RPP PKn kelas VI
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas
/ semester : VI / II
Waktu : 2 x pertemuan ( 4 x
35 menit )
A.
Standar
Kompetensi
1. Memahami
peran Indonesia dalam lingkungan Negara Asia Tenggara.
B.
Kompetensi
Dasar
1.1.Menjelaskan
pengertian kerjasama Negara – negara Asia Tenggara.
C.
Indikator
1. Menyebutkan
pengertian kerjasama di Asia Tenggara.
2. Menunjukkan
negara – negara yang termasuk kawasan Asia Tenggara.
3. Menceritakan
bentuk – bentuk kerjasama di Asia Tenggara.
4. Menjelaskan
tujuan kerjasama negara – negara di Asia Tenggara.
5. Menghargai
dan menghormati bentuk kerjasama di Asia Tenggara.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan
mengamati Peta Asean siswa dapat menyebutkan pengertian kerjasama Negara Asean.
2. Dengan
mengamati peta Asean siswa dapat menunjukkan negara – negara yang termasuk
kawasan Asia Tenggara
3. Melalui
diskusi siswa dapat menceritakan bentuk – bentuk kerjasama Asean.
4. Melalui
diskusi siswa dapat menjelaskan tujuan kerjasama Asean.
5. Melalui
diskusi siswa dapat menghargai dan menghormati bentuk kerjasama di Asia
Tenggara.
E.
Materi
pokok
1. Kerjasama
Negara – negara Asean.
2. Negara
– negara Asean.
3. Kerjasama
Asean.
4. Tujuan
kerjasama.
5. Sikap
menghargai di Asia Tenggara
F.
Metode
Pembelajaran
1. Tanya
jawab
2. Diskusi
3. Penugasan
G.
Langkah
– langkah Pembelajaran
Pertemuan I
a. Kegiatan
awal
§ Menyiapkan
kondisi kelas
§ Mengambil
absen murid
§ Berdo’a
§ Guru
mengadakan Appersepsi.
b. Kegiatan
inti
Eksplorasi
§ Guru
dan siswa tanya jawab tentang pengertian kerjasama Asia Tenggara.
§ Siswa
mengamati peta Asia Tenggara dan menunjukkan negara – negara Asean.
§ Siswa
berdiskusi kelompok tentang bentuk – bentuk kerjasama Asean.
Elaborasi
§ Siswa
melaporkan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas.
§ Siswa
membacakan hasil – hasil diskusi di depan kelas.
§ Kelompok
lain menanggapi hasil kerja kelompok temannya.
Konfirmasi
§ Siswa menanggapi hasil kerja kelompok .
§ Guru
bersama siswa membuat simpulan pelajaran.
c. Kegiatan
akhir
§ Siswa
diberi tugas
§ Siswa
mengerjakan latihan
Pertemuan
II
a. Kegiatan
awal
§ Mengambil
absen murid
§ Berdo’a
§ Mengadakan
appersepsi
b. Kegiatan
inti
Eksplorasi
§ Guru
dan siswa tanya jawab tentang tujuan kerjasama Asia Tenggara .
§ Siswa
berdiskusi kelompok tentang tujuan kerjasama Asia Tenggara.
Elaborasi
§ Siswa
membacakan hasil diskusi dan kelompoknya tentang tujuan Asia Tenggara.
Konfirmasi
§ Kelompok
lain menanggapi hasil kerja kelompok.
§ Siswa
mendengarkan simpulan guru.
c. Kegiatan
akhir
§ Siswa
diberi tugas.
§ Siswa
mengerjakan latihan.
d.
Sumber
/ alat
§ KTSP
§ Buku
PKn yang relevan
§ Buku
reverensi guru.
e.
Penilaian
-
Tertulis
-
Lisan
Kumbayau, 5 Januari 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Dra. A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002 NIP.
19890323 201402 2 001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas
/ semester : VI / II
Waktu : 2 x pertemuan ( 4 x
35 menit )
A.
Standar
Kompetensi
3. Memahami
peran Indonesia dalam lingkungan Negara Asia Tenggara.
B.
Kompetensi
Dasar
3.2.Memberikan
contoh peran Indonesia dalam lingkungan Negara Asean.
C.
Indikator
1. Mendiskusikan
peran Indonesia dalam lingkungan negara – negara di Asia Tenggara.
2. Menyebutkan
contoh peran Indonesia dalam lingkungan negara - negara di Asia Tenggara.
3. Menjelaskan
peran Indonesia dalam lingkungan negara – negara di Asia Tenggara.
4. Mengidentifikasi
peran Indonesia dalam lingkungan negara – negara Asia Tenggara.
5. Menyimpulkan
peran Indonesia dalam lingkungan negara – negara di Asia Tenggara.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
diskusi kelompok siswa dapat menjelaskan peran Indonesia di lingkungan negara –
negara Asia Tenggara.
2. Melalui
diskusi kelompok siswa dapat menyebutkan contoh peran Indonesia dalam
lingkungan negara – negara Asia Tenggara.
3. Melalui
diskusi kelompok siswa dapat menjelaskan peran Indonesia di lingkungan negara –
negara Asia Tenggara.
4. Melalui
diskusi siswa dapat mengidentifikasi peran Indonesia dalam lingkungan negara –
negara di Asia Tenggara.
5. Melalui
penugasan siswa dapat membuat simpulan peran Indonesia di lingkungan negara –
negara Asia Tenggara.
E.
Materi
pokok
1.
Peran Indonesia dalam lingkungan negara – negara di Asia Tenggara.Kerjasama
Negara – negara Asean.
F.
Metode
Pembelajaran
1. Tanya
jawab
2. Diskusi
kelompok
3. Penugasan
G.
Langkah
– langkah Pembelajaran
Pertemuan I
a. Kegiatan
awal
§ Menyiapkan
kondisi kelas
§ Mengambil
absen murid
§ Berdo’a
§ Guru
mengadakan Appersepsi.
b. Kegiatan
inti
Eksplorasi
§ Guru
dan siswa tanya jawab tentang peran Indonesia dalam lingkungan negara Asia
Tenggara.
§ Siswa
berdiskusi kelompok tentang peran Indonesia dalam lingkungan Asia Tenggara.
Elaborasi
§ Siswa
membacakan hasil – hasil diskusi kelompoknya mengenai peran Indonesia dalam
lingkungan negara – negara di Asia Tenggara.
Konfirmasi
§ Kelompok
lain menanggapi hasil diskusi yang telah dibacakan oleh kelompok. .
c. Kegiatan
akhir
§ Siswa
mengerjakan latihan
Pertemuan
II
a. Kegiatan
awal
§ Menyiapkan
kondisi kelas
§ Mengambil
absen murid
§ Berdo’a
§ Mengadakan
appersepsi
b. Kegiatan
inti
Eksplorasi
§ Siswa
mengidentifikasi peran Indonesia dalam lingkungan negara – negara di Asia Tenggara.Guru
dan siswa tanya jawab tentang tujuan kerjasama Asia Tenggara .
Elaborasi
§ Siswa
membacakan hasil diskusi dan kelompoknya tentang peran Indonesia di Asia
Tenggara.
Konfirmasi
§ Kelompok
lain menanggapi .
§ Siswa
mendengarkan simpulan guru.
c. Kegiatan
akhir
§ Siswa
diberi tugas.
§ Siswa
mengerjakan latihan.
d.
Sumber
/ alat
§ KTSP
§ Buku
PKn yang relevan
§ Buku
reverensi guru.
e.
Penilaian
-
Tertulis
-
Lisan
Kumbayau, 19 Januari 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Dra. A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002 NIP.
19890323 201402 2 001
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas
/ semester : VI / II
Waktu : 1 x pertemuan ( 2 x
35 menit )
A.
Standar
Kompetensi
4. Memahami
peranan Indonesia dalam lingkungan Negara Asia Tenggara.
B.
Kompetensi
Dasar
4.1.Menjelaskan
politik Indonesia yang bebas aktif.
C.
Indikator
1. Menjelaskan
pengertian politik luar negeri.
2. Menyebutkan
nama politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif.
3. Menyebutkan
tujuan politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif.
4. Menjelaskan
peranan Indonesia dalam politik Luar Negeri.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
penjelasan guru , siswa dapat mengetahui pengertian politik luar negeri dengan
benar.
2. Melalui
penjelasan guru siswa dapat menyebutkan nama politik luar negeri Indonesia yang
bebas aktif dengan benar.
3. Melalui
diskusi kelompok siswa mampu menyebutkan
tujuan dari politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif dengan benar.
4. Melalui
diskusi kelompok siswa dapat menjelaskan peranan Indonesia dalam politik luar
negeri dengan benar .
E.
Materi
pokok
1.
Peranan Indonesia di dunia Internasional.
F.
Metode
Pembelajaran
a. Ceramah
Tanya jawab
b. Tanya
jawab
c. Penugasan
d. Diskusi
kelompok.
G.
Langkah
– langkah Pembelajaran
a. Kegiatan
awal
§ Berdo’a
§ Absensi
§ Pembagian
kelompok
§ Guru
mengadakan Appersepsi: guru mengulas sedikit ( 5 menit ) materi globalisasi di
kelas empat.
b. Kegiatan
inti
Eksplorasi
§ Siswa
membentuk kelompok dan mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian politik
luar negeri.
§ Siswa
berdiskusi kelompok mencari nama politik Indonesia yang bebas dan aktif.
§ Siswa
berdiskusi dan menentukan tujuan dari politik Indonesia yang bebas aktif.
§ Siswa
membandingkan politik Indonesia dengan negara lain.
Elaborasi
§ Siswa
menyebutkan tujuan – tujuan dari politik Indonesia yang bebas dan aktif.
§ Siswa
mencatat peranan Indonesia dalam politik luar negeri melalui diskusi kelompok.
§ Siswa
melaporkan hasil diskusi kelompoknya.
§ Siswa
membacakan hasil kerja kelompoknya.
Konfirmasi
§ Kelompok
lain menanggapi hasil kerja kelompok temannya.
§ Kesimpulan.
c. Kegiatan
akhir ( 15 menit )
§ Siswa
mengerjakan latihan
§ Kesimpulan
H.
Sumber
/ alat
§ KTSP
§ Buku
PKn yang relevan
§ Buku
reverensi guru.
I.
Penilaian
-
Tertulis
-
Lisan
Kumbayau, 2 Februari 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Dra. A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002 NIP.
19890323 201402 2 001
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas
/ semester : VI / II
Waktu : 2 x pertemuan ( 4 x
35 menit )
A.
Standar
Kompetensi
4. Memahami
peranan Indonesia dalam lingkungan Negara Asia Tenggara.
B.
Kompetensi
Dasar
4.2.Menjelaskan
contoh peranan politik luar negeri Indonesia dalam peraturan Internasional.
C.
Indikator
1. Menyebutkan
bentuk – bentuk kerjasama Internasional.
2. Menjelaskan
peranan Indonesia sebagai anggota PBB.
3. Menjelaskan
peranan Indonesia dalam Asean.
4. Menjelaskan
peranan Indonesia dalam GNB
5. Menjelaskan
peranan Indonesia dalam APEC.
6. Menjelaskan
peranan Indonesia dalam organisasi OPEC.
D.
Tujuan
Pembelajaran
a. Melalui
kerja kelompok siswa dapat menyebutkan bentuk – bentuk kerjasama Internasional
dengan benar.
b. Melalui
penjelasan guru siswa dapat menjelaskan kembali peranan Indonesia sebagai
anggota PBB.
c. Melalui
diskusi kelompok siswa dapat menjelaskan peranan Indonesia dalam Asean.
d. Melalui
diskusi kelompok siswa cdapat menyebutkan peranan Indonesia dalam GNB.
e. Melalui
diskusi kelompok siswa dapat menjelaskan peranan Indonesia dalam APEC.
f. Melalui
diskusi siswa dapat menyebutkan peranan Indonesia dalam organisasi OPEC.
E.
Materi
pokok
1.
Peranan Indonesia dalam organisasi PBB, ASEAN, GNB, APEC, dan OPEC..
F.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- Penugasan
- Diskusi kelompok.
G.
Langkah
– langkah Pembelajaran
Pertemuan I.
1. Kegiatan
awal
§ Berdo’a
§ Absensi
§ Pembagian
kelompok
§ Guru
mengadakan Appersepsi: mengulang pelajaran minggu lalu ( + 5 menit )
2. Kegiatan
inti
Eksplorasi
§ Siswa
berkelompok mengidentifikasi bentuk – bentuk kerjasama Internasional.
§ Siswa
berdiskusi kelompok menentukan peranan Indonesia sebagai anggota PBB.
§ Siswa
berdiskusi kelompok, mengidentifikasi anggota – anggota PBB.
§ Siswa
berdiskusi kelompok, mengidentifikasi nama – nama negara yang termasuk ke dalam
anggota ASEAN.
§ Siswa
berdiskusi menentukan peranan Indonesia dalam organisasi ASEAN.
Elaborasi
§ Siswa
menyebutkan bentuk – bentuk kerjasama Internasional.
§ Siswa
menyebutkan peranan Indonesia sebagai anggota PBB.
§ Siswa
menyebutkan anggota – anggota PBB.
§ Siswa
menyebutkan negara yang termasuk anggota ASEAN.
Konfirmasi
§ Siswa
mengomentari hasil kerja kelompok lain
§ Guru
beserta siswa menyimpulkan pelajaran.
3. Kegiatan
akhir ( 15 menit )
§ Siswa
mengerjakan tugas
§ Kesimpulan
Pertemuan
II.
a. Kegiatan
awal ( 5 menit )
-
Do’a
-
Absensi
-
Appersepsi : mengulas
pelajaran minggu lalu ( + menit )
b. Kegiatan
Inti ( 45 menit )
Eksplorasi
§ Siswa
berkelompok menentukan negara – negara GNB.
§ Siswa
mengidentifikasi peranan Indonesia sebagai anggota GNB.
§ Siswa
berdiskusi peranan Indonesia dalam organisasi APEC.
§ Siswa
berdiskusi peranan Indonesia dalam organisasi OPEC.
Konfirmasi
§ Siswa
menanggapi hasil kerja kelompok lain.
§ Guru
dan siswa menyimpulkan pelajaran.
c. Kegiatan
akhir ( 15 menit )
§ Siswa
mengerjakan latihan
§ Kesimpulan
pelajaran.
H.
Sumber
/ alat
§ KTSP
§ Buku
PKn yang relevan
I.
Penilaian
-
Tertulis
-
Lisan
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Dra. A F N I NUR
SURYANI, S. PD
NIP.19671201 200012 2 002 NIP.
19890323 201402 2 001
Komentar
Posting Komentar