Soal Bahasa Indonesia SKL membaca untuk kelas VI



BAHASA INDONESIA
A.   Membaca
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1 – 5 !
Sungai Cisadane Kritis
Kemarau yang belum berakhir membuat debit sungai Cisadane , Tanggerang, Banten, terus mengalami penurunan. Bahkan, Kepala Bendung Pintu Air Sepuluh, Pasar baru, Tanggerang, Sumarto, menyebut debit air Sungai Cisadane sudah masuk level kritis.
Debit air masuk level kritis sebab ketinggian debit air mencai 11,70 meter dari batas normal 12, 50 meter. “Kondisinya masuk level kritis meski masih terlihat banyak air di Sungai Cisadane, tetapi debitnya terus berkurang”, kata Sumarto, Senin (22/9).
Akibatnya, 10 pintu air tidak dibuka agar debit air di Sungai Cisadane yang masuk ke Tanggerang tetap terjaga. Ia menyebut, air Cisadane merupakan sumber utama bagi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) serta industri. Tercatat, ada tiga perusahaan air yang mengambil air dari Sungai Cisadane, yakni PDAM Tirta Kerja Raharja milik Pemda Kabupaten Tangerang, PDAM Benteng milik Pemda Kota Tangerang, serta Aetra Tangerang.
(www.republika.co.id, 23 September 2014)
1.         Apa pengaruh musim kemarau bagi Sungai Cisadane ?
a.    Debit air mengering
b.    Debit air terkendali                                         
c.     Debit air masuk level aman
d.    Debit air mengalami penurunan
2.         Bagaimana cara menanggulangi debit air Sungai Cisadane yang semakin kritis ?
a.    PDAM Benteng Tangerang tidak lagi mengambil air di Sungai Cisadane
b.    Menghentikan distribusi air Sungai Cisadane ke perusahaan air minum
c.     Sepuluh pintu air di sepanjang Sungai Cisadane tidak dibuka
d.    Pemerintah membuat hujan buatan
3.         Kalimat tanya berikut yang sesuai dengan paragraf kedua bacaan tersebut adalah . . . .
a.    Apa yang diungkapkan Sumarto terkait debit air Sungai Cisadane ?
b.    Mengapa air Sungai Cisadane menjadi sumber utama PDAM ?
c.     Siapa kepala Bendung Pintu Air Sepuluh Tangerang ?
d.    Dimanakah letak Sungai Cisadane ?
4.         Apa ide pokok yang terkandung dalam paragraf ketiga ?
a.       Penjelasan level debit air
b.      Tujuan pintu air tidak dibuka
c.       Ketinggian debit air Sungai Cisadane
d.      Dampak kemarau terhadap debit air Sungai Cisadane
5.         Manakah pernyataan berikut ini yang sesuai dengan isi paragraf pertama ?
a.       Terdapat tiga perusahaan air minum yang mengambil air dari Sungai Cisadane
b.      Debit air Sungai Cisadane saat musim kemarau memasuki level kritis
c.       Musim kemarau yang belum berakhir mengakibatkan debit air Sungai Cisadane terus menurun
d.      Debit air Sungai Cisadane masuk level kritis karena ketinggian debitnya hanya mencapai 11,70 meter.
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 6 – 10 !
Sejak dua pekan terakhir, Malaysia mengeluh bahwa wilayahnya diselimuti kabutasap  yang berasal dari Indonesia. Kabut asap yang melanda negara itu disebabkan oleh kebakaran hutan di Provinsi Riau. Kondisi udara disana semakin bertambah buruk setiap harinya. Pemerintah Malaysia pun mendesak pemerintah RI untuk segera menanggapi masalah kabut asap ini.
Dalam pemberitaan disebutkan bahwa aap berasal dari kebakaran hutan. Peristiwa itu bukan akibat kebakaran hutan secara alami. Artinya, ada aktivitas sekelompok orang yang diduga bermaksud membuka lahan dengan cara membakar hutan.
Bukan untuk pertama kalinya bencana kabut asap dari Indonesia menyebar ke Malaysia. Pada tahun 1997 – 1998, indeks polusi udara pernah mencapai angka 860 akibat kebakaran hutan di Indonesia. Saat itu beberapa negara Asia Tenggara terkena dampaknya, seperti Indonesia, Singapura, malaysia, Brunei Darussalam dan sebagian kawasan selatan Filipina dengan kerugian ekonomi yang di timbilkan di perkirakan mencapai US$ 9,3 miliar.
6.         Penyebab terbakarnya hutan di provinsi Riau adalah . . . .
a.    Musim kemarau yang berkepanjangan tanpa guyuran hujan
b.    Terjadi gesekan kayu dengan daun kering secara terus menerus
c.     Adanya peristiwa yang terjadi secara alami tanpa campur tangan manusia
d.    Aktivitas sekelompok manusia yang sengaja membakar hutan untuk membuka lahan
7.          Kondisi udara di Malaysia sebagai akibat terbakarnya hutan di Indonesia adalah . . . .
a.    Semakin bertambah buruk setiap harinya
b.    Hanya berdampak pada terbatasnya jarak pandang
c.     Menjadi bersih karena ada penyaringan secara alami
d.    Sangat mengkhawatirkan sehingga tidak memungkinkan untuk kehidupan
8.         Kalimat tanya yang sesuai untuk paragraf ketiga adalah . . . .
a.    Kapan terakhir kali bencana kabut asap dari Indonesia menimpa kawasan Filipina?
b.    Siapa yang diduga melakukan pembakaran hutan di Provinsi Riau pada tahun 1997 – 1998?
c.     Berapa kerugian yang ditimbulkan akibat bencana kabut asap dari Indonesia pada tahun 1997 – 1998?
d.    Bagaimana peran pemerintah Indonesia dalam menanggulangi bencana kabut asap pada tahun 1997 – 1998?
9.         Ide pokok paragraf pertama pada teks tersebut adalah . . . .
a.    Sudah dua pekan wilayah Indonesia diselimuti oleh kabut asap
b.    Pemerintah RI segera menanggapi masalah kabut asap
c.     Dua pekan terakhir pemerintah Malaysia mengeluh
d.    Kondisi udara di Malaysia sangat buruk
10.     Kalimat yang sesuai dengan isi paragraf kedua adalah . . . .
a.    Kebakaran hutan di provinsi Riau terjadi secara alami
b.    Kabut asap di Malaysia merupakan peristiwa tahunan
c.     Provinsi Riau merupakan daerah penghasil panas bumi
d.    Kebakaran hutan di Provinsi Riau terjadi karena ulah manusia
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 11 – 15 !
Tanaman Kantong Semar
Kantong semar merupakan tumbuhan jenis epifit, yakni tumbuhan yang hidup menumpang pada tumbuhan lain. Akan tetapi tidak menyerap makanan dari tumbuhan yang ditumpanginya. Berbeda dengan benalu, tumbuhan ini memiliki 103 spesies. Uniknya, hampir seluruh spesies kantong semar merupakan tumbuhan karnivor.
Kantong semar banyak tersebar mulai dari Australia bagian utara, Asia Tenggara, hingga Tiongkok bagian selatan. Selain itu, tanaman tersebut juga dapat ditemukan di Madagaskar, Kaledonia Baru, India dan Srilangka. Dari sekitar 103 spesies yang tersebar di seluruh dunia, sedikitnya 64 spesies kantong semar terdapat di Indonesia.
Kantong semar dapat mencapai ketinggian sekitar 15 – 20 meter dengan cara memanjat tanaman lainnya. Bentuknya beraneka ragam. Ada yang berbentuk periuk dan ada juga yang berbentuk terompet. Beberapa jenis kantong semar memiliki mangsa favorit. Ada yang suka memangsa semut, rayap, bahkan ada juga yang memangsa guguran daun.
11.     Mengapa kantong semar digolongkan sebagai tumbuhan epifit?
a.    Karena kantong semar merupakan tanaman parasit seperti benalu.
b.    Karena kantong semar memangsa serangga sebagai makanannya
c.     Karena kantong semar termasuk tanaman karnivor yang suka memakan serangga
d.    Karena kantong semar hidup pada tanaman lain, tetapi tidak menyerap makanan dari tumbuhan yang ditumpanginya.
12.     Bagaimana bentuk kantong semar?
a.    Berbentuk seperti kantong panjang dan terompet
b.    Berbentuk seperti lingkaran dan terompet
c.     Berbentuk seperti periuk dan terompet
d.    Berbentuk seperti corong dan terompet
13.     Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf kedua adalah . . . .
a.    Di mana saja kantong semar banyak tersebar?
b.    Mengapa kantong semar digolongkan sebagai tumbuhan karnivora?
c.     Bagaimana proses kantong semar mencerna makanannya?
d.    Apa saja yang menjadi makanan kantong semar?
14.     Ide pokok paragraf pertama pada teks tersebut adalah . . . .
a.    Terdapat 103 spesies kantong semar
b.    Kantong semar merupakan tumbuhan jenis epifit
c.     Tumbuhan epifit hidup menumpang pada tumbuhan lain
d.    Tumbuhan epifit tidak menyerap makanan dari tumbuhan yang ditumpanginya.
15.     Kalimat yang sesuai dengan isi paragraf ketiga adalah . . . .
a.    Dari 103 spesies, terdapat 64 spesies kantong semar tersebar di wilayah Indonesia
b.    Ada beberapa spesies kantong semar yang memangsa serangga atau guguran dedaunan
c.     Kantong semar terdiri atas ratusan spesies yang tersebar di seluruh dunia
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 16 – 20 !
OSN Dorong Siswa Cinta Sains
Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) secara konsisten menyelenggarakan Olimpiade Sains Nasional (OSN) sejak 2002. Tahun ini pelaksanaan OSN dipusatkan di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang akan berlangsung pada 1 – 7 September 2014.
Pelaksanaan OSN kali ini merupakan yang ke-13. Dirjen Pendidikan Menengah Kemendikbud, Achmad Jazidie mengemukakan bahwa pelaksanaan OSN ini mengusung tema “OSN sebagai wahana implementasi kurikulum 2013 guna membangun generasi peradaban unggul”.
Menurut Jazidie, kegiatan ini diikuti sekitar 2.800 orang peserta. Mereka terdiri atas peserta didik jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB. Jumlah tersebut termasuk juga para pendamping, para guru, dewan juri, serta panitia pusat dan daerah. “Mereka akan berlomba di bidang matematika, IPA, biologi, fisika, kimia, informasi dan teknologi atau komputer, astronomi, geografi, ekonomi dan kebumian, kewirausahaan, an karya ilmiah,” katanya memaparkan, Ahad (31/8)
Jazidie berharap ajang OSN di berbagai tingkat pendidikan akan menjadi ajang untuk menanamkan kecintaan siswa pada sains. Ia menambahkan bahwa OSN jenjang SD telah dilaksanakan pada 4 – 9 Mei 2014 di Denpasar, Bali. Penyelenggaraannya disesuaikan dengan jadwal persiapan keikutsertaan pada olimpiade sains internasional.
16.     Apa tema yang diusung pada OSN ke-13?
a.    OSN sebagai wahana implementasi Kurikulum 2013 guna membangun generasi peradaban unggul.
b.    OSN sebagai wahana implementasi Kurikulum 2013 guna membangun generasi cinta sains.
c.     OSN sebagai implementasi Kurikulum 2013 guna membangun generasi maju
d.    OSN sebagai wahana implementasi Kurikulum 2013 guna menciptakan generasi cerdas
17.     Siapa saja peserta OSN 2014?
a.    Peserta didik jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan Mahasiswa
b.    Peserta didik jenjang SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB
c.     Peserta didik jenjang TK, SD, SMP, SMA, dan SLB
d.    Peserta didik jenjang TK, SD, SMP, SMK, SLB, dan Mahasiswa
18.     Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf ketiga pada teks tersebut adalah . . . .
a.       Bagaimana bentuk penyelenggaraan OSN 2014?
b.      Siapakah yang menyelenggarakan OSN 2014?
c.       Apa yang dilombakan dalam OSN 2014?
d.      Dimanakah OSN 2014 diselenggarakan ?
19.     Ide pokok paragraf keempat pada teks tersebut adalah . . . .
a.    Penjelasan tema yang diusung dalam penyelenggaraan OSN 2014
b.    Pemaparan bidang studi yang dilombakan dalam OSN 2014
c.     Pendapat Ahmad Jazidie terhadap pelaksanaan OSN 2014
d.    Harapan Achmad Jazidie pada penyelenggaraan OSN 2014
20.     Kalimat yang sesuai dengan isi paragraf pertama teks tersebut adalah . . . .
a.    Penyelenggaraan Olimpiade Sains Naional (OSN) 2014 dipusatkan di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB)
b.    Penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) dipusatakan di Mataram, Nusa Tenggara Timur (NTT)
c.     Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2014 diikuti oleh peserta didik jenjang SD hingga SMA
d.    Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2014 diikuti oleh peserta didik dan para guru


















Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal Bahasa Indonesia kelas VI : Ungkapan dan peribahasa

RPP MTK Kelas VI

RPP IPS kelas VI