Soal Bahasa Indonesia SKL membaca untuk kelas VI
BAHASA INDONESIA
A.
Membaca
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 – 5 !
Sungai Cisadane Kritis
Kemarau yang belum berakhir
membuat debit sungai Cisadane , Tanggerang, Banten, terus mengalami penurunan.
Bahkan, Kepala Bendung Pintu Air Sepuluh, Pasar baru, Tanggerang, Sumarto,
menyebut debit air Sungai Cisadane sudah masuk level kritis.
Debit air masuk level kritis sebab
ketinggian debit air mencai 11,70 meter dari batas normal 12, 50 meter.
“Kondisinya masuk level kritis meski masih terlihat banyak air di Sungai
Cisadane, tetapi debitnya terus berkurang”, kata Sumarto, Senin (22/9).
Akibatnya, 10 pintu air tidak
dibuka agar debit air di Sungai Cisadane yang masuk ke Tanggerang tetap
terjaga. Ia menyebut, air Cisadane merupakan sumber utama bagi Perusahaan
Daerah Air Minum (PDAM) serta industri. Tercatat, ada tiga perusahaan air yang
mengambil air dari Sungai Cisadane, yakni PDAM Tirta Kerja Raharja milik Pemda
Kabupaten Tangerang, PDAM Benteng milik Pemda Kota Tangerang, serta Aetra
Tangerang.
(www.republika.co.id, 23
September 2014)
1.
Apa pengaruh musim kemarau bagi Sungai Cisadane
?
a.
Debit air mengering
b.
Debit air terkendali
c.
Debit air masuk level aman
d.
Debit air mengalami penurunan
2.
Bagaimana cara menanggulangi debit air Sungai
Cisadane yang semakin kritis ?
a.
PDAM Benteng Tangerang tidak lagi mengambil air
di Sungai Cisadane
b.
Menghentikan distribusi air Sungai Cisadane ke
perusahaan air minum
c.
Sepuluh pintu air di sepanjang Sungai Cisadane
tidak dibuka
d.
Pemerintah membuat hujan buatan
3.
Kalimat tanya berikut yang sesuai dengan
paragraf kedua bacaan tersebut adalah . . . .
a.
Apa yang diungkapkan Sumarto terkait debit air
Sungai Cisadane ?
b.
Mengapa air Sungai Cisadane menjadi sumber utama
PDAM ?
c.
Siapa kepala Bendung Pintu Air Sepuluh Tangerang
?
d.
Dimanakah letak Sungai Cisadane ?
4.
Apa ide pokok yang terkandung dalam paragraf
ketiga ?
a.
Penjelasan level debit air
b.
Tujuan pintu air tidak dibuka
c.
Ketinggian debit air Sungai Cisadane
d.
Dampak kemarau terhadap debit air Sungai
Cisadane
5.
Manakah pernyataan berikut ini yang sesuai
dengan isi paragraf pertama ?
a.
Terdapat tiga perusahaan air minum yang
mengambil air dari Sungai Cisadane
b.
Debit air Sungai Cisadane saat musim kemarau
memasuki level kritis
c.
Musim kemarau yang belum berakhir mengakibatkan
debit air Sungai Cisadane terus menurun
d.
Debit air Sungai Cisadane masuk level kritis
karena ketinggian debitnya hanya mencapai 11,70 meter.
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 6 – 10 !
Sejak dua pekan terakhir, Malaysia mengeluh bahwa
wilayahnya diselimuti kabutasap yang
berasal dari Indonesia. Kabut asap yang melanda negara itu disebabkan oleh
kebakaran hutan di Provinsi Riau. Kondisi udara disana semakin bertambah buruk
setiap harinya. Pemerintah Malaysia pun mendesak pemerintah RI untuk segera
menanggapi masalah kabut asap ini.
Dalam pemberitaan disebutkan bahwa aap berasal dari
kebakaran hutan. Peristiwa itu bukan akibat kebakaran hutan secara alami.
Artinya, ada aktivitas sekelompok orang yang diduga bermaksud membuka lahan
dengan cara membakar hutan.
Bukan untuk pertama kalinya bencana kabut asap dari
Indonesia menyebar ke Malaysia. Pada tahun 1997 – 1998, indeks polusi udara
pernah mencapai angka 860 akibat kebakaran hutan di Indonesia. Saat itu
beberapa negara Asia Tenggara terkena dampaknya, seperti Indonesia, Singapura,
malaysia, Brunei Darussalam dan sebagian kawasan selatan Filipina dengan
kerugian ekonomi yang di timbilkan di perkirakan mencapai US$ 9,3 miliar.
6.
Penyebab terbakarnya hutan di provinsi Riau
adalah . . . .
a.
Musim kemarau yang berkepanjangan tanpa guyuran
hujan
b.
Terjadi gesekan kayu dengan daun kering secara
terus menerus
c.
Adanya peristiwa yang terjadi secara alami tanpa
campur tangan manusia
d.
Aktivitas sekelompok manusia yang sengaja
membakar hutan untuk membuka lahan
7.
Kondisi
udara di Malaysia sebagai akibat terbakarnya hutan di Indonesia adalah . . . .
a.
Semakin bertambah buruk setiap harinya
b.
Hanya berdampak pada terbatasnya jarak pandang
c.
Menjadi bersih karena ada penyaringan secara
alami
d.
Sangat mengkhawatirkan sehingga tidak
memungkinkan untuk kehidupan
8.
Kalimat tanya yang sesuai untuk paragraf ketiga
adalah . . . .
a.
Kapan terakhir kali bencana kabut asap dari
Indonesia menimpa kawasan Filipina?
b.
Siapa yang diduga melakukan pembakaran hutan di
Provinsi Riau pada tahun 1997 – 1998?
c.
Berapa kerugian yang ditimbulkan akibat bencana
kabut asap dari Indonesia pada tahun 1997 – 1998?
d.
Bagaimana peran pemerintah Indonesia dalam
menanggulangi bencana kabut asap pada tahun 1997 – 1998?
9.
Ide pokok paragraf pertama pada teks tersebut
adalah . . . .
a.
Sudah dua pekan wilayah Indonesia diselimuti
oleh kabut asap
b.
Pemerintah RI segera menanggapi masalah kabut
asap
c.
Dua pekan terakhir pemerintah Malaysia mengeluh
d.
Kondisi udara di Malaysia sangat buruk
10.
Kalimat yang sesuai dengan isi paragraf kedua
adalah . . . .
a.
Kebakaran hutan di provinsi Riau terjadi secara
alami
b.
Kabut asap di Malaysia merupakan peristiwa
tahunan
c.
Provinsi Riau merupakan daerah penghasil panas
bumi
d.
Kebakaran hutan di Provinsi Riau terjadi karena
ulah manusia
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 11 – 15 !
Tanaman Kantong Semar
Kantong semar merupakan tumbuhan jenis epifit,
yakni tumbuhan yang hidup menumpang pada tumbuhan lain. Akan tetapi tidak
menyerap makanan dari tumbuhan yang ditumpanginya. Berbeda dengan benalu,
tumbuhan ini memiliki 103 spesies. Uniknya, hampir seluruh spesies kantong
semar merupakan tumbuhan karnivor.
Kantong semar banyak tersebar mulai dari Australia
bagian utara, Asia Tenggara, hingga Tiongkok bagian selatan. Selain itu,
tanaman tersebut juga dapat ditemukan di Madagaskar, Kaledonia Baru, India dan
Srilangka. Dari sekitar 103 spesies yang tersebar di seluruh dunia, sedikitnya
64 spesies kantong semar terdapat di Indonesia.
Kantong semar dapat mencapai ketinggian sekitar 15
– 20 meter dengan cara memanjat tanaman lainnya. Bentuknya beraneka ragam. Ada
yang berbentuk periuk dan ada juga yang berbentuk terompet. Beberapa jenis
kantong semar memiliki mangsa favorit. Ada yang suka memangsa semut, rayap,
bahkan ada juga yang memangsa guguran daun.
11.
Mengapa kantong semar digolongkan sebagai
tumbuhan epifit?
a.
Karena kantong semar merupakan tanaman parasit
seperti benalu.
b.
Karena kantong semar memangsa serangga sebagai
makanannya
c.
Karena kantong semar termasuk tanaman karnivor
yang suka memakan serangga
d.
Karena kantong semar hidup pada tanaman lain,
tetapi tidak menyerap makanan dari tumbuhan yang ditumpanginya.
12.
Bagaimana bentuk kantong semar?
a.
Berbentuk seperti kantong panjang dan terompet
b.
Berbentuk seperti lingkaran dan terompet
c.
Berbentuk seperti periuk dan terompet
d.
Berbentuk seperti corong dan terompet
13.
Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf
kedua adalah . . . .
a.
Di mana saja kantong semar banyak tersebar?
b.
Mengapa kantong semar digolongkan sebagai
tumbuhan karnivora?
c.
Bagaimana proses kantong semar mencerna
makanannya?
d.
Apa saja yang menjadi makanan kantong semar?
14.
Ide pokok paragraf pertama pada teks tersebut
adalah . . . .
a.
Terdapat 103 spesies kantong semar
b.
Kantong semar merupakan tumbuhan jenis epifit
c.
Tumbuhan epifit hidup menumpang pada tumbuhan
lain
d.
Tumbuhan epifit tidak menyerap makanan dari
tumbuhan yang ditumpanginya.
15.
Kalimat yang sesuai dengan isi paragraf ketiga
adalah . . . .
a.
Dari 103 spesies, terdapat 64 spesies kantong
semar tersebar di wilayah Indonesia
b.
Ada beberapa spesies kantong semar yang memangsa
serangga atau guguran dedaunan
c.
Kantong semar terdiri atas ratusan spesies yang
tersebar di seluruh dunia
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 16 – 20 !
OSN Dorong Siswa Cinta Sains
Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)
secara konsisten menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional (OSN) sejak 2002.
Tahun ini pelaksanaan OSN dipusatkan di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang
akan berlangsung pada 1 – 7 September 2014.
Pelaksanaan OSN kali ini merupakan yang ke-13.
Dirjen Pendidikan Menengah Kemendikbud, Achmad Jazidie mengemukakan bahwa pelaksanaan
OSN ini mengusung tema “OSN sebagai wahana implementasi kurikulum 2013 guna
membangun generasi peradaban unggul”.
Menurut Jazidie, kegiatan ini diikuti sekitar 2.800
orang peserta. Mereka terdiri atas peserta didik jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan
SLB. Jumlah tersebut termasuk juga para pendamping, para guru, dewan juri,
serta panitia pusat dan daerah. “Mereka akan berlomba di bidang matematika,
IPA, biologi, fisika, kimia, informasi dan teknologi atau komputer, astronomi,
geografi, ekonomi dan kebumian, kewirausahaan, an karya ilmiah,” katanya
memaparkan, Ahad (31/8)
Jazidie berharap ajang OSN di berbagai tingkat
pendidikan akan menjadi ajang untuk menanamkan kecintaan siswa pada sains. Ia
menambahkan bahwa OSN jenjang SD telah dilaksanakan pada 4 – 9 Mei 2014 di
Denpasar, Bali. Penyelenggaraannya disesuaikan dengan jadwal persiapan
keikutsertaan pada olimpiade sains internasional.
16.
Apa tema yang diusung pada OSN ke-13?
a.
OSN sebagai wahana implementasi Kurikulum 2013
guna membangun generasi peradaban unggul.
b.
OSN sebagai wahana implementasi Kurikulum 2013
guna membangun generasi cinta sains.
c.
OSN sebagai implementasi Kurikulum 2013 guna
membangun generasi maju
d.
OSN sebagai wahana implementasi Kurikulum 2013
guna menciptakan generasi cerdas
17.
Siapa saja peserta OSN 2014?
a.
Peserta didik jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan
Mahasiswa
b.
Peserta didik jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB
c.
Peserta didik jenjang TK, SD, SMP, SMA, dan SLB
d.
Peserta didik jenjang TK, SD, SMP, SMK, SLB, dan
Mahasiswa
18.
Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf
ketiga pada teks tersebut adalah . . . .
a.
Bagaimana bentuk penyelenggaraan OSN 2014?
b.
Siapakah yang menyelenggarakan OSN 2014?
c.
Apa yang dilombakan dalam OSN 2014?
d.
Dimanakah OSN 2014 diselenggarakan ?
19.
Ide pokok paragraf keempat pada teks tersebut
adalah . . . .
a.
Penjelasan tema yang diusung dalam
penyelenggaraan OSN 2014
b.
Pemaparan bidang studi yang dilombakan dalam OSN
2014
c.
Pendapat Ahmad Jazidie terhadap pelaksanaan OSN
2014
d.
Harapan Achmad Jazidie pada penyelenggaraan OSN
2014
20.
Kalimat yang sesuai dengan isi paragraf pertama
teks tersebut adalah . . . .
a.
Penyelenggaraan Olimpiade Sains Naional (OSN)
2014 dipusatkan di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB)
b.
Penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN)
dipusatakan di Mataram, Nusa Tenggara Timur (NTT)
c.
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2014 diikuti oleh
peserta didik jenjang SD hingga SMA
d.
Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2014 diikuti oleh
peserta didik dan para guru
Komentar
Posting Komentar