
maju dan berhubungan antar Negara dibenua-benua disebut ….
2.
Asal mula terjadinya globalisasi berawal dari
konferensi beberapa Negara yang dilaksanakan di Negara …..
3.
Salah satu tujuan globalisasi adalah….
4.
Salah satu perubahan prilaku masyarakat sebagai
dampak globaliasi di bidang makanan adalah …..
5.
Orang dapat pergi ke suatu tempat dengan cepat
adalah bukti globalisasi dibidang ….
6.
Sebagai dampak positif globalisasi orang dapat
menyelesaikan pekerjaan pada …..
7.
Hedomistik adalah sikap hidup yang ……..
8.
Sebagai dampak negative globalisasi terhadap sikap
mementingkan diri sendiri yang disebut dengan….
9.
Surat elektronik lewat computer disebut juga dengan
…..
10. Motor
Ducaty adalah produksi Negara….
Kunci Jawaban
1.
Globalisasi
2.
Amerika Serikat
3.
Menciptakan kemakmuran, kemajuan dan modernisasi
bagi kehidupan seluruh bangsa di dunia
4.
Pakai bahan pengawet, bersifat instant atau siap
saji
5.
Transportasi
6.
Tepat waktu
7.
Hura-hura
8.
Individualisme
9.
E-mail
10. Italia
Kumbayau, 26 Januari 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas
Dra.
A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002
NIP. 19890323 201402 2 001
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester :
VI/II
Waktu :
6 x 35 Menit ( 2 x Pertemuan )
I. Standar Kompetensi
3. Memahami peranan Indonesia di era global
II. Kompetensi Dasar
3.2 Mengenal
manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa
III. Indikator
Pertemuan I
-
Menjelaskan
pengertian ekspor dan impor (komunikatif)
-
Menyebutkan
contoh barang–barang yang dihasilkan Indonesia yaitu migas, non migas dan
barang tambang lainnya (komunikatif)
Pertemuan II
-
Menyebutkan
barang yang diekspor oleh Indonesia ke negara-negara, Asia Tenggara (komunikatif)
-
Menyebutkan
barang yang diimpor oleh Indonesia ke negara-negara, Asia Tenggara (komunikatif)
-
Menyebutkan
barang, yang diekspor oleh Indonesia ke beberapa negara maju dunia (Amerika
Serikat, Jepang, Cina) (tanggungjawab)
-
Menyebutkan
barang yang diimpor oleh Indonesia ke beberapa negara maju dunia (Amerika
Serikat, Jepang, Cina) (tanggungjawab)
Pertemuan III
-
Menjelaskan
manfaat Indonesia mengekspor barang keluar negeri (komunikatif)
-
Menjelaskan
manfaat Indonesia mengimpor barang keluar negeri (komunikatif)
IV. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan I
Peserta didik mampu:
-
Menjelaskan
pengertian ekspor dan impor
-
Menyebutkan
contoh barang-barang yang dihasilkan Indonesia yaitu migas, non migas dan
barang tambang lainnya
Pertemuan II
Peserta didik mampu :
-
Menyebutkan
barang yang diekspor oleh Indonesia ke negara-negara Asia Tenggara
-
Menyebutkan
barang yang diimpor oleh Indonesia ke negara–negara Asia Tenggara
-
Menyebutkan
barang yang diekspor oleh Indonesia ke beberapa negara maju dunia (Amerika
Serikat, Jepang, Cina)
-
Menyebutkan
barang yang diimpor oleh Indonesia ke beberapa negara maju dunia (Amerika
Serikat, Jepang, Cina)
-
Menjelaskan
manfaat Indonesia mengekspor barang keluar negeri
-
Menjelaskan
manfaat Indonesia mengimpor barang keluar negeri
V. Materi Pokok
Manfaat ekspor dan impor di
Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa.
VI. Metode
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Diskusi
4. Penugasan
5. Presentase
VII. Langkah
Pembelajaran
Pertemuan I
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
|
Kegiatan
Awal
|
1. Peserta didik memimpin do'a
2. Peserta. didik membaca juz'amma
3. Pendidik memperhatikan kehadiran
peserta didik
4. Appersepsi
Pendidik mengajukan pertanyaan:
b.
Pernahkah kamu melihat kegiatan perdagangan keluar negeri?
c.
Barang apa yang diperjualbelikan keluar negeri:
5. Pendidik memotivasi peserta didik dengan
mengajukan pernyataan: dengan belajar tentang peranan Indonesia di era global
akan menambah wawasan kits tentang Indonesia dan luar negeri
|
Komunikatif
Tanggungjawab
Komunikatif
|
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi
1. Peserta didik Mendengarkan
keterangan pendidik tentang ekspor dan impor
2. Peserta didik membaca buku sumber
tentang pengertian ekspor Impor
3. Peserta didik bertanya jawab dengan
pendidik tentang pengertian ekspor dan Impor
4. Peserta didik membuka, membaca dan
mencari dalam majalah , koran tentang contoh barang yang dihasilkan Indonesia
yaitu migas, non migas dan barang tambang lain
Elaborasi
1. Peserta didik berdiskusi kelompok
tentang contoh barang yang dihasilkan Indonesia yaitu migas, non migas dan
barang tambang lain
2. Peserta didik berdiskusi kelompok
tentang contoh barang yang diekspor Indonesia ke negara Asia Tenggara
3. Peserta didik berdiskusi kelompok
tentang contoh barang yang diimpor Indonesia ke negara Asia Tenggara
4. Peserta didik membacakan hasil
diskusi masing-masing kelompok ke depan kelas
5. Peserta didik yang lain menanggapi
hasil diskusi yang dibacakan temannya di depan kelas
Konfirmasi
1. Peserta didik merefleksi hasil kerja
kelompoknya
|
Komunikatif
Gemar membaca
Komunikatif
Gemar membaca
Komunikatif
Komunikatif
Komunikatif
Komunikatif
Peduli sosial
Peduli sosial
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Peserta didik dan pendidik
menyimpulkan materi pembelajaranPenugasan ( mencari dalam majalah / Surat
kabar, barang yang di impor Indonesia ke beberapa negara Asia Tenggara )
|
Komunikatif
|
Pertemuan II
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai
|
Kegiatan
Awal
|
1. Peserta didik memimpin do'a
2. Peserta didik membaca juz'amma
3. Pendidik memperhatikan kehadiran
peserta didik
4. Appersepsi
Pendidik Mengajukan pertanyaan
a. Masih ingatkah kamu dengan
pelajaran kemarin
b. Barang apa yang di Impor Indonesia ke
negara Asia Tenggara
5. Pendidik memotivasi peserta didik dengan
mengajukan pernyataan: dengan belajar tentang peranan Indonesia di ea global
akan menambah wawasan kita tentang Indonesia dan luar negeri
|
Komunikatif
Komunikatif
Peduli sosial
|
Kegiatan
Inti
|
Eksplorasi
1. Peserta didik Mendengarkan
keterangan pendidik tentang ekspor dan Impor Indonesia ke negate Asia
Tenggara
2. Peserta didik membuka, membaca dan
mencari dalam majalah , koran tentang ekspor dan Impor Indonesia ke negara
Asia tenggara
Elaborasi
1. Peserta didik berdiskusi kelompok
tentang ekspor dan Impor Indonesia ke negara Asia Tenggara
2. Peserta didik berdiskusi kelompok
tentang contoh barang yang diekspor Indonesia ke negara maju di dunia seperti
ke Jepang, Singgapura, Amerika Serikat, Belgia, Inggris, Prancis, Jerman dan
Italia
3. Peserta didik berdiskusi kelompok
tentang contoh barang yang diimpor Indonesia ke negara maju di dunia seperti
Jepang, Singgapura, Amerika Serikat, Belgia, Inggris, Prancis, Jerman dan
Italia
4. Peserta didik membacakan hasil
diskusi masing-masing kelompok ke depan kelas
5. Peserta didik yang lain menanggapi
basil diskusi yang dibacakan temannya di depan kelas
Konfirmasi
1. Peserta didik merefleksi hasil kerja
kelompoknya
|
Komunikatif
Gemar membaca
Komunikatif
Peduli sosial
Peduli lingkungan
Tanggungjawab
Komunikatif
|
Kegiatan
Penutup
|
1. Peserta didik dan pendidik
menyimpulkan materi pembelajaran
2. Penugasan ( Mengumpulkan kliping
tentang barang- barang yang I ekspor Indonesia ke beberapa negara maju
|
|
VI. Sumber / Alat dan Bahan
1. Sumber
a.
Buku
teks IPS kelas 6
b.
Buku
IPS paket
c.
Buku
tulis IPS lain yang relevan
2. Alat dan bahan
a. Majalah / koran, gambar / foto
VII. Penilaian
A.
Isian
1. Kegiatan menjual barang atau jasa ke
negara lain disebut…
2. Kegiatan membeli barang atau jasa
dari negara lain disebut…
3. Jumlah tertinggi dari barang yang
mendapat izin impor /ekspor disebut....
4. Teh, karet dan kelapa sawit merupakan
hasil dari…
5. Bijih timah, bes, bauksit, batu bars
adalah hasil…
6. Kayu lapis, pakaian jadi, kain tenun
merupakan hasil dari…
7. Dua contoh hasil hutan…
8. Dua contoh barang tambang organik…
9. Dua contoh barang yang di ekspor
Indonesia ke Filiphina…
10. Dua contoh barang yang di impor
Indonesia ke Filiphina…
B.
Uraian
1. Jelaskan pengertian Ekspor dan Impor!
2. Tulislah 5 contoh barang logam !
3. Tulislah 3 manfaat Indonesia
mengekspor barang keluar negeri !
4. Tulislah 2 manfaat Indonesia
mengimpor barang keluar negeri !
5. Tulislah 4 contoh barang tambang !
Kunci Jawaban
A.
Isian
1.
Ekspor
2.
Impor
3.
Kuota
4.
Perkebunan
5.
Tambang
6.
Industri
7.
Rotan
dan kayu
8.
Minyak
bumi, batu bara, Aspal, gas bumi
9.
Besi,
baja, Aluminium dan pupuk
10.
Gula
,madu, dan semen putih
B.
Uraian
1.
Ekspor
adalah kegiatan menjual barang atau jasa ke negara lain
impor
adalah kegiatan membeli barang ke negara lain
2.
Emas,
perak, mangan, nikel, pasir besi, plating, timbal, wolfram
3.
a.
Dapat memasarkan hasil produksi
b. Dapat menyerap tenaga kerja
c. Menghasilkan pendapatan negara
4.
Dapat
memenuhi kebutuhan negara
Dapat mencoba memakai produk luar
negeri
5.
Berlian,
belerang, Fosfat, gaming, asbes, gips, grafit, batu kapur, yodium.
Kumbayau, 9 Februari 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas
Dra.
A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002
NIP. 19890323 201402 2 001
Komentar
Posting Komentar