RPP tema 6 Kelas V

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                      : SD Negeri 14 Kumbayau
Kelas / Semester                          : V (Lima) / 2 (Genap)
Tema / Subtema                          : 6. Organ Tubuh Manusia dan Hewan / 1. Tubuh Manusia
Pembelajaran                               : 3 (Tiga)
Alokasi waktu                             : 6 x 35 Menit

A.      Kompetensi Inti ( KI )
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.    Memahami pengetahuan factual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasar rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah , dan di tempat bermain
4.    Menyajikan pengetahuan factual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis,logis, dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.       Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
1.1     Menerima keberadaan Tuhan Yang Maha Esa atas penciptaan manusia dan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar.
2.1 Memiliki prilaku jujur dan disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya serta sistem pernafasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya serta sistem pernafasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2 Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya serta sistem pernafasan secara mandiri dalam bahasa indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosa kata baku
Matematika
1.1      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.4  Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan
3.6  Menentukan hubungan antar satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi)
4.13  Merumuskan dengan kalimat sendiri membuat model matematika dan memilaih strategi yang  efektif dalam memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas serta memeriksa kebenaran jawabannya.
PKn
1.1     Menghargai semangat kebhineka tunggalikaan dan keragaman agama, suku, bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat
2.1     Menunjukan perilaku, disiplin, tanggungjawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila
3.6     Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup.
4.6 Menyajikan dinamika saling memenuhi keperluan hidup antar daerah untuk menumbuhkan keutuhan nasional

C.      Indikator.
Bahasa Indonesia
1.2.1   Membiasakan berperilaku bersyukur dalam kehidupan sehari-hari atas penciptaan manusia.
1.2.2   Membiasakan berperilaku bersyukur dalam kehidupan sehari-hari atas penciptaan bahasa yang beragam serta benda-benda di alam sekitar
2.1.1   Membiasakan berperilaku jujur tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh dan fungsinya serta sistem pernafasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
2.1.2  Membiasakan berperilaku disiplin tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh dan fungsinya serta sistem pernafasan melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.2.1   Membaca teks mengenai manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
4.2.1  Menulis ulang mengenai anggota tubuh manusia dan hewan, berserta fungsinya,berdasarkan teks yang dibaca.
       Matematika
1.1.1   Menunjukkan perilaku bersyukur berdasarkan ajaran agama yang dianut
1.1.2   Menunjukkan perilaku khusyuk dalam beribadah
1.1.3   Menunjukkan perilaku saling menghargai antar pemeluk agama
2.4.1   Menunjukkan sikap berfikir dalam mengerjakan tugas
2.4.2   Menunjukkan sikap berfikir kritis dalam mengerjakan tugas
2.4.3   Menunjukkan sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari
3.6.1   Menggunakan kesetaraan satuan dalam perhitungan atau pemecahan soal
4.13.1 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep antar satuan kuantitas

PPKn
1.1.1   menunjukkan perilaku bersyukur atas anugera Tuhan YME berupa sikap menghargai semangat kebhinekatunggal-ikaan dan keberagaman dalam kehidupan ekonomi, sosial dan masyarakat
2.1.1 menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab, berani, percaya diri, mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang menunjukkan sikap keteladanan para pahlawan kemerdekaan.
3.6.1   Mengenali kareteristik manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
4.6.1   Mencari tahu karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial dalam bentuk tabel

D.      Tujuan Pembelajaran.
1.    Dengan membaca teks yang dilengkapi ilustrasi gambar, siswa mampu mengasosiasi pemahaman tentang berbagai satuan kuantitas dengan rasa ingin tahu
2.    Dengan mengerjakan soal latihan, siswa mampu menyelesaikan operasi hitung yang melibatkan beberapa satuan kuantitas dengan teliti
3.    Dengan mengkonversi satuan kuantitas berbeda, siswa mampu membandingkan nilai kuantitas antar satuan dengan kritis
4.    Dengan mengolah informasi dari berbagai sumber, siswa mampu mendeskripsikan perbedaan manusia sebagai makhluk individu dan sosial dengan kerja keras
5.    Dengan mengamati gambar, siswa mampu membandingkan karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan sosial dengan kritis
6.    Dengan membaca teks “Manusia sebagai Makhluk Individu dan Makhluk Sosial”, siswa mampu menuliskan gagasan utama menggunakan kata-kata sendiri dan tata bahasa yang benar dengan kreatif

E.        Materi Pembelajaran
1.  Manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
2.  Operasi hitung satuan kuantitas
3.  Ilustrasi gambar

F.       Langkah – langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.         Pembelajaran dibuka dengan guru memberi salam, menyapa dan mengajak semua peserta didik berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing
2.         Guru mengajak dan membimbing siswa melaksanakan kegiatan tadarus
3.         Guru melakukan komunikasi tentang kehadiran peserta didik dan mengisi daftar kelas.
4.         Mengkondisikan peserta didik sebelum memulai kegiatan pembelajaran dengan memeriksa kerapian, posisi dan tempat duduk yang disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
5.         Guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan
6.         Guru melakukan tanya jawab tentang pengalaman belajar peserta didik yang berhubungan dengan satuan kuantitas.
7.         Guru menyampaikan kompetensi dasar,  tujuan yang akan dicapai dan manfaat mempelajari satuan kuantitas, individu sebagai makhluk individu dan sosial.
8.         Guru menyampaikan secara garis besar materi yang akan dipelajari.
9.         Guru menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan, diantaranya tugas mandiri dan diskusi dengan teman sebangku.
10.     Guru menyampaikan kepada peserta didik bahwa selama pembelajaran berlangsung akan dinilai sikap, pengetahuan dan keterampilan.
20 Menit
Kegiatan Inti
1.        Guru menarik perhatian siswa dengan membacakan cerita kontekstual yang dilengkapi ilustrasi gambar. Cerita tersebut menstimulus siswa untuk memahami fenomena keseharian yang melibatkan berbagai satuan kuantitas
2.        Rasa ingin tahu siswa dipancing dengan memberikan kesempatan untuk menanya proses pemecahan masalah yang termuat dalam cerita
3.        Siswa dibimbing untuk menguasai konsep konversi antar satuan kuantitas
4.        Rasa ingin tahu siswa distimulus dengan pertanyaan tentang makna manusia sebagai makhluk individu dan sosial. Siswa dapat menggali informasi dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan tersebut.(menanya, menalar, mengkomunikasikan)
5.        Siswa menuliskan jawaban pada kolom yang disediakan di buku siswa.
6.        Siswa mengamati beberapa gambar dan menganalisis karakteristik manusia sebagai makhluk individu dan sosial(mengamati)
7.        Siswa menuliskan hasil pengamatannya pada kolom yang tersedia di buku siswa
8.        Siswa membaca teks “Manusia sebagai Makhluk Individu dan Sosial”. Saat membaca, siswa menggali informasi sebanyak mungkin hingga akhirnya dapat menuliskan gagasan utamanya menggunakan katakata baku dan tata bahasa yang benar
165 Menit
Penutup
1.         Guru meminta peserta didik merapikan pekerjaannya, dan menanyakan apakah peserta didik puas dengan pekerjaannya.
2.         Peserta didik dibimbing untuk menyimpulkan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan, yaitu  tentang:
a.       Satuan Kuantitas
b.      Manusia sebagai makhluk individu
c.       Manusia sebagai makhluk sosial
d.      Menyimpulkan teks bacaan.
3.         Dengan arahan guru, peserta didik melakukan refleksi dari kegiatan yang sudah dilakukan.
4.         Mengajak semua peserta didik berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.
5.         Guru mengamati sikap peserta didik ketika berdo’a (sikap duduk, cara membaca, cara melafalkan doa, dan khusuk dalam berdoa)
6.         Apabila ada peserta didik yang kerang benar dan kurang sempurna dalam berdoa, maka setelah selesai kegitan berdoa, langsung diberi nasehat agar besok kalau berdoa lebih disempurnakan.
25 Menit

G.      Teknik Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Sikap                    : Observasi
b.      Pengetahuan         : Tes tulis
c.       Keterampilan        : Daftar periksa
2.      Instrumen Penilaian
1.      Penilaian Sikap
No
Nama
Rasa ingin tahu
Cermat dan Teliti
Mandiri
BT
1
MT
2
MB
3
SM
4
BT
1
MT
2
MB
3
SM
4
BT
1
MT
2
MB
3
SM
4
1













2













3













4













5













Keterangan :
BT  : Belum terlihat
MT  : Mulai terlihat
MB : Mulai membudaya
SM  : Sangat membudaya
            Rubrik penilaian sikap
Aspek
Sangat Membudaya
Mulai Mebudaya
Mulai Terlihat
Belum terlihat
Rasa ingin tahu
Selalu berusaha mengetahui pelajaran dengan cara membaca buku dan bertanya
Sering berusaha mengetahui pelajaran dengan cara membaca buku dan bertanya
Kadang-kadang berusaha mengetahui dengan cara membaca buku dan bertanya
Tidak pernah berusaha mengetahui pelajaran dengan cara membaca buku dan bertanya
Cermat dan teliti
Cermat dan teliti dalam melaksanakan tugas dan mampu menyelesaikan dalam bahasa lisan dan tulis
Cermat dan teliti dalam melaksanakan tugas, tetapi masih kurang dalam menyampaikan dalam bahasa lisan dan tulis
Kurang cermat dan teliti dalam melaksanakan tugas, tetapi masih kurang dalam menyampaikan dalam bahasa lisan dan tulis
Tidak cermat dan teliti dalam melaksanakan tugas
Mandiri
Siswa bersungguh-sungguh dalam mencari informasi dan mengamati, serta mandiri
Siswa cukup bersungguh-sungguh dalam mencari informasi dan mengamati, serta mandiri
Siswa kurang bersungguh-sungguh dalam mencari informasi dan mengamati, serta mandiri
Siswa tidak bersungguh-sungguh dalam mencari informasi dan mengamati, serta tidak mandiri

2.      Penilaian Pengetahuan
Instrumen Penilaian                     : Tes tertulis
Skor maximal                               : 100
Penilaian                                       :     x 100
Konversi Nilai (skala 0-100)
Predikat
Klasifikasi
81-100
A
SB (Sangat Baik)
66-80
B
B (Baik)
51-65
C
C (Cukup)
0-50
D
K (Kurang)

Soal :
Jawablah soal di bawah ini dengan baik dan benar !
1.        2 lusin + 2 buah = ...... buah
2.        3 kodi – 15 potong = ...... potong
3.        2 rim – 24 lembar = ........ lembar
4.        Apa maksud manusia sebagai mahkluk individu ?
5.        Apa maksud manusia sebagai makhluk sosial ?

Kunci Jawaban :
1.      (2 x 12) + 2 buah = 26 Buah
2.      (3 x 20) – 15 poton = 45 potong
3.      (2 x 500) – 24 lembar = 976 lembar
4.      Manusia sebagai makhluk individu artinya manusia yang memiliki akal dan pikiran sendiri, serta dapat bertanggung jawab atas dirinya.
5.      Manusia sebagai makhluk sosial artinya manusia yang selalu membutuhkan orang lain dan lingkungan sosialnya.

3.      Penilaian Keterampilan
a.       Mengamati gambar
Kompetensi yang dinilai:
-          Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati (bagian tubuh manusia)
-          Keterampilan siswa dalam mengamati
-          Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati

No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1







































































Rubrik Mengamati gambar
                  
b.      Penilaian menyelesaikan soal matematika
Kompetensi yang dinilai :
·           Pengetahuan siswa tentang konsep operasi hitung antar satuan kuantitas
·           Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan masalah
·           Kecermatan dan ketelitian siswa dalam menggunakan inormasi dari cerita untuk memecahkan masalah.
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1










































                                
                                 Rubrik Penilaian menyelesaikan soal matematika
c.       Penilaian mencari tahu
Kompetensi yang dinilai :
·           Pengetahuan siswa tentang konsep makhluk sosial dan makhluk individu
·           Keterampilan siswa dalam menggali informasi dari berbagai sumber
·           Sikap kemandirian siswa
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1






































































                                




            Rubrik Penilaian mencari tahu
           
           
           
d.      Penilaian menulis gagasan pokok
Kompetensi yang dinilai :
·           Pengetahuan siswa tentang konsep makhluk sosial dan makhluk individu
·           Keterampilan siswa dalam menggali informasi dari berbagai sumber
·           Sikap kemandirian siswa
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
BS
B
C
PB
BS
B
C
PB
4
3
2
1
4
3
2
1


















































                                
           
Rubrik menulis gagasan pokok
           

H.      Pendekatan yang digunakan
Pendekatan Saintifik
1.    Mengamati
2.    Menanya
3.    Mengumpulkan Informasi (Menalar)
4.    Mengasosiasi/ Mengolah Informasi
5.    Mengkomunikasikan

I.         Media, Alat ,dan Sumber Pembelajaran.
1.         Media                        : teks bacaan , gambar ilustrasi
2.         Alat                           : gambar ilustrasi
3.         Sumber belajar          :Maryanto, dkk.2014. Buku Siswa Kelas V Tema 6Organ Tubuh Manusia dan Hewan”.Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Kumbayau  ,      Januari 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah


Dra. A F N I
NIP :19671201 200012 2 002

Guru Kelas


NUR SURYANI, S.Pd
NIP: 19890323 201402 2 001












Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal Bahasa Indonesia kelas VI : Ungkapan dan peribahasa

RPP MTK Kelas VI

Soal Bahasa Indonesia : Kalimat Saran, 5 W + 1 H