RPP tema 6 Kelas V
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SD Negeri 14 Kumbayau
Kelas / Semester :
V (Lima) / 2 (Genap)
Tema / Subtema :
6. Organ Tubuh Manusia dan Hewan / 1. Tubuh Manusia
Pembelajaran : 3 (Tiga)
Alokasi waktu : 6 x 35 Menit
A. Kompetensi Inti ( KI )
1. Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta
tanah air.
3. Memahami
pengetahuan factual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba
berdasar rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah , dan di
tempat bermain
4. Menyajikan
pengetahuan factual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis,logis,
dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B.
Kompetensi
Dasar
Bahasa
Indonesia
1.1 Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan
manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar.
2.1 Memiliki prilaku jujur dan
disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota
tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya serta sistem pernafasan melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks
penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota
tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya serta sistem pernafasan dengan
bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosakata baku
4.2 Menyampaikan teks
penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota
tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya serta sistem pernafasan secara
mandiri dalam bahasa indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa
kata baku
Matematika
1.1 Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.4 Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika
dalam kehidupan
3.6 Menentukan hubungan antar satuan kuantitas
dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi)
4.13 Merumuskan dengan kalimat sendiri membuat
model matematika dan memilaih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari
yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas
serta memeriksa kebenaran jawabannya.
PKn
1.1
Menghargai semangat
kebhineka tunggalikaan dan keragaman agama, suku, bangsa, pakaian tradisional,
bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial dan ekonomi dalam
kehidupan bermasyarakat
2.1
Menunjukan
perilaku, disiplin, tanggungjawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan,
meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI
dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai
perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.6
Memahami perlunya saling
memenuhi keperluan hidup.
4.6 Menyajikan dinamika saling
memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional
C.
Indikator.
Bahasa Indonesia
1.2.1 Membiasakan berperilaku bersyukur dalam
kehidupan sehari-hari atas penciptaan manusia.
1.2.2 Membiasakan
berperilaku bersyukur dalam kehidupan sehari-hari atas penciptaan bahasa yang
beragam serta benda-benda di alam sekitar
2.1.1 Membiasakan
berperilaku jujur tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh dan fungsinya serta sistem pernafasan melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia.
2.1.2 Membiasakan
berperilaku disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet,
anggota tubuh dan fungsinya serta sistem pernafasan melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia
3.2.1 Membaca
teks mengenai manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
4.2.1 Menulis
ulang mengenai anggota tubuh manusia dan hewan, berserta fungsinya,berdasarkan
teks yang dibaca.
Matematika
1.1.1 Menunjukkan perilaku bersyukur berdasarkan
ajaran agama yang dianut
1.1.2 Menunjukkan perilaku khusyuk dalam beribadah
1.1.3 Menunjukkan perilaku saling menghargai antar
pemeluk agama
2.4.1 Menunjukkan sikap berfikir dalam mengerjakan
tugas
2.4.2 Menunjukkan sikap berfikir kritis dalam
mengerjakan tugas
2.4.3 Menunjukkan sikap menghargai kegunaan
matematika dalam kehidupan sehari-hari
3.6.1 Menggunakan kesetaraan satuan dalam
perhitungan atau pemecahan soal
4.13.1 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan konsep antar satuan kuantitas
PPKn
1.1.1
menunjukkan perilaku
bersyukur atas anugera Tuhan YME berupa sikap menghargai semangat
kebhinekatunggal-ikaan dan keberagaman dalam kehidupan ekonomi, sosial dan
masyarakat
2.1.1 menunjukkan perilaku
disiplin, tanggung jawab, berani, percaya diri, mengakui kesalahan, meminta
maaf dan memberi maaf yang menunjukkan sikap keteladanan para pahlawan
kemerdekaan.
3.6.1
Mengenali
kareteristik manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
4.6.1
Mencari tahu
karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial dalam bentuk
tabel
D.
Tujuan
Pembelajaran.
1.
Dengan membaca teks
yang dilengkapi ilustrasi gambar, siswa mampu mengasosiasi pemahaman tentang
berbagai satuan kuantitas dengan rasa ingin tahu
2.
Dengan mengerjakan
soal latihan, siswa mampu menyelesaikan operasi hitung yang melibatkan beberapa
satuan kuantitas dengan teliti
3.
Dengan mengkonversi
satuan kuantitas berbeda, siswa mampu membandingkan nilai kuantitas antar
satuan dengan kritis
4.
Dengan mengolah
informasi dari berbagai sumber, siswa mampu mendeskripsikan perbedaan manusia
sebagai makhluk individu dan sosial dengan kerja keras
5.
Dengan mengamati
gambar, siswa mampu membandingkan karakteristik manusia sebagai makhluk
individu dan sosial dengan kritis
6.
Dengan membaca teks
“Manusia sebagai Makhluk Individu dan Makhluk Sosial”, siswa mampu menuliskan
gagasan utama menggunakan kata-kata sendiri dan tata bahasa yang benar dengan
kreatif
E.
Materi Pembelajaran
1. Manusia
sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
2. Operasi hitung
satuan kuantitas
3. Ilustrasi
gambar
F.
Langkah
– langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Pembelajaran
dibuka dengan guru memberi salam, menyapa dan mengajak semua peserta didik
berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
2.
Guru
mengajak dan membimbing siswa melaksanakan kegiatan tadarus
3.
Guru
melakukan komunikasi tentang kehadiran peserta didik dan mengisi daftar
kelas.
4.
Mengkondisikan
peserta didik sebelum memulai kegiatan pembelajaran dengan memeriksa
kerapian, posisi dan tempat duduk yang disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
5.
Guru
menciptakan suasana belajar yang menyenangkan
6.
Guru
melakukan tanya jawab tentang pengalaman belajar peserta didik yang
berhubungan dengan satuan kuantitas.
7.
Guru
menyampaikan kompetensi dasar, tujuan
yang akan dicapai dan manfaat mempelajari satuan kuantitas, individu sebagai
makhluk individu dan sosial.
8.
Guru
menyampaikan secara garis besar materi yang akan dipelajari.
9.
Guru
menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan, diantaranya tugas mandiri dan
diskusi dengan teman sebangku.
10.
Guru
menyampaikan kepada peserta didik bahwa selama pembelajaran berlangsung akan
dinilai sikap, pengetahuan dan keterampilan.
|
20 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Guru menarik
perhatian siswa dengan membacakan cerita kontekstual yang dilengkapi
ilustrasi gambar. Cerita tersebut menstimulus siswa untuk memahami fenomena
keseharian yang melibatkan berbagai satuan kuantitas
2.
Rasa ingin tahu
siswa dipancing dengan memberikan kesempatan untuk menanya proses pemecahan masalah
yang termuat dalam cerita
3.
Siswa dibimbing
untuk menguasai konsep konversi antar satuan kuantitas
4.
Rasa ingin tahu
siswa distimulus dengan pertanyaan tentang makna manusia sebagai makhluk
individu dan sosial. Siswa dapat menggali informasi dari berbagai sumber
untuk menjawab pertanyaan tersebut.(menanya,
menalar, mengkomunikasikan)
5.
Siswa menuliskan
jawaban pada kolom yang disediakan di buku siswa.
6.
Siswa mengamati
beberapa gambar dan menganalisis karakteristik manusia sebagai makhluk
individu dan sosial(mengamati)
7.
Siswa menuliskan
hasil pengamatannya pada kolom yang tersedia di buku siswa
8.
Siswa membaca teks
“Manusia sebagai Makhluk Individu dan Sosial”. Saat membaca, siswa menggali informasi
sebanyak mungkin hingga akhirnya dapat menuliskan gagasan utamanya
menggunakan katakata baku dan tata bahasa yang benar
|
165 Menit
|
Penutup
|
1.
Guru meminta
peserta didik merapikan pekerjaannya, dan menanyakan apakah peserta didik
puas dengan pekerjaannya.
2.
Peserta
didik dibimbing untuk menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah
dilakukan, yaitu tentang:
a.
Satuan
Kuantitas
b.
Manusia
sebagai makhluk individu
c.
Manusia
sebagai makhluk sosial
d.
Menyimpulkan
teks bacaan.
3.
Dengan
arahan guru, peserta didik melakukan refleksi dari kegiatan yang sudah
dilakukan.
4.
Mengajak
semua peserta didik berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
5.
Guru
mengamati sikap peserta didik ketika berdo’a (sikap duduk, cara membaca, cara
melafalkan doa, dan khusuk dalam berdoa)
6.
Apabila ada
peserta didik yang kerang benar dan kurang sempurna dalam berdoa, maka
setelah selesai kegitan berdoa, langsung diberi nasehat agar besok kalau
berdoa lebih disempurnakan.
|
25
Menit
|
G.
Teknik Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a. Sikap :
Observasi
b. Pengetahuan :
Tes tulis
c. Keterampilan :
Daftar periksa
2.
Instrumen Penilaian
1. Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Rasa
ingin tahu
|
Cermat
dan Teliti
|
Mandiri
|
|||||||||
BT
1
|
MT
2
|
MB
3
|
SM
4
|
BT
1
|
MT
2
|
MB
3
|
SM
4
|
BT
1
|
MT
2
|
MB
3
|
SM
4
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
BT : Belum terlihat
MT : Mulai terlihat
MB : Mulai membudaya
SM : Sangat membudaya
Rubrik penilaian sikap
Aspek
|
Sangat Membudaya
|
Mulai Mebudaya
|
Mulai Terlihat
|
Belum terlihat
|
Rasa ingin tahu
|
Selalu berusaha mengetahui
pelajaran dengan cara membaca buku dan bertanya
|
Sering berusaha mengetahui
pelajaran dengan cara membaca buku dan bertanya
|
Kadang-kadang berusaha
mengetahui dengan cara membaca buku dan bertanya
|
Tidak pernah berusaha
mengetahui pelajaran dengan cara membaca buku dan bertanya
|
Cermat dan teliti
|
Cermat dan teliti dalam
melaksanakan tugas dan mampu menyelesaikan dalam bahasa lisan dan tulis
|
Cermat dan teliti dalam
melaksanakan tugas, tetapi masih kurang dalam menyampaikan dalam bahasa lisan
dan tulis
|
Kurang cermat dan teliti dalam
melaksanakan tugas, tetapi masih kurang dalam menyampaikan dalam bahasa lisan
dan tulis
|
Tidak cermat dan teliti dalam
melaksanakan tugas
|
Mandiri
|
Siswa bersungguh-sungguh dalam
mencari informasi dan mengamati, serta mandiri
|
Siswa cukup bersungguh-sungguh
dalam mencari informasi dan mengamati, serta mandiri
|
Siswa kurang bersungguh-sungguh
dalam mencari informasi dan mengamati, serta mandiri
|
Siswa tidak bersungguh-sungguh
dalam mencari informasi dan mengamati, serta tidak mandiri
|
2.
Penilaian
Pengetahuan
Instrumen
Penilaian : Tes
tertulis
Skor maximal : 100
Penilaian :
x 100

Konversi Nilai (skala 0-100)
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81-100
|
A
|
SB (Sangat Baik)
|
66-80
|
B
|
B (Baik)
|
51-65
|
C
|
C (Cukup)
|
0-50
|
D
|
K (Kurang)
|
Soal :
Jawablah soal di bawah ini dengan baik dan benar !
1.
2 lusin + 2 buah =
...... buah
2.
3 kodi – 15 potong
= ...... potong
3.
2 rim – 24 lembar =
........ lembar
4.
Apa maksud manusia
sebagai mahkluk individu ?
5.
Apa maksud manusia
sebagai makhluk sosial ?
Kunci Jawaban :
1.
(2 x 12) + 2 buah =
26 Buah
2.
(3 x 20) – 15 poton
= 45 potong
3.
(2 x 500) – 24
lembar = 976 lembar
4.
Manusia sebagai
makhluk individu artinya manusia yang memiliki akal dan pikiran sendiri, serta
dapat bertanggung jawab atas dirinya.
5.
Manusia sebagai
makhluk sosial artinya manusia yang selalu membutuhkan orang lain dan
lingkungan sosialnya.
3.
Penilaian
Keterampilan
a.
Mengamati gambar
Kompetensi
yang dinilai:
-
Pengetahuan
siswa tentang materi gambar
yang diamati (bagian tubuh manusia)
-
Keterampilan
siswa dalam mengamati
-
Kecermatan
dan ketelitian siswa dalam mengamati
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||||||||
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
Mengamati gambar

b.
Penilaian
menyelesaikan soal matematika
Kompetensi yang dinilai :
·
Pengetahuan
siswa tentang konsep operasi hitung antar satuan kuantitas
·
Keterampilan
siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan masalah
·
Kecermatan
dan ketelitian siswa dalam menggunakan inormasi dari cerita untuk memecahkan
masalah.
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||||||||
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
Penilaian menyelesaikan soal matematika


c.
Penilaian
mencari tahu
Kompetensi yang dinilai :
·
Pengetahuan
siswa tentang konsep makhluk sosial dan makhluk individu
·
Keterampilan
siswa dalam menggali informasi dari berbagai sumber
·
Sikap
kemandirian siswa
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
|||||||||
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
Penilaian mencari tahu


d.
Penilaian
menulis gagasan pokok
Kompetensi yang dinilai :
·
Pengetahuan
siswa tentang konsep makhluk sosial dan makhluk individu
·
Keterampilan
siswa dalam menggali informasi dari berbagai sumber
·
Sikap
kemandirian siswa
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
||||||
BS
|
B
|
C
|
PB
|
BS
|
B
|
C
|
PB
|
||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik menulis gagasan pokok

H.
Pendekatan
yang digunakan
Pendekatan Saintifik
1.
Mengamati
2.
Menanya
3.
Mengumpulkan
Informasi (Menalar)
4.
Mengasosiasi/
Mengolah Informasi
5.
Mengkomunikasikan
I.
Media,
Alat ,dan Sumber Pembelajaran.
1.
Media :
teks bacaan , gambar ilustrasi
2.
Alat :
gambar ilustrasi
3.
Sumber belajar :Maryanto, dkk.2014. Buku Siswa Kelas
V Tema 6 “Organ Tubuh Manusia dan Hewan”.Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013.Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Kumbayau , Januari 2016
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Dra. A F N I
NIP
:19671201 200012 2 002
|
Guru Kelas
NUR SURYANI,
S.Pd
NIP: 19890323 201402 2 001
|
Komentar
Posting Komentar