RPP IPS kelas VI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan    : SD Negeri 14 Kumbayau
Mata Pelajaran          : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester         : VI/II
Waktu                        : 6 x 35 Menit (3 x Pertemuan)

I.         Standar Kompetensi
2. Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya
II.      Kompetensi Dasar
2.1 Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
III.   Indikator
Pertemuan I
-          Menunjukkan pada peta letak dan nama negara tetangga Indonesia (Peduli lingkungan)
-          Membandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara–negara tetangga (Peduli lingkungan)
Pertemuan II
-          Menjelaskan gejala alam hubungannya dengan masalah sosial (komunikatif)
-          Mengelompokkan gejala alam yang berhubungan dengan ekonomi dan sosial (rasa ingin tahu)
Pertemuan III
-          Membandingkan gejala alam dan sosial di Indonesia dengan negara-negara tetangga (peduli lingkungan)
-          Menceritakan gejala alam di Indonesia dengan negara tetangga (peduli, sosial)
IV.   Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I
Peserta didik mampu:
-          Menunjukkan pada peta letak dan nama negara tetangga Indonesia
-          Membandingkan ciri-ciri gejala alam Indonesia dengan negara–negara tetangga
Pertemuan II
Peserta didik mampu:
-          Menjelaskan gejala alam hubungannya dengan masalah sosial
-          Mengelompokkan gejala alam yang berhubungan dengan ekonomi dan sosial
Pertemuan III
Peserta, didik mampu:
-          Membandingkan gejala alam dan sosial di Indonesia dengan negara-negara tetangga
-          Menceritakan gejala alam di Indonesia dengan negara tetangga
V.      Materi Pokok
Gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
VI.   Metode
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Diskusi
4.      Penugasan.
5.      Presentase
6.      Problem solving
VII.Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Nilai
Kegiatan Awal
1.      Peserta didik memimpin do'a
2.      Peserta didik membaca juz'amma
3.      Pendidik memperhatikan kehadiran peserta didik
4.      Appersepsi
Pendidik mengajukan pertanyaan:
  1. Pernahkah kamu melihat peristiwa slam yang terjadi di sekitar kamu ?
  2. Sebutkanlah peristiwa alam yang kamu ketahui
5.      Pendidik memotivasi peserta didik dengan mengajukan pernyataan: dengan belajar tentang peristiwa alam kits akan mengenal dan mengetahui alam dengan cermat





Peduli lingkungan
Kegiatan Inti
Eksplorasi
a.       Peserta didik Mendengarkan keterangan pendidik tentang gejala ( peristiwa ) alam yang terjadi di Indonesia
b.      Peserta didik membaca buku sumber tentang gejala peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia
c.       Peserta didik bertanya jawab dengan pendidik tentang gejala ( peristiwa ) alam yang terjadi di Indonesia
d.      Peserta didik membuka, membaca dan mencari dalam majalah , koran tentang gejala peristiwa ) alam yang terjadi di Indonesia
Elaborasi
a.       Peserta didik berdiskusi kelompok untuk mengidentifikasi gejala ( peristiwa ) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
b.      Peserta didik berdiskusi kelompok tentang contoh gejala ( peristiwa ) alam yang terjadi di Indonesia
c.       Peserta didik berdiskusi kelompok tentang contoh gejala ( peristiwa ) alam yang terjadi di negara tetangga
d.      Peserta didik membacakan hasil diskusi masing-masing kelompok ke depan kelas
e.       Peserta didik yang lain menanggapi hasil diskusi yang dibacakan temannya di depan kelas
Konfirmasi
a.       Peserta didik merefleksi hasil kerja kelompoknya

Peduli lingkungan


Peduli lingkungan

Komunikatif





Peduli lingkungan


Peduli lingkungan

Peduli lingkungan


Peduli sosial

Peduli sosial
Kegiatan
Penutup
a.       Peserta didik dan pendidik menyimpulkan materi pembelajaran
b.      Penugasan mencari dalam majalah / surat kabar,  gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga


Pertemuan II
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Nilai
Kegiatan Awal
1.      Peserta didik memimpin do'a
2.      Peserta didik membaca juz'amma
3.      Pendidik memperhatikan kehadiran peserta didik
4.      Appersepsi
Pendidik Mengajukan pertanyaan
a.       Masih ingatkah kamu dengan pelajaran kemarin
b.      Sebutkan gejala (peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga?
5.      Pendidik memotivasi peserta didik dengan mengajukan pernyataan : dengan belajar tentang peristiwa alam kita akan mengenal dan mengetahui alam denan cermat







Peduli lingkungan


Peduli lingkungan
Kegiatan Inti
Eksplorasi
a.       Peserta didik Mendengarkan keterangan pendidik tentang dampak dari gejala alam yang terjadi di Indonesia dan negara - negara tetangga
b.      Peserta didik membuka, membaca dan mencari dalam majalah , koran tentang dampak dari gejala alam yang terjadi di Indonesia dan negara – negara tetangga
Elaborasi
a.       Peserta didik berdiskusi kelompok tentang penyebab dari gejala alam yang terjadi di Indonesia dan negara - negara tetangga
b.      Peserta didik berdiskusi kelompok tentang akibat dari gejala alam yang terjadi di Indonesia dan negara - negara tetangga
c.       Peserta didik berdiskusi kelompok tentang penyebab dan akibat dari gejala alam yang terjadi di Indonesia dan negara-negara tetangga
d.      Peserta didik membacakan hasil diskusi masing-masing kelompok ke depan kelas
e.       Peserta didik yang lain menanggapi hasil diskusi yang dibacakan temannya di depan kelas
Konfirmasi
a.       Peserta didik merefleksi hasil kerja kelompoknya


Peduli sosial


Komunikatif




Peduli lingkungan


Peduli lingkungan


Peduli sosial


Komunikatif

Peduli sosial

Kegiatan
Penutup
a.       Peserta didik dan Pendidik menyimpulkan materi pembelajaran
b.      Penugasan ( Mengumpulkan kliping tentang gejala (peristiwa) alum yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga


Pertemuan III
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Nilai
Kegiatan Awal
1.      Peserta didik memimpin do'a
2.      Peserta didik membaca juz'amma
3.      Pendidik memperhatikan kehadiran peserta didik
4.      Appersepsi
Pendidik Mengajukan pertanyaan
a.       Masih ingatkah kamu dengan pelajaran kemarin
b.      Apakah penyebab dan akibat dari gejala alam
5.      Pendidik memotivasi peserta didik dengan mengajukan pernyataan : dengan belajar tentang peristiwa alam kits akan mengenal dan mengetahui alum dengan cermat






Peduli lingkungan

Kegiatan Inti
Eksplorasi
a.       Peserta didik Mendengarkan keterangan Pendidik tentang dampak dari gejala alam yang terjadi di permukaan bumi
b.      Peserta didik membuka, membaca dan mencari dalam majalah , koran tentang dampak dari gejala alum yang terjadi di permukaan bumi
Elaborasi
a.       Peserta didik berdiskusi kelompok tentang penyebab dari gejala alam yang terjadi di permukaan bumi
b.      Peserta didik berdiskusi kelompok tentang akibat dari gejala alam yang terjadi di permukaan bumi
c.       Peserta didik berdiskusi kelompok tentang penyebab dan akibat dari gejala alam yang terjadi di permukaan bumi
d.      Peserta didik membacakan hasil diskusi masing-masing kelompok ke depan kelas
e.       Peserta didik yang lain menanggapi hasil diskusi yang dibacakan temannya di depan kelas
Konfirmasi
a.       Peserta didik merefleksi hasil kerja kelompoknya

Peduli lingkungan


Komunikatif



Komunikatif

Komunikatif

Peduli lingkungan


Komunikatif

Peduli sosial
Kegiatan
Penutup
a.       Peserta didik dan pendidik menyimpulkan materi pembelajaran
b.      Penugasan


VIII.       Sumber / Alat dan Bahan
1.      Sumber
a.       Buku teks IPS kelas 6
b.      Buku IPS paket
c.       Buku tulis IPS lain yang relevan
2.      Alat dan bahan
a.     Majalah / koran, gambar / foto
IX.   Penilaian
Soal - Soal
1.    Gejala slam yang muncul akibat hutan yang gundul
2.    Getaran pada kulit bumi yang disebabkan oleh kekuatan dari dalam bumi disebut…
3.    Lelehan batuan pada kerak bumi yang sangat panas disebut…
4.    Angin kencang yang berputar disebut           
5.    Angin topan sungsane dan angin topan durin terdapat di…
6.    Tsunami terbesar di Indonesia terjadi pada, akhir tahun…
7.    Letusan gunung api yang terjadi di Sumatra barat…
8.    Indonesia mengalami penggantian musim karena, terletak pada…
9.    Daerah yang terkena letusan gunung api di sebut…
10.Banjir terparah di Indonesia terjadi pada tahun…
Kunci Jawaban
1.      Tanah Longsor
2.      Gempa bumi
3.      Magma
4.      Angin topan
5.      Philiphina
6.      2004
7.      Gunung talang
8.      Garis khatulistiwa
9.      Larva vulkanis
10.  2007

                        Kumbayau, 5 Januari 2015
           Mengetahui
        Kepala Sekolah                                                                          Guru Kelas


Dra. A F N I                                                                 NUR SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002                                               NIP. 19890323 201402 2 001



                                                             


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran      : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester     : VI / II
Waktu                     : 3 x 35 Menit (1 x Pertemuan)

I.          Standar Kompetensi
   2.  Memahami gejala alam yang terjadi di Indonesia dan sekitarnya
II.       Kompetensi Dasar
             2.2 Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam
III.    Indikator
2.2.1        Menjelaskan langkah-langkah antisipasi sesuai karakter bencana (komunikatif)
2.2.2        Menjelaskan cara-cara yang harus dilakukan saat terjadi bencana (komunikatif)
2.2.3        Menjelaskan usaha yang dilakukan setelah bencana (komunikatif, peduli sosial)
IV.    Tujuan Pembelajaran
2.2.1        Siswa dapat menjelaskan langkah-langkah antisipasi sesuai karakter bencana dengan benar setelah berdiskusi dalam kelompok
2.2.2        Siswa dapat menjelaskan cara-cara yang harus dilakukan saat terjadi bencana dengan benar setelah berdiskusi dalam kelompok
2.2.3        Siswa dapat menjelaskan usaha yang dilakukan setelah bencana terjadi dengan benar setelah berdiskusi dalam kelompok.
V.       Materi Pokok
·         Langkah-langkah antisipasi yang bisa dilakukan sebelum terjadinya bencana:
1.      Banjir
-          Jangan membuang sampah sembarangan
-          Jangan membangun rumah dekat serapan air
2.      Tanah longsor
-          Tidak menebang pohon secara liar
-          Membuat terasering di daerah perbukitan
Cara menghadapi bencana alam:
1.      Gempa bumi:
-          Jangan panik
-          Matikan alat-alat elektronik
-          Jika berada di jalan raya kurangi kecepatan 
2.      Banjir
-          Pergilah ke tempat yang ketinggian
-          Selamatkan jiwa secepat mungkin


Usaha yang dilakukan dalam mengatasi bencana alam:
1.      Banjir
-          Jangan menebang pohon secara sembarangan
-          Jangan melakukan peladangan perpindah
-          Lakukan tebang pilih
-          Mengadakan penghijauan
-          Jangan membuang sampah sembarangan
2.      Tanah longsor
-          Jangan melakukan penebangan hutan secara sembarangan
-          Membuat terasering / sengkedan di daerah perbukitan 
VI.    Alat dan Media Pembelajaran
-          Aktif belajar IPS 6
-          IPS BSE 6
-          IPS Erlangga
-          Peta / atlas
-          Surat kabar
VII. Metode
-          Ceramah
-          Tanya jawab
-          Diskusi
-          Penugasan
VIII.       Kegiatan Pembelajaran
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Nilai
Kegiatan Awal
(10 menit)
-          Siswa berdo’a
-          Guru memperhatikan kehadiran siswa
-          Appersepsi: tanya jawab pelajaran yang lalu
Religius
Disiplin

Kegiatan Inti
(80 menit)
Eksplorasi
-          Siswa memperhatikan media yang dipanjangkan guru tentang macam-macam bencana

-          Siswa menyebutkan nama-nama bencana alam yang terjadi di Indonesia
-          Siswa menyebutkan macam-macam bencana alam lainnya yang terjadi di negara tetangga
Elaborasi
-          Siswa membentuk kelompok belajar
-          Siswa berdiskusi kelompok tentang langkah-langkah yang harus dilakukan saat terjadi bencana alam dan usaha yang dilakukan setelah terjadinya bencana
-          Siswa melaporkan hasil diskusi kelompok, kelompok lain menanggapi
Konfirmasi
-          Siswa di bawah bimbingan guru melengkapi hasil diskusi yang belum disampaikan

Cinta tanah air


Cinta tanah air

Cinta tanah air



Rasa ingin tahu, peduli lingkungan, komunikatif
Komunikatif


Komunikatif
Kegiatan
Penutup
(15 menit)
-          Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran
-          Siswa mengerjakan tugas kliping tentang bencana alam yang diberikan guru


IX.    Penilaian
Prosedur
1.      Penilaian selama proses belajar mengajar berlangsung secara individu dan kelomok berupa tugas dan pengamatan:
-          Mengamati media dengan serius
-          Berdiskusi dengan Antusias dalam kelomok
-          Mengemukakan pendapat dalam diskusi kelas
-          Menghargai pendapat teman
2.      Penilaian hasil belajar berupa aspek kognitif dalam bentuk soal-soal uraian setelah pokok bahasan selesai
 Soal ujian:
1.      Tulislah 2 langkah yang dilakukan untuk mengantisipasi banjir!
2.      Tulislah 2 langkah yang dilakukan untuk mengantisipasi tanah longsor!
3.      Tulislah 2 cara yang dilakukan saat terjadi tsunami!
4.      Tulislah 2 cara yang dilakukan saat terjadinya banjir!
5.      Tulislah 2 usaha yang dilakukan setelah terjadinya banjir!

Kunci jawaban:
1.      - Tidak menebang pohon secara liar
- Tidak membuang sampah sembarangan 
2.      - Tidak menebang pohon atau hutan secara liar
- Membuat tarasering di daerah perbukitan  
3.      - Berlarilah ke tempat yang lebih tinggi
- Jika kamu berada di pantai, perhatikan situasi pantai
4.      - Pergilah ke daerah yang ketinggian
- Selamatkanlah harta benda dan nyawa
5.      - Jangan melakukan peladangan berpindah
- Tidak membuang sampah ke selokan


                        Kumbayau, 19 Januari 2015
           Mengetahui
        Kepala Sekolah                                                                          Guru Kelas


Dra. A F N I                                                                 NUR SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002                                                            NIP. 19890323 201402 2 001

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran      : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester     : VI/II
Waktu                     : 6 x 35 Menit ( 2 x Pertemuan )

I.          Standar Kompetensi
3. Memahami peranan Indonesia di era global
II.       Kompetensi Dasar
3.1   Menjelaskan peranan Indonesia pada era global dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan bangsa Indonesia
III.    Indikator
3.1.1 Menjelaskan pengertian globalisasi ( komunikatif )
3.1.2 Menjelaskan tujuan adri globalisasi ( komunikatif )
3.1.3 Menjelaskan dampak positif globalisasi pada masyarakat Indonesia ( komunikatif )
3.1.4 Menjelaskan dampak negative globalisasi pada masyarakat Indonesia (komunikatif)
3.1.5 Menentukan cara zmenghadapi globalisasi ( komunikatif)
IV.    Tujuan Pembelajaran
3.1.1          Siswa dapat menjelaskan pengertian globalisasi dengan tepat setelah mendengarkan penjelasan guru
3.1.2          Siswa dapat menjelaskan tujuan dari globalisasi dengan tepat setelah mendengarkan penjelasan guru
3.1.3          Siswa dapat menjelaskan dampak positif globalisasi pada masyarakat Indonesia dengan benar setelah berdiskusi dalam kelompok
3.1.4          Siswa dapat menjelaskan dampak negative globalisasi pada masyarakat Indonesia dengan benar setelah berdiskusi dalam kelompok
3.1.5          Siswa dapat menentukan cara menghadapi globalisasi dengan benar setelah berdisksi dalam kelompok
V.       Materi Pokok
a.                            Pengertian Globalisasi adalah proses mendunia segala aspek kehidupan
b.                            Tujuan globalisasi
-         Pemerataan
-         Kemakmuran
-         Kemajuan
c.                            dampak Positif Globalisasi
-         Kemajuan bidang telekomunikasi, transportasi, produksi
-         Kemajuan tekhnologi menyebabkan kehidupan social, ekonomi lebih produktif, efektif dan efesien
-         Kemajuan teknologi mempengaruhi tingkat pendidikan dan sumber daya manusia
-         Meningkatnya pemanfaatan sumber daya alam
-         Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadikan bangsa Indonesia berdiri sejajar dengan bangsa lain
d.                           Dampak negative Globalisasi
-         Individualisme muncul
-         Sikap materialisme
-         Sikap mengagungkan teknologi
-         Sikap sekularisme lebih mementingkan duniawi
-         Sikap bergaya hidup mewah
e.                            Cara menghadapi arus globalisasi
-         Menanamkan Aqidah sedini mungkin
-         Harus pandai memilah budaya asing yang masuk kenegara kita
-         Tidak meninggalkan nilai-nilai luhur bangsa kita
VI.    Alat dan Media Pembelajaran
-          Aktif belajar IPS 6
-          IPS BSE Kelas VI
-          IPS Erlangga
-          Surat Kabar
-          Televisi
VII.  Metode
 Ceramah, Tanya jawab, Diskusi, Penugasan
VIII.  Langkah Pembelajaran
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Nilai
Kegiatan Awal
(10 menit)
1.      Peserta didik memimpin do'a
2.      Peserta. didik membaca juz'amma
3.      Pendidik memperhatikan kehadiran peserta didik
4.     Appersepsi: Tanya jawab pelajaran yang lalu
Religius

Disiplin

Kegiatan Inti
(80 menit)
Eksplorasi
a.       Peserta didik Mendengarkan keterangan singkat dari pendidik tentang globalisasi
b.      Peserta didik membaca buku sumber tentang pengertian globalisasi
c.       Peserta didik bertanya jawab dengan pendidik tentang pengertian globalisasi
d.      Peserta didik bertanya jawab dengan pendidik tenatan tujuan dari globalisasi
Elaborasi
a.       Peserta didik berdiskusi kelompok untuk membicarakan tentang dampak positif dan negative dari globalisasi serta cara menghadapi arus globalisasi
b.      Peserta didik membacakan hasil diskusinya masing-masing kelompok kedepan kelas
c.       Peserta didik yang lain menanggapi hasil diskusi yang dibacakan temannya didepan kelas
Konfirmasi
Peserta didik merefleksi hasil kerja kelompoknya


Komunikatif

Kreatif

Kreatif

kreatif



Rasa ingin tahu, peduli lingkungan, komunikatif
Komunikatif

Komunikatif

Peduli sosial
Kegiatan
Penutup
(15 menit)
a.       Peserta didik dan pendidik menyimpulkan materi pembelajaran
b.      Peserta didik ditugaskan untuk mencari gambar, foto, benda berupa bungkus barang, kotak, sebagai produk globalisasi sebagai tugas di rumah

Komunikatif


IX.               Penilaian
Prosedur
1.     Penilaian selama PBM berlangsung secara Individual dan kelompok berupa tugas dan pengamatan
-       membaca dengan serius
-       Berdiskusi dengan antusias dalam kelompok
-       Mengemukakan pendapat dalam diskusi kelas
-       Menghargai pendapat teman
2.     Penilaian hasil belajar berupa aspek kognitif dalam bentuk soal-soal isian setelah pokok bahasan selesai
Soal Isian:
1.     tidak ada lagi pembatas bagi manusia untuk lebih maju dan berhubungan antar Negara dibenua-benua disebut ….
2.     Asal mula terjadinya globalisasi berawal dari konferensi beberapa Negara yang dilaksanakan di Negara …..
3.     Salah satu tujuan globalisasi adalah….
4.     Salah satu perubahan prilaku masyarakat sebagai dampak globaliasi di bidang makanan adalah …..
5.     Orang dapat pergi ke suatu tempat dengan cepat adalah bukti globalisasi dibidang ….
6.     Sebagai dampak positif globalisasi orang dapat menyelesaikan pekerjaan pada …..
7.     Hedomistik adalah sikap hidup yang ……..
8.     Sebagai dampak negative globalisasi terhadap sikap mementingkan diri sendiri yang disebut dengan….
9.     Surat elektronik lewat computer disebut juga dengan …..
10. Motor Ducaty adalah produksi Negara….
Kunci Jawaban
1.     Globalisasi
2.     Amerika Serikat
3.     Menciptakan kemakmuran, kemajuan dan modernisasi bagi kehidupan seluruh bangsa di dunia
4.     Pakai bahan pengawet, bersifat instant atau siap saji
5.     Transportasi
6.     Tepat waktu
7.     Hura-hura
8.     Individualisme
9.     E-mail
10. Italia


                        Kumbayau, 26 Januari 2015
           Mengetahui
        Kepala Sekolah                                                                          Guru Kelas


Dra. A F N I                                                                 NUR SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002                                                            NIP. 19890323 201402 2 001












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran      : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester     : VI/II
Waktu                     : 6 x 35 Menit ( 2 x Pertemuan )

I.    Standar Kompetensi
3. Memahami peranan Indonesia di era global
II.   Kompetensi Dasar
3.2   Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa
III.  Indikator
Pertemuan I
-          Menjelaskan pengertian ekspor dan impor (komunikatif)
-          Menyebutkan contoh barang–barang yang dihasilkan Indonesia yaitu migas, non migas dan barang tambang lainnya (komunikatif)
Pertemuan II
-          Menyebutkan barang yang diekspor oleh Indonesia ke negara-negara, Asia Tenggara (komunikatif)
-          Menyebutkan barang yang diimpor oleh Indonesia ke negara-negara, Asia Tenggara (komunikatif)
-          Menyebutkan barang, yang diekspor oleh Indonesia ke beberapa negara maju dunia (Amerika Serikat, Jepang, Cina) (tanggungjawab)
-          Menyebutkan barang yang diimpor oleh Indonesia ke beberapa negara maju dunia (Amerika Serikat, Jepang, Cina) (tanggungjawab)
Pertemuan III
-          Menjelaskan manfaat Indonesia mengekspor barang keluar negeri (komunikatif)
-          Menjelaskan manfaat Indonesia mengimpor barang keluar negeri (komunikatif)
IV. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I
Peserta didik mampu:
-          Menjelaskan pengertian ekspor dan impor
-          Menyebutkan contoh barang-barang yang dihasilkan Indonesia yaitu migas, non migas dan barang tambang lainnya
Pertemuan II
Peserta didik mampu :
-          Menyebutkan barang yang diekspor oleh Indonesia ke negara-negara Asia Tenggara
-          Menyebutkan barang yang diimpor oleh Indonesia ke negara–negara Asia Tenggara
-          Menyebutkan barang yang diekspor oleh Indonesia ke beberapa negara maju dunia (Amerika Serikat, Jepang, Cina)
-          Menyebutkan barang yang diimpor oleh Indonesia ke beberapa negara maju dunia (Amerika Serikat, Jepang, Cina)
-          Menjelaskan manfaat Indonesia mengekspor barang keluar negeri
-          Menjelaskan manfaat Indonesia mengimpor barang keluar negeri
V.      Materi Pokok
     Manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa.
VI.   Metode
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Diskusi
4.      Penugasan
5.      Presentase
VII. Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Nilai
Kegiatan Awal
1.      Peserta didik memimpin do'a
2.      Peserta. didik membaca juz'amma
3.      Pendidik memperhatikan kehadiran peserta didik
4.      Appersepsi
Pendidik mengajukan pertanyaan:
b.     Pernahkah kamu melihat kegiatan perdagangan keluar negeri?
c.     Barang apa yang diperjualbelikan keluar negeri:
5.      Pendidik memotivasi peserta didik dengan mengajukan pernyataan: dengan belajar tentang peranan Indonesia di era global akan menambah wawasan kits tentang Indonesia dan luar negeri





Komunikatif



Tanggungjawab
Komunikatif

Kegiatan Inti
Eksplorasi
1.      Peserta didik Mendengarkan keterangan pendidik tentang ekspor dan impor
2.      Peserta didik membaca buku sumber tentang pengertian ekspor Impor
3.      Peserta didik bertanya jawab dengan pendidik tentang pengertian ekspor dan Impor
4.      Peserta didik membuka, membaca dan mencari dalam majalah , koran tentang contoh barang yang dihasilkan Indonesia yaitu migas, non migas dan barang tambang lain
Elaborasi
1.      Peserta didik berdiskusi kelompok tentang contoh barang yang dihasilkan Indonesia yaitu migas, non migas dan barang tambang lain
2.      Peserta didik berdiskusi kelompok tentang contoh barang yang diekspor Indonesia ke negara Asia Tenggara
3.      Peserta didik berdiskusi kelompok tentang contoh barang yang diimpor Indonesia ke negara Asia Tenggara
4.      Peserta didik membacakan hasil diskusi masing-masing kelompok ke depan kelas
5.      Peserta didik yang lain menanggapi hasil diskusi yang dibacakan temannya di depan kelas
Konfirmasi
1.      Peserta didik merefleksi hasil kerja kelompoknya


Komunikatif

Gemar membaca

Komunikatif

Gemar membaca




Komunikatif


Komunikatif


Komunikatif


Komunikatif

Peduli sosial


Peduli sosial
Kegiatan
Penutup
1.      Peserta didik dan pendidik menyimpulkan materi pembelajaranPenugasan ( mencari dalam majalah / Surat kabar, barang yang di impor Indonesia ke beberapa negara Asia Tenggara )


Komunikatif

Pertemuan II
Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Nilai
Kegiatan Awal
1.      Peserta didik memimpin do'a
2.      Peserta didik membaca juz'amma
3.      Pendidik memperhatikan kehadiran peserta didik
4.      Appersepsi
Pendidik Mengajukan pertanyaan
a.       Masih ingatkah kamu dengan pelajaran kemarin
b.      Barang apa yang di Impor Indonesia ke negara Asia Tenggara
5.      Pendidik memotivasi peserta didik dengan mengajukan pernyataan: dengan belajar tentang peranan Indonesia di ea global akan menambah wawasan kita tentang Indonesia dan luar negeri





Komunikatif
Komunikatif

Peduli sosial
Kegiatan Inti
Eksplorasi
1.      Peserta didik Mendengarkan keterangan pendidik tentang ekspor dan Impor Indonesia ke negate Asia Tenggara
2.      Peserta didik membuka, membaca dan mencari dalam majalah , koran tentang ekspor dan Impor Indonesia ke negara Asia tenggara
Elaborasi
1.      Peserta didik berdiskusi kelompok tentang ekspor dan Impor Indonesia ke negara Asia Tenggara
2.      Peserta didik berdiskusi kelompok tentang contoh barang yang diekspor Indonesia ke negara maju di dunia seperti ke Jepang, Singgapura, Amerika Serikat, Belgia, Inggris, Prancis, Jerman dan Italia
3.      Peserta didik berdiskusi kelompok tentang contoh barang yang diimpor Indonesia ke negara maju di dunia seperti Jepang, Singgapura, Amerika Serikat, Belgia, Inggris, Prancis, Jerman dan Italia
4.      Peserta didik membacakan hasil diskusi masing-masing kelompok ke depan kelas
5.      Peserta didik yang lain menanggapi basil diskusi yang dibacakan temannya di depan kelas
Konfirmasi
1.      Peserta didik merefleksi hasil kerja kelompoknya

Komunikatif


Gemar membaca



Komunikatif

Peduli sosial



Peduli lingkungan



Tanggungjawab

Komunikatif
Kegiatan
Penutup
1.      Peserta didik dan pendidik menyimpulkan materi pembelajaran
2.      Penugasan ( Mengumpulkan kliping tentang barang- barang yang I ekspor Indonesia ke beberapa negara maju


VI.    Sumber / Alat dan Bahan
1.      Sumber
a.       Buku teks IPS kelas 6
b.      Buku IPS paket
c.       Buku tulis IPS lain yang relevan
2.      Alat dan bahan
a.      Majalah / koran, gambar / foto
VII. Penilaian
A.    Isian
1.      Kegiatan menjual barang atau jasa ke negara lain disebut…
2.      Kegiatan membeli barang atau jasa dari negara lain disebut…
3.      Jumlah tertinggi dari barang yang mendapat izin impor /ekspor disebut....
4.      Teh, karet dan kelapa sawit merupakan hasil dari…
5.      Bijih timah, bes, bauksit, batu bars adalah hasil…
6.      Kayu lapis, pakaian jadi, kain tenun merupakan hasil dari…
7.      Dua contoh hasil hutan…
8.      Dua contoh barang tambang organik…
9.      Dua contoh barang yang di ekspor Indonesia ke Filiphina…
10.  Dua contoh barang yang di impor Indonesia ke Filiphina…
B.     Uraian
1.      Jelaskan pengertian Ekspor dan Impor!
2.      Tulislah 5 contoh barang logam !
3.      Tulislah 3 manfaat Indonesia mengekspor barang keluar negeri !
4.      Tulislah 2 manfaat Indonesia mengimpor barang keluar negeri !
5.      Tulislah 4 contoh barang tambang !

Kunci Jawaban
A.            Isian
1.      Ekspor
2.      Impor
3.      Kuota
4.      Perkebunan
5.      Tambang
6.      Industri
7.      Rotan dan kayu
8.      Minyak bumi, batu bara, Aspal, gas bumi
9.      Besi, baja, Aluminium dan pupuk
10.  Gula ,madu, dan semen putih
B.                 Uraian
1.      Ekspor adalah kegiatan menjual barang atau jasa ke negara lain
impor adalah kegiatan membeli barang ke negara lain
2.      Emas, perak, mangan, nikel, pasir besi, plating, timbal, wolfram
3.      a. Dapat memasarkan hasil produksi
b. Dapat menyerap tenaga kerja
c. Menghasilkan pendapatan negara
4.      Dapat memenuhi kebutuhan negara
 Dapat mencoba memakai produk luar negeri
5.      Berlian, belerang, Fosfat, gaming, asbes, gips, grafit, batu kapur, yodium.


                        Kumbayau, 9 Februari  2015
           Mengetahui
        Kepala Sekolah                                                                          Guru Kelas


Dra. A F N I                                                                 NUR SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002                                                            NIP. 19890323 201402 2 001

           

Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal Bahasa Indonesia kelas VI : Ungkapan dan peribahasa

RPP MTK Kelas VI